Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaTidak Makan Berlebihan Ketika Sahur dan Buka Puasa

Tidak Makan Berlebihan Ketika Sahur dan Buka Puasa

Ekspose.ID – Tidak Makan Berlebihan Ketika Sahur dan Buka Puasa. Berpuasa sepanjang lebih dari 12 jam dapat membuat seseorang makan berlebihan kala waktu berbuka. Sebagian orang juga bisa jadi akan makan banyak sekalian ketika sahur supaya mempunyai bekal tenaga seharian.

Nyatanya, makan banyak ataupun overeating di kala berpuasa baik di waktu berbuka ataupun sahur memiliki dampak negatif pada badan. Sangat banyak makan dalam satu waktu dapat menimbulkan perut kembung, membebani sistem pencernaan, apalagi dapat tingkatkan resiko penyakit diabet.

Manager of Nutrifood Research Center Felicia Kartawidjaja mengingatkan, makan sangat banyak kala berpuasa malah dapat membuat Kamu lapar lebih cepat. Pastinya perihal tersebut wajib Kamu jauhi kala berpuasa.

Berikut beberapa panduan supaya Kamu tidak makan berlebihan ketika sahur serta buka puasa.

Perhatikan makanan yang di konsumsi

Pertama, Kamu wajib mencermati makanan yang di santap. Di kala sahur serta berbuka, hendaknya Kamu konsumsi karbohidrat yang ada pada nasi merah, roti gandum, ataupun oatmeal.

Makanan dengan karbohidrat bisa menolong Kamu lebih cepat kenyang sehingga tidak makan berlebihan. Tidak hanya itu, mengkonsumsi makanan berserat besar seperti buah-buahan serta sayur-mayur juga membuat Kamu merasa kenyang lebih lama.

Makan makanan manis

Dalam hal ini juga di anjurkan konsumsi makanan manis ketika berbuka puasa sehingga perut merasa kenyang. Pastinya makanan manis yang di anjurkan tidaklah makanan dengan pemanis buatan, melainkan buah-buahan semacam kurma, yang besar karbohidratnya.

Memakan 2- 3 butir kurma di kala berbuka sangat di anjurkan supaya memperoleh tenaga yang kamu perlukan dengan cepat. Memakan kurma juga dapat membuat Kamu merasa kenyang lebih awal sehingga tidak makan berlebihan di kala berbuka.

Namun pula mengkonsumsi air mineral, ataupun juice buah yang tidak memiliki pemanis tambahan di kala berbuka puasa.

Makan dengan perlahan

Makan dengan pelan-pelan bisa menstimulasi badan merasa kenyang lebih cepat. Mengunyah makanan pelan-pelan akan membuat badan sadar kalau Kamu sudah lumayan makan. Makan sangat cepat juga akan membuat Kamu konsumsi lebih banyak makanan dari yang sepatutnya sebab badan tidak pernah menyadari makanan yang masuk ke perut.

Jauhi makanan asin ataupun pedas

Makanan sangat asin ataupun pedas dapat membuat Kamu lebih cepat merasa haus. Hendaknya makanan ini kamu hindari di kala berbuka puasa ataupun sahur supaya Kamu tidak minum banyak air.

Minum banyak air dapat membuat perut kembung serta terasa tidak nyaman. Tidak hanya itu, santapan yang sangat asin ataupun pedas umumnya besar kandungan garamnya sehingga tidak baik buat badan.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER