Lebih Menular! Inilah Fakta Dan Gejala Varian Baru Corona Virus B117

Fakta Temuan dan Gejala yang muncul dari Varian Baru Corona Virus B117.

0
157
Virus B117
Foto: detiknews.com

Virus Covid-19 belum benar-benar menghilang dari muka bumi, korban paparannya pun masih santer terdengar akhir-akhir ini. Kini varian baru dari mutasi covid-19 diklaim sudah masuk ke Indonesia, namanya yaitu Corona Virus B117.

Menurut kabar yang beredar, varian baru ini lebih berbahaya dan mudah menular dibandingkan virus covid-19. Di tengah pandemi yang belum hilang, kini masyarakat dituntut untuk lebis waspada kembali.

Untuk Anda ketahui, temuan dua kasus varian baru Virus B117 ini diumumkan pada peringatan satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia. Kasus tersebut ditemukan pada dua TKW asal Karawang, Jawa Barat.

Keduanya merupakan TKI yang terjangkit usai pulang dari Arab Saudi menuju Tanah Air. Terungkapnya kasus tersebut bermula dari pernyataan Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat) yang mengungkapkan warganya terpapar virus baru.

Fakta Temuan Corona Virus B117

Varian baru ini berawal dari dua kasus TKI yang sudah disinggung di atas. Keduanya tiba di Indonesia dari Arab Saudi dengan inisial M (40) dan A (45)

  1. Datang Pada Waktu Yang Berbeda

Inisial M tiba di Bandara Soekarno Hatta dengan 49 penumpang lainnya pada 28 Januari 2021. Para Penumpang menggunakan pesawat Qatar Airways. Kemudian dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Bandara, akhirnya didapatilah tujuh diantaranya positif Covid-19.

Setelah dilakukan pemeriksaan, hasil tes di Litbangkes menyatakan bahwa M terinfeksi varian baru Corona Virus B117.

Untuk Inisial A sendiri tiba di Bandara Soekarno Hatta pada 31 Januari 2021. Setibanya di Bandara dilakukan pemeriksaan bersama 33 penumpang lainnya dengan pesawat Garuda.

Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan ada 4 orang yang positif, salah satunya terpapar Corona Virus B11.

2. Sudah Negatif Covid-19

Kedua TKI tersebut sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan menjalani isolasi di DKI Jakarta. Meskipun begitu, kedua orang yang terpapar itu ditangani dengan baik sehingga masyarakat tidak perlu panik.

3. Gejala Yang Dialami

Salah satu dari dua kasus Corona Virus B117 di Indonesia ini menunjukkan gejala yang bisa dikenalli seperti demam dan batuk.

Secara tidak langsung gejalanya menyerupai Covid-19, terbilang gejala yang ringan.

3. Sebanyak 15 Orang Dilakukan Tracing

Terkait penemuan kasus varian baru B117, satgas Covid-19 dari Kemenkes melakukan tracing. Ada 15 orang yang dilakukan tracing, umumnya merupakan anggota keluarga M dan A.

Daru 15 orang itu sebanyak 9 orang berasal dari keluarga M dan 6 orang dari keluarga A. Semuanya telah dilakukan pemeriksaan oleh Kemenkes dan Litbangkes.

Corona Virus B117 Lebih Cepat Menular

Virus ini merupakan bentuk mutasi dari Covid-19 dengan total 23 jenis mutasi dan akan terus berkembang. Virus Corona B117 untuk pertama kali muncul di Inggris pada September 2020.

Peneliti Inggris telah melakukan prediksi bahwa virus ini mudah menular dibanding virus Covid-19. Dalam kurun waktu 2 bulan lebih cepat sudah ada banyak kasus di London, kemudian bulan berikutnya naik kembali jumlahnya.

Dibandingkan Covid-19 karakteristik virus yang baru ini lebih kuat. Kemampuan mutasinya terbilang lebih cepat, WHO sendiri sudah merilis ada 60 negara terpapar Corona B117.

Gejala Corona Virus B117

Gejala yang muncul memang hampir mirip dengan Covid-19, meskipun ada beberapa perbedaan yang bisa dikenali. Berikut gejala Corona B117,

  1. Batuk Terus Menerus

Pada tahap awal terpapar virus ini, Anda bisa mengenalinya dari batuk secara terus menerus. Sulit dibedakan memang, namun alangkah baiknya untuk memeriksakan ke Dokter jika batuk tak kunjung sembuh.

2. Mudah Lelah

Pasien Corona B117 mudah lelah akibat sistem kekebalan yang menurun. Ini diakibatkan oleh respon dari tubuh karena adanya virus tersebut.

Efek sampingnya justru tubuh melawan patogen dengan timbulnya mudah lelah, lelah secara terus menerus. Meskipun pada dasarnya tubuh tidak begitu sakit-sakitan ketika terpapar B117.

3. Nyeri Otot

Virus B117 menyerang serat otot dan lapisan jaringan yang ada pada tubuh Anda. Hal ini bisa mengakibatkan jaringan dalam tubuh mengalami peradangan, nyeri sendi hingga lemah sekujur tubuh.

4. Sakit Tenggorokan

Gejala yang ditimbulkan virus Corona B117 terhitung sangat umum. Salah satunya sakit tenggorokan, akan sulit dibedakan juga mana radang tenggorokan biasa mana yang diakibatkan virus corona.

Untuk memastikan sakit tenggorokannya, lebih baik segera periksakan ke dokter jika kondisi tak kunjung membaik.

5. Demam

Tubuh akan merespon virus yang masuk dengan cara demam. Sistem imun tubuh yang diserang virus biasanya membuat badan menjadi menggigil.

Cara Mencegah Virus Corona B117

Pertama, bisa dengan memakai masker dua lapis. Ini sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko infeksi B117 yang lebih mudah menyebar.

Kedua, Mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Meskipun cara mengatasinya sama dengan covid-19, Anda tidak boleh menganggap sepele untuk virus varian baru ini.

Selanjutnya terapkan protokol kesehatan secara ketat untuk sepenuhnya mencegah virus B117. Pastikan untuk lebih berhati-hati agar tidak terpapar juga. Stay Safe. Stay Healthy.

Editor : Elva Permatasari