Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaGempa Bumi Berkekuatan 7,2 SR Mengguncang Haiti

Gempa Bumi Berkekuatan 7,2 SR Mengguncang Haiti

Ekspose.ID – Sabtu (14/7/2021), telah terjadi gempa bumi di Haiti waktu setempat, berkekuatan 7,2 skala richter yang meluluh lantahkan bangunan-bangunan seperti  hotel, rumah, gereja, dan menjadi tragedi bagi negara Karibia itu.

Kekuatan gempa bumi yang melanda bagian barat negara tersebut juga sekaligus mengembalikan kenangan pahit dari gempa bumi sebelumnya. Pada tahun 2010, gempa bumi berhasil menelan korban jiwa sebanyak lebih dari 200.000 orang.

Ariel Henry, Perdana Menteri Haiti, menegaskan bahwa selama satu bulan akan mengalami keadaan darurat. Apalagi Karibia menjadi negara yang baru-baru ini terperosok masalah krisis kemanusiaan.

Kemudian keadaan politik yang dalam masa pemulihan, serta kabar pembunuhan presiden (Jovenel Moise) yang belum lama ini terjadi. 

Tak lupa juga ia memperingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada. Pasalnya pada Senin malam atau Selasa pagi akan mengalami Badai Tropis Grace.  

Tentu hal tersebut menjadi polemik terbesar bagi negara dan tentunya masyarakat Karibia.

Ariel Henry juga menyebutkan bahwa gempa bumi memicu terjadinya kepanikan masyarakat seperti di Ibukota Port-au-Prince. Sebagian besar wilayahnya rata oleh tanah akibat bencana tahun 2010 lalu. 

Kemudian di kota Petit Trou de Nippe yang jaraknya sekitar 150 km dari Ibu Kota banyak bangunan ambruk akibat guncangan dahsyat gempa bumi. 

Cerita Korban Gempa Haiti

Carmelle Charles, seorang pengusaha wanita (37) setempat, menceritakan pengalaman menyedihkan yang berujung pada rasa trauma. Pada saat itu ia langsung melarikan diri setelah gempa bumi mengguncang rumahnya di daerah Delmas. 

Ia pun mengharapkan keadaan gempa bumi yang saat ini melanda tidak sama dengan peristiwa dulu (12 Januari 2010). 

Informasi menyebutkan bahwa total korban jiwa akibat gempa bumi Haiti sebanyak 227 orang.

Melansir dari CNN.Indonesia.com (Minggu/15/8/2021), ada ratusan warga yang mengalami luka-luka, dan bahkan hilang dalam bencana gempa bumi tersebut.

Adapun identitas korban jiwa akibat gempa bumi diantaranya yakni Gabriel Fortune (Mantan Senator), di kota pesisir Les Cayes. 

Sementara Jeanty Dormaes juga mengatakan, saudara laki-lakinya (Vilfort Dormeuse) tewas di Les Cayes saat rumahnya runtuh akibat gempa bumi.

Saking paniknya ada masyarakat yang sampai melarikan diri ke tempat lebih tinggi seperti pegunungan karena takut memicu terjadinya bencana tsunami. 

Robenson Geffard seorang jurnalis menyebutkan bahwa tenaga medis di Rumah Sakit Haiti (Les Cayes) merasa kewalahan dengan jumlah pasien yang luka terlalu banyak. 

Meskipun gempa bumi kali ini tidak se-dahsyat tahun 2010 lalu, akan tetapi kenangan yang menyedihkan sekaligus membuat trauma itu tidak pernah mereka lupakan.

Pasalnya kejadian mencekam tersebut akan selalu menghantui mereka. 

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER