Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaYuk Intip Rahasia Dibalik Khasiat Rebusan Sereh dan Jahe

Yuk Intip Rahasia Dibalik Khasiat Rebusan Sereh dan Jahe

Sereh terbukti sebagai rempah yang memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Cara menikmatinya adalah campurkan rebusan sereh dengan jahe dan tambahkan sedikit gula merah atau madu untuk mengurangi rasa pahit. Lakukan secara rutin.

Rebusan air sereh, jahe dan, gula merah bisa mencegah terjadinya penyakit seperti jantung, darah tinggi, dan membantu proses pencernaan. Masyarakat di Indonesia sudah melakukan hal ini sejak lama dan merupakan tradisi turun temurun. Konsumsi rebusan sereh dan jahe di pagi hari secara rutin. Berikut penjelasannya secara lengkap.

12 Manfaat Rebusan Air Sereh dan Jahe

Sereh memiliki nama latin Cymbopogon Ciratus tanaman tropis berasal dari Asia dan sebagian terdapat di India dan Sri Lanka. Anda bisa menggunakan minyak esensial sereh sebagai aromaterapi sehingga mampu mengembalikan suasana hati. Nah anda juga bisa menambakan daun sereh sebagai penyedap rasa masakan. Untuk mengetahui manfaat sereh simak penjelasannya.

Mencegah Penyakit Berbahaya

Baik jahe atau sereh termasuk rempah-rempah yang memiliki segudang antioksidan. Pengertian antiokasidan adalah senyawa yang memiiki fungsi melindungi tubuh dari paparan radikal jahat.

Radikal bebas inilah yang memicu terjadinya penyakit jantung, penyakit saraf, Alzheimer, dan Parkin. Tubuh dapat merasakan manfaatnya ketika anda mengkonsumsinya secara rutin dan tidak berlebihan.

Mengurangi Terjadinya Peradangan Tubuh             

Minuman rebusan jahe dan sereh juga mampu meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh. Pasalnya jahe dan sereh memiliki kandungan bersifat antiinflamasi (infeksi bakteri, pola makan kurang sehat dan alergi). Sehingga ketika anda rutin mengkonsumsi rebusan sereh dan jahe tubuh menjadi lebih rileks dan semangat beraktivitas.

Mengobati Mual

Banyak masyarakat di Indonesia yang mengkonsumsi rebusan sereh dan jahe ketika merasakan mual dan ingin muntah. Ketika anda mengalami masuk angin dan ingin segera sembuh cepat konsumsi rebusan air jahe dan sereh.

Menurunkan Tekanan Darah

Untuk menurunkan tekanan darah sistolik, mengkonsumsi rebusan air jahe dan sereh menjadi pilihan terbaik. Apabila tensi darah anda adalah 135/85, maka untuk tekanan sistoliknya adalah 135. Karena rebusan jahe dan sereh bisa memperlambat detak jantung.

Menyeimbangkan Kadar Gula Dara Pada Tubuh

Rempah ini mampu membantu anda dalam menyeimbangkan kadar gula darah pada tubuh. Risiko komplikasi akibat diabetes dapat diminimalisir dengan minum rebusan sereh dan jahe . Karena kelebihan kadar gula juga tidak baik, oleh karena itu mulailah hidup seimbang dan pola hidup sehat.

Menjaga Kadar Kolestrol

Tanaman jahe dan sereh mampu menjaga kadar kolestrol, dan memerangi kolestrol jahat (LDL) serta trigliserida yang terdapat pada makanan tidak sehat. Agar rebusan jahe dan sereh dapat memberikan manfaat bagi tubuh, anda juga harus menjaga pola makan, dan rajin berolahraga.

Meredakan Perasan Gelisah

Perlu anda ketahui bahwa kandungan rebusan air jahe dan sereh tidak hanya memberikan manfaat untuk fisik saja, melainkan pada jiwa/mental. Kandungannya jahe dan sereh dipercaya bisa menenangkan suasana hati. Ketika anda merasa cemas atau gelisah bisa mengkonsumsi rebusan air jahe dan sereh, dan diimbangi dengan pola hidup sehat.

Mencegah Terjadinya Infeksi

Konsumsilah rebusan air jahe dan sereh sebelum tidur dan ketika bangun tidur. Pasalnya rebusan minuman ini bisa melindungi tubuh anda dari infeksi jamur mulut. Karena infeksi jamur seringkali menyerang orang dengan gangguan imun, seperti HIV. Sayangilah tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih, dan rajin berolahraga.

Menurunkan Kolestrol

Apabila saat ini anda sedang melakukan program penurunan berat badan, anda bisa memilih mengkonsumsi rebusan air jahe dan sereh. Sekali lagi, ketika anda mengkonsumsinya jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan, olahraga dan tidur secara teratur. Hal tersebut dilakukan agar kandungan pada jahe dan serai dapat bekerja secara maksimal.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Siapa sih yang mau merasakan nyeri saat menstruasi, menggangu aktivitas, dan kurang nyaman untuk melakukan apapun. Selain itu juga bisa meredakan perut kembung, hot flashes, dan kram. Kandungan antiinflamasi inilah yang mampu meredakan gejala di atas.

Menyehatakan Gigi dan Mengurangi Bau Mulut

Cara agar gigi sehat dan mengurangi bau mulut dapat dilakukan dengan mengunyah batang sereh. Dibarengi dengan mengkonsumsi rebusan air jahe. Kebiasaan tersebut sudah terbukti secara klinis, dan sudah ada pasta gigi yang mengandung sereh.

Memperlar Buang Air Kecil

Metode diureti alami dilakukan dengan mengkonsumsi rebusan air jahe dan sereh secara rutin dan membuat kita lebih sering buang air kecil. Serta racun dapat dikeluarkan melalui urine. Obat diuretik seringkali diresepkan bagi pasien penderita gagal hati, gagal jantung, dan edema. Itulah pembahasan mengenai khasiat rebusan air jahe dan sereh, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER