Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaTips Memilih Kurma Berkualitas Terbaik, Perhatikan Warna dan Bentuknya !

Tips Memilih Kurma Berkualitas Terbaik, Perhatikan Warna dan Bentuknya !

Tips memilih kurma sebenarnya tidaklah sulit, namun bagi orang awam hal tersebut bisa menjadi membingungkan. Apalagi tergiur dengan harga yang murah, pasti langsung membelinya bukan tanpa tahu bagaimana kulalitas kurma tersebut. Kurma merupakan salah satu buah yang identik dengan bulan puasa. Memiliki rasa sangat manis dan mengenyangkan, menjadikannya banyak di sukai semua orang.

Kurma menjadi buah pilihan dikonsumsi saat bulan puasa, karena memakan buah ini meruapakan salah satu yang disunahkan dikonsumsi saat berbuka puasa. Maka dari itu, tidak heran ketika Ramadhan tiba, buah kurma banyak diserbu masyarakat. Dengan maraknya buah kurma yang dijual di pasar ataupun toko, anda wajib mengetahui tips memilih buah kurma yang memiliki kualitas terbaik.

Apalagi saat ini banyak jenis kurma yang ditawarkan dengan kualitas berbeda-beda, oleh karena itu anda harus pandai saat membelinya. Nah, artikeli ini akan membantu anda dalam membeli kurma yang segar dan baik. Jangan sampai di lewatkan ya, dan berikut penjelasannya hanya untuk anda.

Serba-Serbi Buah Kurma

Buah kurma memang berbeda dengan yang lainnya, memilik kandungan seperti vitamin, serat, dan mineral.  Antioksidan dalam kurma mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit, serta kaya akan kandungan fruktosa dan gula alami yang berfungsi sebagai sumber energi besar. Sebagaimana dilansir oleh Aljazirah, kurma memiliki varian bentuk dan ukuran. Misal kurma Piarom Malik, Deglet Noor, Ajwa, Mabroom, Black Medjool, dan King Medjool.

Saking banyaknya khasiat buah kurma, Nabi Muhammad saw menganjurkan untuk berbuka puasa dengan minum air putih dan kurma, karena kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan nutrisi dalam satu kurma terdapat sekitar 20 kalori, 5,3 gram karbohidrat, 4 gram gula, dan 0,2 gram protein. Buah kurma  tumbuh di negara yang memiliki musim panas panjang dan terik, seperti Mesir yang tiap tahunnya memproduksi 18% kurma di dunia. Sedangkan posisi dua ditempati oleh Arab Saudi sekitar 17%, serta Iran 15%.

4 Tips Memilih Kurma

Tips memilih kurma berikut semoga bisa bermanfaat untuk anda, agar tetap aman mengkonsumsinya serta keadaan buah masih segar.

Bentuk Buah Kurma

Tips pertama adalah perhatikan tampilan fisik yang dimiliki buah kurma. Kurma yang telah dikeringkan seringkali memiliki tekstur sedikit basah, hal tersebut dikarenakan cairan gulanya mengalir keluar. Meskipun begitu, tidak akan mempengaruhi permukaan kurma yakni lengket ataupun keras. Pasalnya kurma yang mempunyai permukaan basah sertra lengket biasanya sudah ditambahkan dengan pemanis buatan seperti sirup gula ata madu.

Selain itu, ketika membelinya hindari memilih kurma yang secara fisik sudah mengkerut, karena keadaan seperti itu mendankan bahwa kurma telah lama terimpan. Jadi kesimpulan adalah memilih kurma yang memiliki tekstur tidak lengket ataupun basah. Serta tidak mengkerut dan kering, pilihlah kurma yang kulit arinya masih menempel, karena layak untuk dikonsumsi.

Perhatikan Pada Warna Kurma

Tips memilih kurma  selanjutnya adalah dengan memperhatikan warnanya, pada dasarnya kurma memiliki warna coklat kehitaman, kuning, serta merah. Dengan mengetahu tips kedua ini, akan mempermudah anda dalam memilih kurma yang memiliki kualita bagus. Pilihlah kurma yang memiliki warna merata, serta tidak ada bagian yang rusak.

Apabila sudah menemukan ciri-ciri kurma yang telah disebutkan tadi, itu tandanya kurma masih segar dan sehat. Karena terkadang ada jenis kurma yang memang memilki warna hitam tetapi dari segi tampilan fisiknya tidak bagus atau ada yang rusak. Berarti buah kurma tersebut sudah tidak segar lagi.

Perhatikan Kemasan Buah Kurmanya

Tips ketiga dalam memilih buah kurma adalah dilihat dari bentuk kemasan serta kebersihan tempat penjualnya. Usahakan memilih kurma dengan kemasan yang masih disegel atau tertutup rapat dan jangan lupa perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya. Namun, ada juga pedagang yang menjual kurma tidak menggunakan kemasan. Jika sudah seperti itu, perhatikan kondisi tempat penjualnya.

Pastikan buah kurma yang dijual tidak terkontaminasi dengan debu atau kotoran serta disimpan dengan baik. Buah kurma bisa lebih awet jika disimpan pada suhu kulkas, jika di suhu ruangan mampu bertahan sekitar 2-3 bulan. Jika kurma lama disimpan, sebelum mengkonsumsinya lihat terlebih dahulu kondisi kulit kurma apakah sudah terkena jamur atau belum.

Perhatikan Ukuran Kurma

Tips selanjutnya adalah perhatikan bentuk atau ukuran buah kurma, banyak orang yang menganggap hal ini tidak penting. Padahal ukuran kurma sangat mempengaruhi kualitas buah tersebut. Dengan anda jeli memperhatikan ukuran kurma, jadi lebih tahu kandungan gula yang terkandung di dalamnya. Sehingga anda bisa membatasi mengkonsumsi buah kurma.

Pada umunya, buah kurma yang memiliki bentuk sekitar setengah ibu jari orang dewasa memiliki kan dungan kadar gula sebnyak 7,1 gram. Dengan begitu, anda harus membatasinya, jangan sampai 40 gram setiap harinya, apalagi bagi penderita diabetes. Itulah pembahsan artikel kali ini tentang tips memilih kurma, dan semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER