Rabu, September 29, 2021
BerandaBeritaSegudang Manfaat Kapulaga

Segudang Manfaat Kapulaga

Kapulaga menjadi trending topik di internet setelah kontestan MasterChef Indonesia Season 8 diberi tantangan untuk menyajikan masakan nusantara, Sabtu (26/6/2021). Berawal dari salah satu peserta bernama Brian yang menyajikan masakah burung puyuh menggunakan berbagai rempah Nusantara salah satunya Kapulaga. Juri MCI pun menicipi masakan Brian tersebut yakni Chef Arnold Poernomo yang tak sengaja mencicipi Kapulaga tersebut. Sontak Chef Arnold pun melepeh hidangan dari Brian. “ Kena jebakan batman” ungkap Chef Arnold.

Kapulaga atau cardamom sendiri merupakan jenis rempah yang umum digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Namun sebenarnya apa itu Kapulaga? Sebagaimana yang dikutip oleh Murdijati Garditjo berjudul “Bumbu Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia”, kapulaga adalah tanaman herbal yang tumbuh berumbi akar. Selain itu, tanaman kapulaga juga menghasilkan buah dengan tekstur bulat telur, memiliki warna kuning kelabu dalam tandan kecil.

Apabila buah kapulaga sudah matang ia akan pecah, dan di dalamnya terdapat biji. Nah biji inilah yang dijadikan sebagai penyedap masakan sehingga makanan menjadi lebih sedap. Artikel kali ini akan mengulas serba-serbi tanaman kapulaga. Maka dari itu, simak penjelasannya sebagai berikut.

Jenis-Jenis Kapulaga

Berdasarkan buku karya Made Astawan yang berjudul “ Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur”. Ada 2 jenis kapulaga yang banyak ditemukan di Indonesia, yakni kapulaga Jawa dan kapulaga sabrang. Untuk jenis kapulaga Jawa sering kita jumpai di Jawa dan Sumatera sekaligus dijadikan sebagai tempat budidayanya. Harganya terjangkau, dan banyak dijual di pasaran. Sementara untuk jenis kapulaga sabrang meruapakan tanaman asli dan sudah menyebar di Indonesia sejak abad ke-18.

Jenis kapulaga sabrang memilki kandungan minyak atsiri sebanyak 3,5-7%, disebut juga true cardomom. Untuk harga lebih mahal dibandingkan jenis kapulaga Jawa. Nama lain dari kapulaga sabrang adalah green cardomon atau kapulaga hijau. Seringkali digunakan sebagai sajian masakan manis, tetapi bisa juga untuk masakan gurih. Kapulaga sabrang juga memilki versi warna putihnya akan tetapi rasanya tidak terlalu kuat dibandingkan kapulaga hijau.

Ada juga yang menyebutkan kapulaga memiliki jenis lain yakni black cardomom atau kapulaga hitam. Untuk jenis kapulaga hitam memiliki bentuk utuh, memiliki warna coklat tua, dan sangat cocok disajikan pada masakan gurih.

Pada umumnya kapulaga memiliki aroma yang kuatm serta manis dan tajam. Ketika kapulaga dimakan, anda akan merasakan rasa mirip daun mint dan lemon, sedangkan kapula hitam memiliki rasa seperti menthol dan agak dingin. Selain membuat masakan menjadi lebih enak, kapulaga juga dipercaya sebagai penghilang bau amis daging. Agar masakan semakin lezat, anda bisa mencampurkan rempah lain seperti ketumbar, jinten, cengkeh, dan kayu manis.

Cara Memakai Kapulaga Agar Masakan Lebih Enak

Cara menggunakan kapulaga sangat mudah dan tergantung jenis kapulaga apa yang digunakan. Apakah kapulaga masih utum bulat atau kapulaga instan berupa bubuk. Jika anda menggunakan kapulaga bubuk bisa langsung dimasukan ke dalam masakan, akan tetapi masakan jauh lebih enak jika menggunakan kapulaga utuh. Lalu bagaimana cara menggunakan kapulaga utuh? Yakni anda sangrai terlebih dahulu selama beberapa menit. Selanjutnya  biarkan kapulaga dingin sekitar 2-4 menit, kemudian pisahkan biji dari kulit pelindungnya.

Kulit pelindung dari kapulaga bisa anda manfaatkan untuk menambah aroma kopi atau teh. Setelah kapulaga dingin langkah selanjutnya adalah haluskan bijinya bisa menggunakan cobek atau food processor. Jika dirasa sudah halus, anda bisa langsung mencampurkannya ke dalam masakan. Berbeda ketika anda menggunakan jenis kapulaga hitam yakni digunakan bersamaan dengan bijinya lalu masukan ke dalam masakan. Kalau masakan sudah matang bagian kulit pelindung kapulaga hitam akan dibuang, dikarenakan akan memberikan sensasi kurang enak pada masakan.

Ada juga yang menggunakan kapulaga tanpa di haluskan terlebih dahulu, namun pastikan kapulaga yang anda masukan sudah dicuci bersih ya agar tetap higienis. Selain membuat masakan enak, apakah kapulaga juga memiliki manfaat bagi tubuh? Berikut penjelasannya.

Manfaat Kapulaga Bagi Tubuh

Kapulaga memang memiliki segudang manfaat, selain menambah cita rasa pada masakan juga dipercaya mempunyai manfaat bagi tubuh lohh.

Mengobati Asam Urat

Manfaat pertama kapulaga bag tubuh yakni bisa mengobati asam urat apabila dikonsumsi secara rutin. Caranya adalah dengan merebus kapulaga kemudian air rebusan tersebut langsung diminum. Apakah anda sedang mengalami asam urat? Anda bisa mencoba mengkonsumsi kapulaga ini.

Menurunkan Demam

Meskipun demam bukan penyakit yang sangat berbahaya, tetap saja harus diobati. Nah selain bisa mengobati asam urat, kapulaga juga bermanfaat untuk menurunkan demam.

Panas Dalam

Bagi anda yang sering mengalami panas dalam bisa diobati menggunakan kapulaga. Caranya cukup mudah yakni rebus rimpang kapulaga sampai mendidih, dan biarkan beberapa menit sampai rebusan tadi dalam keadaan hangat. Lakukan secara rutin sampai panas dalam anda benar-benar sembuh.

Melancarkan Pencernaan

Pencernaan tidak lancar diakibatkan kurangnya mengkonsumsi serat. Apabila anda memiliki masalah pada pencernaan bisa mencoba menggunakan kapulaga. Manfaat lain yakni untuk mengurangi produksi gas dalam lambung. Itulah pembahasan artikel kali ini seputar kapulaga. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER