Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaCara Aman Kenalan Lewat Aplikasi Online Agar Tidak Jadi Korban Penipuan

Cara Aman Kenalan Lewat Aplikasi Online Agar Tidak Jadi Korban Penipuan

Cara Aman Kenalan Lewat Aplikasi Online Agar Tidak Jadi Korban Penipuan – Di zaman teknologi seperti sekarang ini, di mana hampir setiap orang lebih banyak menggunakan gadget.

Tentunya hal ini berdampak besar pada perubahan prilaku komunikasi antar manusia, terlebih jika memakai jaringan internet.

Sekarang manusia lebih senang bersosialisasi dengan menggunakan gadget mereka. Tren media sosial pun telah mendominasi kehidupan mereka.

Mudahnya mencari teman baru, membuat jaringan bisnis sampai melakukan tindak kejahatan seperti penipuan telah menjadi hal yang umum terjadi di masyarakat.

Sayangnya orang-orang yang menggunakan gadget untuk tindakan penipuan di media sosial, seringkali tidak bisa disadari oleh para pengguna gadget lainnya.

Hingga akhirnya, semakin banyak korban penipuan yang masuk perangkap. Dengan hanya kenalan lewat aplikasi online seorang penipu dapat dengan mudah memperdaya korbannya.

Untuk itu perlu kewaspadaan bagi siapa saja agar tetap aman dalam berkenalan dengan orang lain melalui aplikasi online dan tidak menjadi korban penipuan.

Berikut ini adalah tips dan trik yang aman dalam berkenalan melalui aplikasi online.

Cara Aman Kenalan Lewat Aplikasi Online

Tunjukkan Bahwa Anda Berkelas

Hal ini penting saat awal Anda baru pertama kali berkenalan dengan orang lain.

Berkelas di sini maksudnya adalah Anda bukanlah orang yang sembarangan dan gampang menerima pujian atau rayuan.

Walau begitu, janganlah bersikap sombong dengan menunjukkan apa yang Anda miliki, baik lewat foto profil atau teks. Karena justru hal tersebut akan menjadi peluang bagi orang lain menipu Anda.

Gunakan Bahasa yang Sopan

Walau Anda hanya melakukan kenalan lewat aplikasi online, tetaplah berbicara dan bertanyalah dengan sopan, cari tahu tujuan orang tersebut menghubungi Anda.

Dari awal percakapan yang Anda buat dengan orang yang baru dikenal tersebut, Anda akan bisa menilai, kemana arah pembicaraan dan apa tujuannya.

Jika orang tersebut menjawab secara lugas tentang apa saja yang ingin Anda ketahui tentang dirinya, maka Anda boleh melanjutkan pembicaraan.

Namun, jika ia menutupi atau menyembunyikan sesuatu, ada baiknya Anda sedikit waspada.

Lakukan Perkenalan Diri dengan Baik, Jujur dan Bersifat Umum

Jika Anda telah mengetahui tujuannya dan Anda bisa menerima dan memutuskan untuk melanjutkan pembicaraan, maka lakukan perkenalan diri dengan baik dan jujur. Dengan perkenalan yang jujur, maka orang yang berkenalan dengan Anda pun melakukan hal yang sama.

Apabila Anda mendapat respon yang sama, maka hal itu bisa mencirikan niat baik dari orang tersebut.

Ceritakan pula hal-hal yang umum dari diri Anda dan bertanyalah hal-hal umum yang juga ingin Anda ketahui darinya.

Dengan demikian di awal kenalan lewat aplikasi online tersebut Anda akan merasa nyaman, begitupula sebaliknya.

Waspada! Jika Ia Menanyakan Hal-hal Pribadi

Ya, Anda tidak harus melanjutkan pembicaraan, jika orang yang baru kenal tersebut terus menerus menanyakan hal yang bersifat pribadi.

Selain itu, Anda juga wajib waspada, karena bisa jadi hal tersebut akan disalahgunakan oleh orang itu.

Tentunya jika orang yang baru Anda kenal langsung menanyakan hal pribadi, maka iabukanlah orang yang sopan dan baik. Selain itu, Anda juga tentu kurang nyaman berbicara tentang hal yang tidak ingin Anda bahas lebih lanjut.

Jadi, berhati-hatilah.

Kenalan yang Baik, Tidak Akan Terlalu Sering Melakukan Chat

Anda patut waspada juga, jika orang yang baru Anda kenal tersebut sering melakukan chat.

