Senin, September 20, 2021
BerandaBerita6 Cara Jitu Mengatasi Google Eror, Pengguna Android Mari Merapat !

6 Cara Jitu Mengatasi Google Eror, Pengguna Android Mari Merapat !

Banyak dari pengguna Android yang mengeluhkan Google mengalami eror, sangat disayangkan memang karena mengganggu produktivitas kerja mereka menjadi tidak maksimal. Apalagi Google merupakan web terbesar yang digunakan oleh masyarakat. Dan berhasil menguasai sekitar 31% pasar dunia berdasarkan data Travel Advisor pada July 2019 kemarin. Selanjutnya disusul oleh Safari sekitar 9% dan UC Browser di posisi ketiga dengan penguasa pasarnya sekitar 4%.

Tentu saja dengan prosentase 31% membuktikan bahwa Google menjadi mesin pencarian yang sangat nyaman digunakan sekaligus mudah digunakan dibanding web lainnya. Akan tetapi secanggih apapun dalam dunia teknlogi pasti akan mengalami suatu masalah, misal not responding, terdapat bug, dan kecepatan melambat.  Sehingga pengguna merasa tidak nyaman sebagaimana yang saat ini sedang terjadi yakni Google mengalami eror. Tentu hal tersebut didukung karena beberapa faktor mengapa Google mengalami eror.

Dalam beberapa kasus yang seringkali terjadi adalah tampilan pada layar beranda Google berhentu berfungsi kemudian muncul tulisan “sayangnya Google berhenti”. Terkadang ada juga yang mengalami Google tidak menampilkan hasil pencarian. Nah kali ini Ekspose Jateng akan memberikan anda beberapa tips untuk mengatasi Google eror, berikut ulasannya.

Tips Mudah Memulihkan Google Eror

Seperti yang diketahui terdapat keluhan dari pengguna Android yang mendapati smartphonennya mengalami pop-up serta notifikasi eror. Pop-up tersebut selalu muncul meskipun  sudah dihentikan paksa, mereka juga turut mengeluhkan layanan Google seperti Gmail juga mengalami hal yang sama dan menjadi trending topik di twitter.

Melihat hal tersbebut pihak Google langsung merespon keluhan mereka melalaui akun Twitter nya dan memang membenarkan saat ini Google sedang mengalami gangguan. Meksipun penyebabnya belum juga dijelaskan langsung. Namun, dari pihak Google menyarankan penggunanya untuk melakukan soft reboot, caranya dengan menahan tombol power 30 detik.  Nah, ada juga dari pengguna Google yang menyarankan untuk segera menghapus pembaharuan dari aplikasi Google. Cara tersebut lebih ampuh untuk mengatasi Pop-up. Agar lebih jelas anda bisa melakukan tips berikut ini.

Tutup Semua Tabs Yang Tidak Digunakan

Banyak dari mereka yang tidak mempedulikan hal ini, padahal sangat berpengaruh terhadap kelancaran layanan Google lhoo. Tidak percaya? Ketika anda membuka halaman web di internet itu artinya membutuhkan ruang memori untuk bisa di tampilkan. Maka dari itu, semakin banyak anda membuka halaman tab baru, secara tidak langsung web browser akan bekerja lebih banyak. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan cara membuka Task Manager, disitu akan ditampilkan seberapa banyak kapasitas memori yang anda gunakan di Google.

Dengan anda menutup semua tabs yang sudah tidak digunakan tentu saja akan mengurangi beban kerja Googlemu. Sehingga Google dalam mengakses yang ingin anda buka akan bekerja secara maksimal dan lebih mudah menerima semua perintah. Sama halnya manusia, teknologi juga akan mengalami masalah karena terlalu dipaksa untuk mencari di berbaga Tabs.

Hapus Ekstensi Google Yang Tidak Penting

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus semua eksistensi Google yang sudah tidak penting lagi. Sama halnya pada poin pertama, kinerja Google akan lebih cepat memproses yang anda butuhkan, teruatama pada saat loading karena menjadi hal terberat bagi sebuah aplikasi. Pasalnya pada saat awal loading, Google akan memproses semua hal yang ada di dalam aplikasi. Dan ketika ada eksistensi yang tida digunakan tentu akan mempengaruhi Google dalam bekerja.

