Manfaat Buah Bidara untuk Kuatkan Tulang dan Anti Stres

0
196
manfaat buah bidara
ilustrasi manfaat buah bidara (foto: haibunda)

Ekpose.ID – Manfaat buah bidara untuk kesehatan tak kalah berkhasiat dengan bagian daunnya. Selain rasanya terkenal manis dan renyah, buah ini juga kaya nutrisi yang ampuh menguatkan tulang, mencerdaskan otak, bahkan anti stres.

Buah bidara adalah salah satu jenis buah-buahan yang cukup banyak orang mengonsumsinya. Meskipun tak sepopuler dengan buah rambutan atau duku, namun buah ini juga kaya akan air. Maka tak heran jika bidara ini sangat baik untuk Anda konsumsi.

Bidara atau Ziziphus mauritiana juga populer dengan sebutan bukol, widara, rangga, atau kalangga. Dalam bahasa Inggris buah bidara ini terkenal dengan nama Indian yaitu plum, Jujube, atau Chinese Apple.

Pohon buah bidara ini termasuk jenis pohon berduri yang biasanya memiliki tinggi 15 m dengan diameter batang 40 cm. Daunnya berbentuk tunggal, selang-seling, dan memiliki panjang 4-6 cm serta lebar hingga 4,5 cm.

Anda mungkin juga pernag mendengar istilah bidara Tiongkok. Karena memang tanaman ini berasal dari provinsi Yunnan, Tiongkok Selatan. Namun saat ini, pohon bidara telah menyebar ke beberapa negara Asia lainnya. Negara tersebut antara lain Afganistan, Malaysia, Indonesia, dan juga Australia.

Dalam pengobatan tradisional, bagian dari tanaman ini yang sering orang gunakan yakni pada bagian daunnya. Hal ini karena buah bidara terdapat kandungan fitokimia yang ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit.

Meski demikian, saat ini keberadaan dari tanaman bidara sudah termasuk dalam kategori langka. Kini sudah terasa sulit menemukan tanaman berkhasiat ini. Padahal, tanaman bidara khususnya buahnya, sangatlah bermanfaat untuk berbagai pengobatan. Baik daun maupun buahnya memiliki potensi manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Namun siapa sangka jika ternyata buah bidara ini juga terdapat kandungan berbagai mineral dan senyawa bioaktif yang berkhasiat. Rasanya pun manis dan enak sehingga orang asing sering menyebutnya sebagai buah apel dari China.

Segudang Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

Tekstur dari buah bidara begitu renyah dengan rasa yang manis. Buah ini ternyata memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Maka tak heran jika banyak orang mengonsumsi buah ini untuk mengatasi berbagai masalah penyakit yang menyerang tubuh.

Untuk mencoba merasakan manfaat dari buah ini, Anda bisa membelinya di pasar tradisional maupun supermarket. Anda juga bisa mendapatkan manfaat buah ini dari suplemen makanan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah bidara untuk kesehatan tubuh yang penting Anda ketahui.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Manfaat pertama yang bisa Anda peroleh dari buah bidara yaitu untuk meningkatkan kesehatan tulang. Buah ini memiliki berbagai jenis kandungan seperti fosfor, kalsium, dan zat besi. Nutrisi kandungan tersebut yang sangat baik bagi kesehatan tulang.

Dengan beberapa kandungan dari buah bidara khasiatnya mampu menguatkan tulang serta mencegah pengeroposan. Bidara ini tentu sangat baik sebagai menu makanan bagi Anda yang berusia lanjut.

Mengatasi Penyakit Kanker

Manfaat lain buah bidara juga sangat baik dalam mencegah serta mengatasi penyakit kanker. Hal ini karena buah ini terdapat senyawa bioaktif atau terkenal dengan sebutan asam triterpenat dan polisakarida.

Menurut sebuah studi, senyawa tersebut memiliki efek yang bersifat anti kanker untuk menghambat beberapa jalur sel kanker. Kanker adalah salah satu jenis penyakit sangat berbahaya dan menakutkan bagi banyak orang. Penyakit ini bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Pada beberapa kasus, serangan kanker juga termasuk jenis penyakit yang dapat mematikan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan berbagai macam pencegahan dalam melindungi kesehatan tubuh. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari penyakit tersebut.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya yakni dengan mengonsumsi buah bidara. Sebab, kandungan antioksidan pada buah manis ini cukup efektif dalam melawan kanker yang  menyerang tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah bidara juga terbukti sangat baik untuk anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Sebab, dengan mengonsumsi buah ini dapat meningkatkan kecerdasan otak dan ini sangat bagus untuk anak-anak

Beberapa peneliti pun menunjukkan bahwa ekstrak dari buah bidara berpotensi untuk meningkatkan daya ingat. Selain daya ingat meningkat, bidara juga mampu melindungi sel otak dari gangguan kerusakan serta mengoptimalkan fungsi otak.

Mengatasi Stres

Stres merupakan suatu tekanan psikis yang umum terjadi dan banyak orang mengalaminya. Baik itu terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Gangguan stres dapat terjadi karena adanya beberapa faktor. Faktor tersebut biasanya meliputi banyak pikiran, bekerja terlalu berlebihan, kecemasan, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan stres. Salah satunya yaitu dengan mengambil manfaat dari mengonsumsi buah bidara. Buah ini terkenal sebagai tanaman herbal untuk berbagai pengobatan alternatif. Salah satunya untuk meredakan rasa kecemasan, ketakutan, dan tekanan mental.

Beberapa penelitian pun melakukan riset mengenai buah bidara bagi kesehatan mental. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah bidara dalam dosis rendah, maka mampu mengurangi efek kecemasan. Maka dari itu, Anda bisa menyediakan buah bidara ini dan memakannya saat sedang merasa stres atau tertekan saja.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi bidara ini dapat menimbulkan efek sedatif. Sedatif merupakan senyawa yang menimbulkan sedasi. Sedasi ini adalah suatu keadaan karena adanya penurunan kepekaan terhadap rangsangan dari luar. Hal itu karena akibat penekanan sistem saraf pusat yang ringan. Efek sedatif ini terkenal sebagai senyawa yang mamou menenangkan. Namun, jika Anda konsumsi berlebih, efek dari sedatif ini menimbulkan hal bahaya bagi syaraf.

Oleh karena itu, jika Anda ingin meredakan stres, maka sebaiknya konsumsi buah bidara ini secukupnya saja. Porsi yang berlebihan justru akan menimbulkan efek samping lain yang membahayakan.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah bidara lainnya untuk kesehatan yaitu membantu dalam melancarkan pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar dan sehat sudah pasti menjadi keinginan banyak orang. Dengan mengonsumsi buah bidara ini, Anda bisa membantu sistem pencernaan lebih lancar dari sebelumnya. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan serat ini akan mendukung fungsi pencernaan bekerja dengan baik.

Serat pada buah bidara memiliki peran penting untuk mengatur pergerakan usus serta pencernaan. Jika kinerja usus dan pencernaan bekerja dengan semestinya, maka otomatis makanan pun bisa tercerna dengan baik.

Beberapa penelitian pun mengemukakan bahwa ekstrak dari buah bidara ini terbukti baik untuk pencernaan. Buah bidara ternyata dapat melindungi lapisan usus serta mencegah risiko kerusakan usus akibat berbagai hal.

Itulah beberapa manfaat dari buah bidara yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun karena terdapat efek sampingnya, mengonsumsi buah ini harus Anda batasi agar tidak berlebihan. Karena, hal apapun yang terlalu berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.