Riksa Budaya Jabar, Identitas Tatar Pasundan

0
625
Riksa Budaya Jabar, Disparbud Perkuat Identitas Tatar Pasundan

Ekspose.ID – Riksa Budaya Jabar, Disparbud Perkuat Identitas Tatar Pasundan. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat / Disparbud Jabar terus berupaya memperkuat identitas Tatar Pasundan. Upaya itupun dikemas melalui Riksa Budaya Jabar.

Setelah sukses menggelar even bartajuk “Someah” di Bogor, kali ini Disparbud Jabar menggelar even serupa bertajuk “Rengkuh Galuh”. Even ini diselenggarakan di kawasan Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Rabu (20/11/2019).

Kepala Bidang / Kabid Kebudayaan Disparbud Jabar, Febiyani, menjelaskan bahwa budaya rengkuh merupakan ciri, perilaku serta identitas masyarakat Jabar. Rengkuh kemudian diangkat menjadi tema dalam even kali ini.  

Febiyani mengungkapkan, Rengkuh adalah sikap atau perilaku menghormati yang tua, menyayangi yang muda dan menghargai sesama. Rengkuh juga merupakan bagian dari Someah.  

Menurut Febiyani, pribadi-pribadi masyarakat Jabar adalah santun. Pribadi atau identitas masyarakat Jabar ini harus terus digali di tengah era globalisasi dan pesatnya teknologi.

Alasan Pemilihan Lokasi

Terkait pemilihan lokasi Riksa Budaya Jabar, Febiyani menjelaskan, Situs Astana Gede Kawali sangat kental dengan kebudayaan. Terlebih, Astana Gede Kawali merupakan lokasi berdirinya Kerajaan Galuh.  

Baca:  Program Gemas, Pemkab Ciamis Upayakan Dongkrak Angka RLS

Febiyani menilai, Kabupaten Ciamis memiliki historis / sejarah serta nilai budaya yang sangat tinggi. Kabupaten Ciamis juga erat kaitannya dengan sejarah panjang masa-masa Kerajaan Galuh.  

Pada kesempatan itu, Febiyani menegaskan, Riksa Budaya Jabar bertajuk Rengkuh Galuh tersebut merupakan bagian dari upaya menguatkan nilai-nilai budaya di Tatar Pasundan.

“Riksa Budaya merupakan platform dari gerakan kebudayaan. Tujuannya untuk menguatkan nilai-nilai budaya yang tercermin dalam perilaku masyarakat Jabar,” tandasnya.

Festival Rengkuh Galuh

Sebelumnya, Pemkab Ciamis bersama Disparbud Jabar menggelar Festival Rengkuh Galuh, bertempat di kawasan Situs Astana Gede Kawali. Festival ini merupakan upaya pemerintah memperkenalkan aset budaya leluhur.

Festival Rengkuh Galuh Riksa Budaya Jabar ini berlangsung meriah. Sejumlah gelaran kesenian tradisonal daerah dipentaskan. Salah satunya, Tarian Khas Ciamis, yakni Tari Kele.

Tari Kele ini merupakan kesenian tradisional hasil adaptasi dari Tradisi Nyangku. Selain Tari Kele, Festival Rengkuh Galuh juga menghadirkan Bebegig Sukamantri, Wayang Interaktif, Talkshow Budaya, dan Workshop Rengkuh. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here