Universitas Galuh Ciamis Ajarkan Mata Kuliah Kegaluhan

0
730
Universitas Galuh Ciamis Ajarkan Mata Kuliah Kegaluhan

Ekspose.ID – Mulai tahun ajaran 2019/2020, Universitas Galuh Ciamis mengajarkan mata kuliah/ matkul kegaluhan bagi mahasiswa. Matkul ini diajarkan kepada semua mahasiswa di semua jurusan dan di semua fakultas.

Dengan bobot matkul 2 sistem kredit semester (SKS) tersebut, Universitas Galuh/ Unigal menjadi satu-satunya perguruan tinggi di dunia yang mempunyai matkul kegaluhan.

Rektor Universitas Galuh Ciamis, Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs.,M.Si., membenarkan program matkul kegaluhan yang mulai diterapkan di tahun ajaran 2019/2020. Menurut dia, Rektor menjadi penanggungjawab langsung matkul kegaluhan.

Yat menjelaskan, matkul kegaluhan memiliki bobot 2 SKS. Mata kuliah kegaluhan menjadi mata kuliah dasar umum semester awal bagi seluruh mahasiswa untuk semua jurusan di semua fakultas.

Universitas Galuh Perkenalkan Sejarah Galuh

Matkul kegaluhan ini tidak menyangkut sejarah Kerajaan Galuh. Baik dengan segala peristiwa dan waktu kejadiannya atapun berbagai peninggalan sejarahnya. Alasannya karena sejarah seringkali mengundang kontroversi dan banyak versi.

Yat Rospia Brata menegaskan, mata kuliah kegaluhan tidak menyinggung soal materi sejarah. Tapi lebih diarahkan pada-nilai nilai filosofi kegaluhan, tata norma masyarakat sampai tata pola pemerintahan zaman kerajaan galuh.

Diakui Yat, nilai filosofi kegaluhan sangat dalam. Nilai ini dapat menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca:  Di Cipaku Ciamis, Oktaviani Luka Berat Akibat Terlindas Truk

Karena menurut dia, yang perlu diingat itu bukan hanya sekadar peninggalan sejarah, tetapi yang terpenting yaitu filosofi kegaluhan.

Lebih lanjut, Yat mengungkapkan, kerajaan Galuh Purba abad ke-7, Kerajaan Galuh abad ke-13 dan Kerajaan Galuh era Islam, diatur oleh tiga kekuasaan yang dikenal Tridatu.

Tridatu yakni adanya peran legislatif, yudikatif serta eksekutif. Pola pemerintahan tersebut secara global dikenal dengan Trias Politica.

Menurut Dosen Sejarah Universitas Galuh Ciamis sekaligus Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis ini, Kerajaan Galuh sudah menerapkan Trias Politica atau Tridatu tersebut sedari abad ke-7.

Tridatu meliputi peran raja atau ratu sebagai eksekutif. Dan peran resi sebagai legislatif.

Ketika di keraton terjadi keributan atau perebutan kekuasaan, resi turun gunung untuk membuat keraton kembali tenteram. Dan Resi dapat memberhentikan raja.

Matkul Kegaluhan di Universitas Galuh

Mata kuliah kegaluhan ini dikhususkan untuk mempersiapkan generasi muda mengenal filosofi nilai-nilai kegaluhan. Galuh yang identik dengan hati yang bersih, jauh dari rasa dengki, tamak dan sifat-sifat jahat lainnya.

Matkul kegaluhan ini juga memberikan gambaran dan membumikan nilai-nilai kegaluhan bagi generasi penerus. Termasuk untuk mencintai lingkungan peninggalan nenek moyang Galuh. Terutama dalam penyelamatan Gunung Sawal.

Baca:  Di Panawangan Ciamis 46 KK Dapatkan Program BSPS

Disisi lain, matkul kegaluhan, ini merupakan bentuk keseriusan Universitas Galuh/ Unigal dalam mendorong Pemkab Ciamis melakukan langkah-langkah nyata untuk mengembalikan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh.

Sejarah Universitas Galuh

Universitas Galuh (Unigal) adalah Universitas satu-satunya di wilayah Tatar Galuh Ciamis. Unigal dikelola organisasi non-profit, yakni Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis atau YPGC.

Universitas ini tepatnya berada di Jl. R.E. Martadinata No: 150, Mekarjaya, Baregbeg, Ciamis, Jawa Barat.

Berdasarkan sejarah, Unigal didirikan pada hari Selasa, tanggal 8 April, Tahun 1998. Pendirian Unigal diawali pasca beberapa sekolah tinggi di Kabupaten Ciamis melakukan merger.

Sekolah tinggi yang melakukan merger diantaranya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Galuh, Sekolah Tinggi Hukum (STH) Galuh.

Kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Galuh dan Sekolah Tinggi Ilmu Politik (STISIP) Galuh.

Diawal berdirinya, Unigal hanya memiliki tiga fakultas. Diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Ekonomi (FE).

Seiring berjalannya waktu, Unigal menambah jumlah fakultas, diantaranya Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Kesehatan (FIKes).

Baca:  Perayaan Tahun Baru Islam di Ciamis Meriah

Saat ini, Universias Galuh sudah mempunyai tujuh fakultas dengan dua puluhan program studi (Prodi).

Disamping itu, Unigal juga menyelenggarakan Program Pascasarjana (S2). Yakni; Program Studi Magister Manajemen dan Magister Manajemen Pendidikan.

Tenaga pengajar pada program pascasarjana juga diantarnya merupakan pengajardi sejumlah Universitas Negeri di Jawa Barat,  (ITB, UNPAD, dan UPI).

Program Studi di Universitas Galuh Ciamis:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi Pendidikan Akuntansi
Program Studi Pendidikan Sejarah
Program Studi Pendidikan Matematika
Program Studi Pendidikan Biologi
Program Studi PJKR

Fakultas Ekonomi
Program Studi Manajemen
Program Studi Akuntansi

Fakultas Hukum
Program Studi Ilmu Hukum

Fakultas Pertanian
Program Studi Agribisnis

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Administrasi Negara
Program Studi Ilmu Pemerintahan

Fakultas Teknik
Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Sipil
Program Studi Teknik Industri
Program Studi Teknik Elektro

Fakultas Ilmu Kesehatan
Program Studi Ilmu Keperawatan
Program Studi Kebidanan
Profesi Ners

Pascasarjana
Program Studi Manajemen (S2)
Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here