Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaManfaat Minuman Teh Hijau Memberi Aura Positif Untuk Tubuh Anda

Manfaat Minuman Teh Hijau Memberi Aura Positif Untuk Tubuh Anda

Manfaat minuman teh hijau menjadi salah satu minuman yang mengandug banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol mampu mencegah penyakit berbahaya serta bisa meningkatkan imunitas tubuh. Seperti yang diketahui, teh hijau juga mengandung folat, vitamin B, potassium, magnesium, kafein, dan mangan.

Meksipun memiliki segudang manfaat, masih banyak orang yang tidak menyukainya dikarenakan rasa pahit dan hambar. Padahal anda bisa menambahkan sedikit gula ataupun madu untuk menghilangkan rasa pahitnya. Di artikel kali ini anda mengulas mengenai apa saja manfaat teh hijau dan bagaimana menyeduh teh hijau secara benar. Berikut penjelasannya.

6 Manfaat Minuman Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Penyakit kanker bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat, rajin berolahraga, dan mengkonsumsi makanan serta minuman bergizi seperti minuman teh hijau. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Yuk mulai sekarang mencoba hidup sehat. Dan berikut ulasan manfaat teh hijau bagi tubuh

Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa risiko penyakit kanker dapat disembuhkan, zat antioksidan inilah yang mampu menurunkan risiko kanker. Kesadaran untuk menjaga tubuh sangat diperlukan. Karena ketika seseorang telah sadar dan peduli akan kesehatan tubuh tentu memiliki keinginan untuk selalu memberikan enerfi positif bagi tubuh.

Cara ampuh yang bisa dilakukan adalah anda mengkonsumsi teh hijau, dan bisa tambahkan sedikit gula apabila anda tidak suka pahit. Kerusakan oksidatif memberikan kontribusi terhadap perkembangan jenis penyakit kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

Meningkatkan Fungsi Kerja Otak

Teh hijau berguna untuk meningkatkan fungsi kerja otak. Bahan aktif seperti kafein mendungkung fungsi kerja otak. Ketika kafein masuk ke dalam otak, otomatis kandungan kafein langsung memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan istilah Adenosine.

Dari proses tersebut terjadi adanya pembaakran neuron serta kosentrasi neurotransmitter. Misalnya dopamine dan neropinefrin, hasil dari proses tersebut mampu meningkatkan fungsi kerja otak. Manfaat teh hijau bisa anda rasakan dengan syarat mengkonsumsi secara teratur.

Meningkatkan Kesehatan Mulut dan Gigi

Selain minuman rebusan sereh, teh hijau juga dipercaya masyarakat sebagai minuman yang mampu meningkatkan kesehatan mulut dan gigi. Ada juga yang percaya bahwa teh hijau juga mampu meningkatkan kesehatan oral. Kandungan katekin inilah yang mempunyai fungsi kerja untuk mendukung kesehatan mulut agar tidak bau dan gigi tidak berlubang.

Berdasarkan penelitian zat katekin bisa membunuh bakteri Streptococcus mutans yang berada di mulut. Bakteri tersebut menyebabkan terjadinya pembentukan plak serta menurunkan risiko gigi berlubang.

Menurunkan Risko Diabetes

Diabetes salah satu penyakit yang cukup serius dan banyak menyerang masyarakat Indonesia. Penyakit ini terjadi karena banyaknya kandungan gula di dalam tubuh, oleh karena itu ketika anda mengkonsumsi minuman teh hijau tambahkan gula sesuai kebutuhan. Penyakit diabtes tipe 2 inilah merupakan penyakit epidemi hingga sampai sekarang.

Mengkonsumsi teh hijau bisa dijadikan cara untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes. Hasil penelitian yang dilakukan di Jepang orang yang rajin minum teh hijau mempunyai risiko sebesar 42% mengalami penyakit diabetes.

Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penytakit Kardiovaskular termasuk ke dalam penyakit jantung dan stroke  dan dapat dicegah dengan memanfaatkan teh hijau. Sebab, ketika anda mengkonsumsi teh hijau akan meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah. Dimana berguna untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi.

Membantu Menghilangkan Lemak Di Tubuh

Tidak heran mengkonsumsi teh hijau menjadi cara ampuh melakukan program  diet. Teh hijau juga mampu memobilisasi lemak di dalam tubuh. Sebab untuk bisa membakar lemak membandel, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memecah sel lemak selanjutnya dipindahkan ke aliran darah. Proses pembakaran lemak bisa anda dapatkan pada teh hijau yang mengandung senyawa EGCG (Epigallocatechin Gallete) serta kafein.

Tips Menyeduh Teh Hijau Agar Lebih Enak

Penting sekali anda mengetahui cara menyeduh teh hijau agar mampu menciptakan rasa enak dan nikmat saat di minum. Ada teknik khusus dalam proses penyeduhan agar rasa pahit bisa dihilangkan. Tak bisa dipungkiri teh hijau menjadi minuman paling sehat di dunia.  Berikut penjelasannya terkait tips menyeduh teh hijau.

Memilih Teh Yang Tepat

Sanagt penting memilih teh hijau sebelum diseduh, pasalnya teh hijau memiliki beberapa jenis. Ada yang disajikan dalam kantung teh, dan dalam bentuk teh yang sudah di keringkan. Untuk hal ini sesuikan dengan selera anda. Meskipun begitu, setiap jenis teh memiliki kandungan berbeda.

Untuk kantong teh mengandung daun tehlah dan debu sehingga menimbulkan rasa pahit. Sedangkan daun teh yang dikeringkan memiliki banyak nutrisi dibandingkan dengan kantong teh.

Mengatur Suhu Air

Mencampurkan teh hijau dengan air yang baru direbus bisa mengakibatkan rasa teh menjadi pahit dan hambar. Suhu yang disarankan untuk menyeduh teh hijau adalah 70 C sampai 80 C. Anda juga bisa mendiamkan air mendidih selama 2 menit sebelum dimasukan kantong teh atau bubuk teh ke dalamnya.

Durasi Menyeduh Teh Hijau

Tteh hijau ketika diseduh akan memberikan aroma segar dan lembut, hal tersebut bisa dijadikan relaksasi tubuh untuk menghilangkan stres. Seduh teh sekitar 2-3 menit, dan jangan biarkan teh hijau selama 3 menit dalam cangkir karena akan memicu rasa pahit pada teh hijau. Itulah pembahasan mengenai manfaat minuman teh hijau dan tips menyeduh teh hijau, semoga bermanfaat untuk anda.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER