Manfaat Daun Sirih bagi Tubuh

0
131

Eksposee.id – Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat tidak asing bagi masyarakat, khususnya di Indonesia. Dari berbagai macam manfaat yang terkandung dalam sirih, penggunaannyapu tetap berjalan dari dulu hingga sekarang.

Daun sirih mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Antara lain vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten, tanning, saponin, eugenol, serta berbagai kandungan-kandungan lainnya.

Antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit merupakan sifat dari sirih sehingga tanaman ini banyak yang peminat dalam penggunaannya. Berbagai macam hasiat yag terkandung dalam sirih yang terbilang sangat mujarab, terutama dalam mengatasi penyakit pada bagian kulit.

Selain baik untuk kulit, sirih juga baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi sirih dapat berfungsi sebagai obat pada penyakit deabetes dan asam urat. Berikut adalah dupuluh manfaat dari daun sirih untuk kesehatan tubuh.

Daun Sirih Sebagai Antiseptik

Manfaat sirih sebagai antiseptik. Sebagai salah satu kandungan dari sirih yaitu polifenol, terlebih kandungan chavicol yang mampu memberikan perlindungan ganda dari serangan berbagai jenis kuman. Selain itu, secara umum daun sirih juga dapat berfungsi sebagai obat untuk penyembuhan radang sendi dan orkitis.

Daun Sirih Sebagai Analgesik

Kemudian manfaat kedua dari sirih yaitu sebagai analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit akibat luka, memar, ruam dan lain sebagainya. Dengan cara yang sederhana dan cukup tradisional, yaitu dengan menumbuk beberapa lembardaun sirih dan aduk hingga halus, kemudian oleskan pada bagian yang skit.

Mengurangi bau badan

Manfaat sirih selanjutnya adalah dapat mengurangi bau badan. manfaat ini sangat populer bagi rakyat di Indonesia. Daun sirih dapat mengurangi gejala bau badan karena terdapat kandungan estradiol dan klavikula. Kandungan inilah meng berfungsi dalam mengurangi terjadinya bau badan yang berlebih pada tubuh.

Estradiol dan klavikula tersebut dapat mengatur pemproduksian hormon yang terdapat pada gelenjar keringat. Cara penggunaan untuk mendapatkan hasiat tersebut hanya dengan merebus sirih dengan air, kemudian minum.

Meringankan sembelit

Daun sirih juga mempunyai manfaat membersihkan radikal bebas pada tubuh, kemudian mengembalikan PH normal dalam tubuh. Hal tersebut yang berfungsi mengatasi sakit perut dan sembelit.

Untuk mendapatkan manfaat ini cukup hancurkannya, kemudian merendamnya dalam air semalaman. Kemudian minum pada pagi hari, ketika perut dalam keadaan kosong. Hal ini dapat dilakukan secara rutin.

Menjaga sistem pencernaan

Salah satu dari sekian banyaknya manfaat sirih yaitu membantu melindungi usus. Tanaman ini dapat meningkatkan metabolisme yang memicu sirkulasi kemudian merangsang usus guna menyerap vitamin dan nutrisi penting pada makanan.

Daun sirih Mengobati Hidung berdarah

Sejak dahulu masyarakat Indonesia banyak mengguanakan sirih untuk berbagai macam pengobatan. Kandungan fenil popies yang terdapat pada tanaman ini satu ha yang dapa di manfaatkan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

Daun sirih menjadi salah satu tamanan obat yang berasal dari Indonesia. Tumbuhan ini sangat mudah tumbuh di wilayah manapun, sehingga hampir di setipa wilayah di Indonesia dapat di temukan tanaman ini. Tanaman ini tergolong sebagai Toga atau tananman Obat Keluarga karena kasiat dari tanaman ini yang tidak sedikit. Manfaat yang dapat di ambil dari sirih di ulas secara lengkap pada paragraf berikut.

Manjaga kesehatan pernafasan

Daun sirih mampu mambantu untuk mengobati penyakit pada bagian pernafasan seperti sakit pada bagian dada, paru-paru, hingga asma. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dengan oleskan sedikit minyak mustard ke daun sirih. Kemudian lakukan pemanasan pada pada tungku api sebentar dan tempelkan pada dada hingga pernafasan terasa membaik dan nyaman kembali.

Selain metode pengobatan dari luar, juga dapat menyembuhkan dari dalam menggunakan tanaman ini. Caranya dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih, tambahi dengan kapulaga, cengkeh, dan kayu manis. Kemudian air dari rebusan tersebut di minum tiga kali dalam sehari secara rutin. Maka hal itu dapat menjaga kesehatan pernafasan.

Menjaga kesehatan organ kewanitan

Tanaman ini juga mampu melawan bakteri jahat seperti Candida. Candida Yaitu termasuk jenis bakteri jahat yang dapat menyebabkan keputihan dan leukorrhea. Cara penggunaannya dengan mencuci bersih 5-10 lembar daun sirih, kemudian rebus ke dalam 250ml air. Setelah itu dinginkan air rebusan tersebut dan gunakan untuk mencuci bagian area kewanitaan.

Menyembuhkan jerawat

Adanya kandungan antiseptik yang terdapat pada sirih, dapat menyembuhkan jerawat yang tumbuh pada kulit wajah atau lainnya. Cara penggunaannya hanya dengan tumbuk sirih hingga halus, kemudian ambil airnya dengan menggunakan handuk atau kain dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena jerawat.

Mengobati batuk

Manfaat berikutnya yakni dapat menyembuhkan batuk atau meredakan batuk. Penggunaannya dapat di lakukan dengan cara yang cukup sederhana yaitu merbus beberapa lembar daun sirih, kemudian ambil airnya dan minum selagi hangat.

Mengobati bronkitis

Penyakit Bronchitis dapat sembuh dengan pengobatan menggunakan daun sirih. Cara pengobatannya dengan mencuci 5-7 lembar, kemudian rebus ke dalam 300ml air. Kemudian minum air rebusan tersebut tiga kali sehari, dan lakukan secara rutin setiap hari.

Mengobati gusi berdarah

Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor yang terdapat pada sirih dapat meredakan peradangan yang terjadi pada gusi berdarah. Caranya dengan berkumur air hasil dari rebusan daun sirih, lakukan secara rutin hingga gusi berhenti berdarah.

Obat asam urat

Mengonsumsi air dari hasil rebusan sirih secara rutin dapat membantu mengurangi asam urat secara alami. Hal inilah yang dapat menyembuhkan nyeri otot yang disebabkan oleh asam urat. Cara penggunaannya dengan minum air rebusan tiga kali sehari secara rutin.

Mencegah penyakit jantung koroner

Daun sirih dapat mencegah penyakit jantung koroner. Caranya cuci bersih 3 lembar sirih dan campurkan dengan 7 butir cabai jawa, 3 butir bawang merah, dan sejumput Jintan. Kemudian masukan semuanya pada air mendidih hingga menggelap. Kemudian minum secara rutin tiga kali sehari.

Mengobati kanker sumsum tulang belakang

Tanaman ini juga dapat melawan kanker, terutama kanker sumsum tulang belakang. Berdasarkan hasil riset dari Indian Institute of Chemical Biology (IICB), bahwa sirih mampu meningkatkan harapan hidup penderita kanker sumsum tulang belakang.

Daun Sirih Membantu Melawan tumor

Dalam daun sirih terdapat senyawa yang mampu meningkatkn kekebelan tubuh. Maka dengan itu sel-sel darah putih dalam tubuh akan menghancurkan sel tumor.

Mengobati deabetes

Pada bagian ini sirih sangat dipercaya oleh banyak orang dalam mengatasi diabetes. Hanya dengan cara mengonsumsi secara rutin air hail dari rebusan daun sirih setiap hari diabetes anda akan perlahan menurun.

Menjaga kesehatan mata

Terdapat sifat anti bakteri dan aiinflamasi yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata. Sedangkan cara menggunakannya untuk hasiat tersebut yaitu dengan merebus beberapa lebar daun sirih, kemudian biarkan hingga dingin dan gunakan air tersebut untuk mencuci mata.

Mengobati sakit kepala

Yang terakhir manfaat dari sirih yaitu mampu menyembuhkan sakit kepala. Hal ini terjadi karena sirih mempunyai sifat pendingin yang berguna untuk memberikan penyembuhan instan pada sakit kepala.