Karena ini membuktikan ia tidak memiliki pekerjaan atau kesibukan yang berarti, selain melakukan obrolan dengan Anda.

Ini juga yang biasa para penipu lakukan, ketika mereka ingin cepat memperdaya kenalan lewat aplikasi online.

Baru Kenal Sudah Berani Pinjam Uang

Berhati-hatilah dengan kenalan baru yang mungkin telah membuat Anda nyaman sebelumnya, namun kemudian dia sudah berani pinjam uang.

Terlebih jika Anda belum pernah bertemu dengannya secara langsung.

Atau sekalipun Anda sudah bertemu dengannya secara langsung, tetap hal itu bukan sesuatu yang baik untuk seorang teman baru.

Ingat-ingat Lama Perkenalan dan Apa Saja yang Sudah Anda Bicarakan

Ingat kembali sudah berapa lama Anda melakukan kenalan lewat aplikasi online dengannya dan apa saja yang biasa Anda bicarakan.

Semua itu menentukan kualitas hubungan Anda dengannya.

Jika apa yang Anda bicarakan kebanyakan bukanlah hal yang penting, sekalipun itu sudah berlangsung dalam hitungan bulan, tetap Anda harus waspada dan tidak perlu percaya sepenuhnya pada orang tersebut.

Karena jika Anda terlena, maka inilah yang sering terjadi mungkin saja Anda adalah target selanjutnya.

Perhatikan Gayanya Berpamitan Saat Hendak Menghentikan Pembicaraan

Apakah dia selalu berpamitan terlebih dahulu, saat hendak menghentikan pembicaraan? Ataukah langsung menghilang?

Jika Anda sering mendapatinya menghilang tiba-tiba saat sedang berbicara, maka ia bukan teman yang baik dan bertanggungjawab.

Ajak Teman Anda yang Lain Jika Ingin Kopdar

Kenalan lewat aplikasi online memang bukan perkara yang mudah, karena Anda tetap akan kesulitan melacak latar belakang, teman-teman dan tempat tinggalnya.

Jika Anda bisa melakukan pertemuan langsung dengannya, itu jauh lebih baik, namun jangan pernah melakukannya sendirian.

Artinya jangan pernah menemui orang yang baru Anda kenal sendirian, karena jika terjadi sesuatu pada Anda, maka keluarga Anda tidak akan pernah tahu.

Oleh karenanya, selalu ajak teman atau salah satu kerabat Anda, jika hendak kopi darat dengan orang yang baru dikenal tersebut.

Pertemuan Pertama Haruslah di Tempat Umum

Selain mengajak teman atau kerabat, agar Anda terhindar dari penipuan, saat hendak bertemu, maka lakukan pertemuan di tempat umum saja.

Tolak langsung jika dia mengajak Anda bertemu di tempat sepi atau rumah. Untuk pertemuan pertama dengan kenalan lewat aplikasi online, Anda juga jangan bersedia untuk dijemput atau diantar ke rumah.

Sebelum Bertemu, Cek Dulu Media Sosial dan Lingkar Pertemanannya

Walau ini bukan jaminan bahwa teman baru Anda bukanlah seorang penipu, namun setidaknya Anda bisa melihat profilnya terlebih dahulu, apakah asli? Anda pun bisa memanfaatkan lingkar pertemanannya, apabila ada pertemanan yang sama dengan Anda. Ini satu-satu cara untuk menyelidiki dan bertanya siapakah sebenarnya dia.

Jangan Lupa Melakukan Pengaturan Privasi 

Penting bagi Anda untuk melakukan pengaturan privasi pada setiap akun media sosial yang Anda miliki. Ini adalah cara yang paling aman untuk mencegah terjadinya penipuan terselubung pada diri Anda.

Jadi, walaupun Anda mendapat teman baru atau kenalan lewat aplikasi online, data akun media sosial Anda tidak akan terhack atau dengan mudah dibobol.

Terlebih jika Anda juga sering melakukan transaksi secara online. Cara untuk mengamankan akun media sosial Anda bisa Anda cari sendiri di internet.

Demikian cara aman kenalan lewat aplikasi online agar Anda tidak jadi korban penipuan.

Setelah ini tetaplah bersosialisasi dan jangan takut untuk melakukan pertemanan dengan siapa saja dan kapan saja.

Yakinlah apabila Anda selalu punya niat baik, maka Anda pun akan dekat dengan orang-orang yang baik pula.

Editor : Duhita Apriyatni

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER