Sistem Belajar Online, Penting Buat Guru dan Siswa

0
66
Sistem Belajar Online, Penting Buat Guru dan Siswa

Ekspose.ID – Wabah covid-19 di Indonesia saat ini membuat pemerintah memutuskan untuk melakukan sistem belajar online di rumah pada setiap sekolah-sekolah.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menghentikan penularan virus corona. Namun, bagaimana cara siswa belajar daring di rumah? Berikut ini ada beberapa sistem belajar online yang harus diterapkan guru dan siswa.

Menyiapkan Fasilitas Belajar Online

Tips belajar online pertama adalah menyiapkan fasilitas penunjang. Karena belajar jarak jauh online, maka siswa membutuhkan akses internet yang memadai.

Hal ini dikarenakan untuk belajar online siswa membutuhkan fasilitas yang menunjang agar proses belajar menjadi lebih mudah.

Selain itu, siswa juga membutuhkan laptop atau komputer dan aplikasi penunjang. Saat ini telah banyak aplikasi yang menunjang proses belajar mengajar secara online.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk menyiapkan fasilitas lainnya seperti buku materi catatan dan lain sebagainya.

Menentukan Rencana Belajar

Proses belajar online memang sangat berbeda dibanding dengan belajar secara konvensional, sehingga Anda harus membuat rencana belajar yang berbeda.

Hal ini bisa disesuaikan dengan metode belajar di sekolah atau universitas Anda. Misalnya mengirim tugas via e-mail atau melakukan video conference secara langsung.

Sistem belajar online ini perlu Anda perhatikan agar saat proses belajar berlangsung Anda bisa memahami materi yang dipelajari dengan maksimal.

Tanyakan jika ada beberapa hal yang tidak mengerti atau belum Anda pahami. Sehingga dalam kegiatan online Anda bisa melakukan proses belajar dengan baik.

Menyusun Jadwal

Belajar online dari rumah memang cukup sulit untuk dilakukan. Pasalnya, ada banyak godaan yang dihadapi oleh siswa saat belajar di rumah.

Misalnya ingin bermain gadget, bermalas-malasan, menonton serial tv dan lain sebagainya. Maka dari itu, Anda perlu menyusun jadwal dengan benar.

Namun bagaimana cara menyusun jadwal tersebut? Anda bisa menyesuaikan dengan aktivitas atau kegiatan saat di rumah.

Anda juga bisa membuat jadwal sesuai dengan jadwal sekolah atau kuliah. Hal ini agar mood dalam belajar tidak berubah dan sesuai dengan aktivitas seperti biasanya.

Akan tetapi jika merasa kesulitan, Anda bisa meminta bantuan orang tua atau teman untuk menyusun jadwal belajar.

Konsisten dan Kendalikan Diri

Sistem belajar online yang terakhir adalah konsisten dan kendalikan diri.

Belajar di rumah memang memiliki banyak tantangan, Anda mungkin akan dihadapkan oleh rasa malas, ingin bermain gadget selalu atau bermain dengan teman dan lainnya.

Maka, Anda harus bisa mengendalikan diri agar proses belajar tidak terganggu dengan hal tersebut.

Jaga konsistensi dalam belajar online, karena jika sekali saja meninggalkan jadwal belajar, maka akan semakin berat untuk menyempatkan waktu untuk belajar di kemudian hari.

Anda bisa meminta bantuan keluarga atau teman untuk menjaga konsistensi dalam belajar di rumah. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here