Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaTata Cara Niat Puasa Qadha dan Tips Berpuasa Agar Lebih Semangat

Tata Cara Niat Puasa Qadha dan Tips Berpuasa Agar Lebih Semangat

Ada banyak alasan mengapa umat Islam membatalkan puasanya pada saat Bulan Ramadhan. Seperti sakit, ibu hamil/menyusui, lanjut usia, dan menstruasi. Dikarenakan puasa Ramadhan adalah suatu kewajiban, maka seseorang wajib membayarnya di lain hari atau bisa juga dengan membayar fidyah. Adapun tata cara membayar qadha bisa dilakukan sebelum datangnya puasa Ramadhan selanjutnya.

Seringkali umat Islam membayar qadha puasa Ramadhan pada hari Senin dan Kamis. Nah bagi anda yang masih ragu apakah niat qadha puasa Ramadhan bisa digabung dengan puasa Senin dan Kamis? Dan bagaimana ketentuannya? Maka dari itu, simak yuk penjelasan berikut di artikel kali ini.

Tata Cara Niat Puasa Qadha

Sebagaimana dikutip dari kepri. Kemenag.go.id, ketentuan qadha puasa yakni dengan syarat mereka tidak mampu melaksanakan puasa dikarenakan sakit atau sedang dalam perjalanan jauh. Setelah itu, mereka diwajibkan untuk mengganti sebanyak hari yang ditinggalkan pada saat puasa Ramadhan.

Dari segi hukum puasa qadha hukumnya wajib, sedangkan puasa Senen Kamis hukumnya sunnah. Meskipun begitu, puasa Senen Kamis tetap menjadi amalan sunah yang dianjurkan bagi umat Islam. Hal tersebut dianjurkan Rasulullah SAW sebagaimana diriwayatkan oleh Aisyah RA.

“Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR.An Nasai no.2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Seperti yang dikutip dari Tribunnews.com pada Minggu (11/7/2021), menurut Uztaz Abdul Somad menggabungkan puasa Senin Kamis dan puasa qadha di bulan Ramadhan diperbolehkan.

Selain itu, Uztadz Abdul Somad juga mengatakan bahwa puasa wajin di luar Ramadhan pada hari Senin atau Kamis tidak perlu berniat ganda.

“Niat puasa wajib, cukup satu niat saja, pada hari Kamis, niat puasa qadha saja.”

“Sengaja aku niat puasa qadha karena Allah ta’ala, otomotasi dapat tiga, qadha dapat lunas 1 hari, dapat puasa Shawal, dapat puasa Kamis, cukup niat puasa qadha saja” terang Uztadz Abdul Somad

Bacaan Niat Qadha Puasa dan Puasa Senen Kamis

Lalu bagaimana bacaan niat qadha puasa Ramadhan ataupun puasa Senen Kamis? Berikut bacaannya.

“Nawaitu shauma ghadin ‘an qadha’i dardhi syahri Ramadhana lillahi ta’ala”

Artinya : Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadha esok hari karena Allah SWT.

Sedangkan bacaan untuk niat Puasa Senen hendaknya dilakukan pada saat malam hari sebelum terbitnya fajar atau pagi hari di saat sahur. Berikut bacaan niat puasa Senen Kamis

“Nawaitu sauma yaumal itsnaii sunnatan lillahi ta’ala”

Artinya : Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Kemudian untuk bacaan doa buka puasa yakni sebagai berikut.

“Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah”

Artinya: Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, Insya Allah.

4 Tips Agar Puasa Lebih Semangat

Setelah mengatahui bagaimana tata cara niat puasa qadha Ramadhan dan puasa Senen Kamis. Kemudian kita membahas tips agar puasanya lebih semangat, pasalnya tak jarang dari kita yang malas untuk bangun pagi kan? Yuk simak penjelasannya bersama-sama.

Niat Puasa

Hal pertama yang paling penting adalah memiliki niat untuk berpuasa qadha, menggantikan puasa yang pada saat bulan Ramadhan sempat tak dilakukan. Tanamkan dalam hati bahwa puasa qadha adalah kewajiban untuk dilakukan, dengan begitu kita akan memiliki rasa tanggung jawab untuk mengganti puasa.

Jangan Begadang

Kemudian tips yang kedua adalah tidur lebih awal karena akan membuat tubuh merasa segar. Selain itu, kebiasaan untuk tidur sesuai waktu yang telah ditentukan akan memudahkan tubuh untuk bangun sahur tanpa merasa kantuk berlebih. Hal ini dikarenakan sebelumnya tubuh telah cukup beristirahat sehingga memudahkan kalian untuk berpuasa. Di sisi lain kebiasaan ini juga sangat bagus untuk menjaga pola tidur semakin berkualitas.

Hindari Makanan Yang Mengandung Kafein

Tips ketiga adalah hindari mengkonsumsi segala jenis minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Pasalnya, minuman yang mengandung kafein tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat berpuasa karena akan berdampak negatif bagi tubuh. Salah satu pengaruh yang akan dirasakan adalah sulit untuk menghilangkan rasa kantuk sehingga mengganggu tidur tidak nyenyak. Apalagi saat berpuasa yang pastinya diharuskan untuk bangun pagi dan menjadikan anda merasa malas untuk sahur karena rasa kantuk.

Hindari Mengkonsumsi Makanan Berlebih

Berikutnya adalah tips keempat yakni hindari mengkonsumsi makanan ataupun minuman berlebih saat berbuka puasa. Tentunya selain tidak bagus bagi kesehatan tubuh, hal ini juga akan membuat perut merasa kekenyangan alhasil meninggalkan momen saat sahur. Nah jika sudah begitu, ditakutkan bagi yang belum terbiasa berpuasa tidak sahur akan lemas alhasi membatalkannya. Maka dari itu, disarankan untuk mengkonsumsi makanan sewajarnya saja, dan jangan lupa minum air putih. Itulah pembahasan di artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER