sumber : zetizen.com

Rapper Indonesia dengan pemilik nama lengkap Samuel Alexander Pieter atau dikenal dengan nama panggung Young Lex tengah hangat dibicarakan di social media, dan menjadi trending No. 1 di twitter dengan hashtag #YounglexApologizetoLayZhang. Permasalahan ini dipicu oleh adanya kemiripan MV lagu terbarunya berjudul Raja Terakhir (The Last King) dengan MV milik Lay Zhang berjudul “Lit” yang dirilis pada pertengahan 2020 kemarin.  Para Exo-L (sebutan untuk fans/fandom EXO) kemiripan ini meliputi berbagai unsur dalam MV tersebut, mulai dari lagu, gaya, koreografi hingga visualnya.

Young Lex Hanya Talent

Younglex mengunggah klarifikasi resmi di akun Instagram pribadinya. Melalui unggahannya Young Lex memberikan pernyataan terkait dugaan plagiarism yang menimpanya. Ia menjelaskan bahwa semua proses produksi MV tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari agensi. Yang mana, Young Lex hanya berperan sebagai pencipta lagu sekaligus talent.

Pria berusia 28 tahun yang kini sedang asyik menikmati perannya sebagai ayah ini juga melakukan klarifikasi melalui chanel Youtubenya yang diunggah tepat pukul 18.00 WIB tadi. Senada dengan unggahan di Instagramnya, melalui video Youtube dengan judul “Baca, Dengar dan Pahami!” yang berdurasi 5 menit 21 detik ini, Young Lex kembali menjelaskan perannya sebagai talent yang tidak terlibat sama sekali dengan proses pembuatan MV-nya. Sekali lagi, Young Lex menjelaskan. Bahwa lagunya bukan plagiat, dan MV yang dibuat bukanlah tanggungjawabnya melainkan tanggung jawab agency yang bersangkutan. Dan video klarifikasi ini ditutup dengan permintaan Young Lex yang tidak akan meminta maaf.

Klarifikasi dan permintaan maaf juga dilakukan oleh pihak game melalui akun resmi instagram @Theekingdomsherolegendaris. Pihak games sendiri diketahui seudah menghubungi beberapa pihak yang bersangkutan dan memutuskan untuk menghapus semua MV yang ada di social media.

Exo-L Masih Geram

Namun rupanya, permintaan dari Rapper yang melejit karena berbagai sensasi yang ia buat tidak disambut baik oleh warga net. Hingga pukul 20.20 ini hashtag #YounglexApologizetoLayZhang masih hangat diperbincangkan warga twitter. Apalagi setelah video klarifikasinya dinilai tidak menunjukan itikad baik untuk mengakui kesalahannya dan meminta maaf baik kepada Lay Zhang.

Perang komentar pun terjadi diantara Young Lex dan warga net. Saking keselnya nih, Young Lex sampe bikin unggahan yang menyorot salah seorang K-Pop fans yang menurut Young Lex sudah sedikit keterlaluan dalam memberikan komentar.  “Fans K-Pop otak micin akan bilang ini plagiat” dengan komentar yang di pin dalam video klarifikasi dichannel Youtubenya.

Selesaikan Secara Hukum

Beberapa komentar di kolom twitter juga masih geram dan berharap kasus ini diselesaikan secara hukum, mengingat kasus kemiripan MV bukan terjadi sekali. Masih ingat dong, kasusnya Via Vallen yang meniru MV dari IU yang berjudul “Above The Time”. Waktu itu, Via Vallen langsung meminta maaf dan menarik MVnya.

Kekesalan ini salah satunya diungkapkan oleh pemilik akun @anaknyaexo_ “berharap @lay_studio proses kasus ini sampai akar. Karena bisa kita liat sendiri, YL toxic banget. Bahkan ketika dia bikin kesalahan, maling karya orang, dia masih bisa hina orang lain. Teguran netizen kayanya udah gak ngaruh, harus nuggu tuntutan?”.

Hal serupa juga disampaikan oleh pemilik akun @anif_husniya18 yang menyerukan para EXO-L untuk mengirimkan email kepada pihak Lay Studio agar kasus ini segera ditangani secara hukum lengkap dengan tutorialnya. “Warning! Jangan lupa bikin email sebanyak-banyaknya buat ngirim ke LAY STUDIO! PLEASE BIAR LAY AMBIL TIDAKAN HUKUM SEGERA BIKIN EMAIL GUYSSS! CARANYA DIBAWAH INI”.

Klarifikasi Production House

Akhirnya pihak Production House yang terkait juga segera mengambil langkah cepat dengan memberikan klarifikasi dan permintaan maafnya. Melalui Raka Aditya Nugraha sebagai Eksekutif Produser yang bertanggungjawab dalam pembuatan MV “Raja Terakhir” milik Young Lex  memohon maaf kepada semua pihak dan mengakui bahwa pembuatan MV tersebut memang terinspirasi dari MV “Lit” milik Lay.

Belum ada tanggapan dari Pihak Lay Studio terkait dengan kasus ini, namun kita berharap semoga kasus serupa tidak terjadi dan anak bangsa dapat terus meningkatkan kualitas karya yang mereka buat. Selamat malam!