PemerintahanBerita

Rencanakan Pembangunan, Pemkab Ciamis Minta Partisipasi Publik

Pemerintah Kabupaten Ciamis menyelenggarakan kegiatan konsultasi publik di Aula Adipati Angganaya Bappeda Kabupaten Ciamis, pada Kamis (28/12/2023).

Kegiatan pada forum konsultasi publik ini antaralain; pertama, perumusan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2026.

Kedua; Kick Off Meeting penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Forum Konsultasi Publik RPD memegang peranan penting dalam menyusun dokumen perencanaan yang sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2023.

Hal ini menjadi landasan krusial bagi daerah, terutama dengan mendekati berakhirnya periode Rencana Jangka Menengah Daerah pada Tahun 2024.

Forum ini diadakan untuk mengumpulkan masukan dan saran dari berbagai pihak guna menyempurnakan rancangan RPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2026.

Sementara Kick Off Meeting penyusunan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2025 bertujuan untuk memberikan informasi mengenai agenda pembangunan dan arah kebijakan pembangunan untuk tahun 2025.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Wakil Bupati Ciamis, unsur DPRD Kabupaten Ciamis, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Camat, organisasi wanita, komite perencana.

Serta Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Ciamis, instansi vertikal, unsur akademisi, lembaga/organisasi masyarakat, dan stakeholder lainnya yang turut hadir secara daring.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, menekankan perlunya penyusunan dokumen RKPD Tahun 2025 sebagai landasan bagi pembangunan daerah.

Yana menegaskan pentingnya mempertimbangkan evaluasi kinerja daerah serta isu-isu strategis yang sedang berkembang.

Khususnya untuk penyusunan RPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2026 dan RKPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah narasumber seperti dari Kementerian Dalam Negeri, Bappeda Provinsi Jawa Barat, dan Bappeda Kabupaten Ciamis turut hadir.

Para narasumber mengarahkan kebijakan pembangunan agar bersinergi dengan agenda nasional, Provinsi Jawa Barat, dan Kabupaten Ciamis.

Kepala Bappeda Kabupaten Ciamis, David Firda SH.,M.M, menyampaikan laporan terkait permasalahan, isu strategis, tujuan, sasaran, dan arah kebijakan pembangunan tahun 2025-2026.

Laporan terkait permasalahan, isu strategis, tujuan, sasaran, dan arah kebijakan pembangunan tersebut tertuang dalam dokumen Rancangan RPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2026.

David menjelaskan, forum ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan guna menyempurnakan Rancangan RPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2026.

Sekaligus, kata David, untuk menyampaikan rencana agenda perencanaan pembangunan kepada seluruh stakeholder.

David berharap, semua pihak dalam Forum Konsultasi Publik RPD dan Kick Off Meeting RKPD turut berpartisipasi secara aktif.

Tidak lain, untuk mendukung proses perencanaan pembangunan Kabupaten Ciamis yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan.

Related Articles

Back to top button