 Terlebih lagi komputer yang digunakan dengan spesifikasi sudah ketinggalan zaman. Setidaknya dengan menghapus semua tabs serta eksistensi yang tidak penting membuat Google menjadi ringan, dan mempercepatan kinerjanya terlebih pada saat awal loading. Maka dari itu, mulai saat ini lebih memperhatikan hal-hal kecil seperti poin pertama dan kedua.

Rajin Update Versi Google Terbaru

Mungkin diantara kalian ada yang berpikir bahwa dengan meng-update Google versi terbaru akan memakan ruang memori lebih banyak. Padahal ketika anda update aplikasi bisa saja kan menandakan bahwa versi sebelumnya memiliki masalah pada bug dan hanya bisa diselesaikan dengan cara update versi terbaru. Anda tidak perlu cemas karena sudah banyak yang melakukan penelitian bahwa ketika update sebuah aplikasi menjadi hal yang sangat penting. Dengan selalu meng-update nya berarti anda memiliki suatu aplikasi terbaik dan mampu mengurangi masalah seperti eror, lemot, dan sebagainya.

Hapus History Cache Pada Google

Tips selanjutnya adalah dengan cara menghapus semua history serta cache pada Google milik anda, dan menjadikannya bekerja lebih cepat. Tentu saja hal tersebut dikarenakan akan mempengaruhi memori penyimpanan aplikasi ketika menyimpan history dan cache. Semakin lama anda menyimpannya ruang penyimpanan akan penuh dan pada akhirnya mempengaruhi kinerja serta berpengaruh juga pada Smartphone kesayangan anda. Sekarang lihat pada history Google pada smartphone anda, apakah banyak riwayat pencarian yang tidak di hapus?

Bagimana cara menghapus cache pada Google? Lakukan dengan menekan tanda titik tiga yang letaknya di pojok kanan atas, selanjutnya pilih history dan clear browsing data. Selanjutnya akan muncul pilihan advance atau basic, anda bisa memilih advance dan beri tanda centang sesuai yang diinginkan. Cara ini sangat membantu PC anda yang tidak memiliki banyak ruang penyimpanan, lihatlah ketika anda menghapus semua cache, Google akan cepat bekerja.

Reset Google Anda

Ada juga dari pengguna Google yang telah melakukan cara di atas namun hasilnya nihil, tidak berpengaruh apapun. Nah mungkin bisa saja sumber masalahnya ada pada Google yang ada di Smartphonemu. Google bisa muncul masalah karena ada faktor yang mempengaruhinya seperti malware atau adware yang menyerang Google, maka dari itu disarankan untuk reset Google yang anda miliki. Dengan melakukan reset pada suatu aplikasi atau program, semua pengaturan serta ekstensi, baik akun, history, dan sebagainya akan terhapus semua. Dan akan seperti awal anda mengunduh aplikasi aplikasi tersebut.

Cara mereset suatu aplikasi atau program caranya sangat gampang yakni anda hanya perlu masuk pada menu setting. Kemudian tekan tanda titik tiga yang letaknya berada di pojok kanan atas, selanjutnya pilih menu setting/pengaturan dan pilih menu advanced. Alhasil akan muncul reset (aplikasi) yang berada di ujung bawah. Mereset aplikasi menjadi cara paling ampuh mengatasi masalah eror atau aplikasi tidak merespon.

Gunakan Fitur Preftech Chrome

Bagi anda pengguna Google Chrome bisa melakukan langkah berikut ketika mengalami masalah. Untuk Chrome sendiri mempunyai fitur bernama Prefetch yang memiliki fungsi agar halaman web memuat lebih cepat dibandingkan browser lain. Fitur ini pada dasarnya memuat halaman web yang anda kunjungi melalui cookie. Sehingga memungkinkan anda untuk menelusuri halaman web lebih cepat.

Cara mengaktifkan fitur Prefetch adalah dengan masuk laman setting/pengaturan. Selanjutnya pilih default browser dan advanced yang letaknya ada diujung bawah serta aktifkan Preload Pages for Faster Browsing and Searching. Itulah pembahasan artikel kali ini tentang tips mengatasi masalah yang terjadi di Google milik anda, dan semoga bisa bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER