Warna Kulit Orang Indonesia dan Warna Baju yang Cocok

0
89
warna kulit orang Indonesia
ilustrasi warna kulit orang Indonesia (foto: viva)

Ekspose.ID – Warna kulit orang Indonesia tentunya bermacam-macam karena adanya keanekaragaman suku, ras, budaya dan adat istiadat. Perbedaan inilah yang menyebabkan masyarakat Indonesia memiliki warna kulit yang beraneka ragam. Seperti halnya orang yang berada di pulau Jawa, umumnya mereka memiliki warna kulit sawo matang. Sedangkan orang Sumatera dan juga Kalimantan biasanya memiliki warna kulit yang putih. Adapun orang yang berada di wilayah timur Indonesia sebagian berkulit gelap namun tetap mempesona.

Namun, secara keseluruhan setiap wanita memiliki kulit yang berbeda-beda. Penyebabnya bisa karena pigmen, faktor keturunan, kondisi geografis dan faktor lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini ada beberapa jenis warna kulit wanita Indonesia yang terangkum dari berbagai sumber.

Inilah Macam-macam Warna Kulit Orang Indonesia

Warna Kulit Kuning Langsat

Jenis warna kulit yang pertama akan kita bahas adalah berwarna kuning langsat. Pada jenis ini warna kulit memiliki karakter hangat yang cenderung ada warna putih dan sedikit berwarna gelap.

Dari pigmen kuning yang terlihat, orang Indonesia akan tampak lebih cerah dan  tidak pucat. Oleh karena itu, tidak heran, jika jenis warna kulit ini masuk dalam kategori daftar penjualan kosmetik negeri ini.

Mungkin sebagian orang ada yang menganggap bahwa warna kulit jenis kuning langsat merupakan warna yang tanggung dan sulit untuk memodifikasikan warna. Padahal warna kuning langsat sangat bersifat fleksibel dan dapat beradaptasi dengan berbagai variasi warna lainnya.

Warna Kulit Hitam

Orang dengan kulit berwarna hitam atau gelap kebanyakan berasal dari daerah Papua, bagian paling timur Indonesia. Namun, Sebagian orang masih menyangsikan keelokan orang berkulit hitam. Padahal warna kulit hitam memiliki pesona tersendiri.

Bahkan ada beberapa orang yang melakukan perawatan dan berusaha  melakukan berbagai langkah untuk memutihkan kulit dan menghindari warna kulit hitam.

Baca:  Harga HP Oppo A15s dan Spesifikasi Lengkap di Indonesia

Jika Anda memahami proses terjadinya regenerasi sel kulit, tentu Anda akan lebih bersyukur saat memiliki jenis warna kulit seperti ini.

Kulit Sawo Matang

Orang yang memiliki warna kulit sawo matang banyak mendominasi kawasan benua Asia yang tinggal pada daerah tropis, termasuk Indonesia. Warna kulit ini juga merupakan populasi terbesar masyarakat yang ada di wilayah Indonesia.

Warna kulit ini sudah menjadi ciri khas ras Mongoloid-Melayu yang banyak tersebar se Indonesia. Mereka banyak yang tinggal pada wilayah bagian barat dan tengah, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Bali. Bahkan sampai ke daerah Maluku dan Papua.

Kulit Putih Gading

Orang Asia dari negara Jepang dan China biasanya memiliki warna kulit putih gading. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika orang Indonesia memiliki jenis warna kulit seperti ini. Hal ini bisa saja terjadi karena faktor keturunan seperti adanya perkawinan campuran ataupun sebab lainnya. Warna kulit ini memang terlihat sangat indah dan menawan karena memiliki kesan kulit tampak lebih cerah.

Kulit Putih Porcelain

Jenis warna kulit berikutnya adalah kulit berwarna putih porcelain. Warna kulit ini biasanya banyak mendominasi perempuan-perempuan negara Korea. Salah satu yang biasanya menjadi unggulan dari jenis warna kulit ini adalah karena adanya cahaya yang dapat memantul pada kulit.  Hal ini yang dapat membuat efek kulit menjadi glowing atau bersinar cerah dan alami.

Orang yang memiliki kulit seperti ini akan merasa menjadi terlihat lebih muda. Penyebabnya karena cahaya yang terpantul dapat mempertegas bentuk-bentuk tulang, seperti pada tulang hidung dan tulang pipi.

Baca:  Logo HUT RI Ke-75, Makna dan Cara Mengunduhnya!

Rekomendasi Warna Busana Sesuai Jenis Kulit

Untuk menentukan pilihan warna yang sesuai untuk jenis warna kulit Anda, pada dasarnya susah-susah gampang. Karena warna pakaian yang akan Anda gunakan tentu sangat berpengaruh pada penampilan. Warna kulit seringkali menjadi penentu bagi seseorang khususnya para wanita untuk berpenampilan, terutama dalam memilih pakaian yang pantas.

Kemungkinan bagi orang-orang yang memiliki warna kulit putih tidak akan mengalami masalah dengan pemilihan warna apapun. Sebab menggunakan warna apa saja  akan terlihat pantas dan cocok. Akan tetapi, bagaimana dengan orang yang memiliki jenis warna kulit sawo matang dan gelap?

Biasanya orang yang memiliki jenis warna kulit tersebut, akan merasa kurang percaya diri bila memakai beberapa jenis warna terlalu mencolok. Namun Anda tidak perlu risau dan khawatir. Berikut ini ada beberapa rekomendasi warna yang cocok untuk jenis kulit Anda:

Putih Merona

Bagi Anda yang mempunyai jenis kulit ini, Anda dapat lebih bebas dalam memilih warna pakaian. Apalagi jika Anda ingin mengenakan warna yang gelap, tentu akan membuat Anda terlihat lebih elegan dan menarik. Selain warna-warna gelap, Anda juga dapat memilih warna pakaian yang cerah. Ini akan dapat membuat warna kulit Anda tampak lebih segar dan terlihat bersinar.

Kuning Langsat

Jenis warna kulit ini merupakan salah satu dari macam-macam warna kulit yang sangat pantas dengan warna nuansa tropis. Seperti pada warna biru muda, hijau, kuning dan merah. Warna tropis terbukti mampu membentuk warna kulit, mata dan rambut.

Penampilan Anda akan terlihat lebih menarik dan bercahaya. Agar kulit tidak terkesan kurang fresh atau terlihat kusam, Anda harus menghindari pemilihan warna emas, seperti coklat dan orange. Untuk pemilihan warna yang aman, Anda dapat menggunakan warna hitam atau navy yang sudah biasa orang pakai.

Baca:  Vitamin E untuk Wajah yang Perlu Anda Ketahui Manfaatnya

Sawo Matang

Pemilihan warna hitam atau gelap lainnya terbilang cukup aman dan cocok untuk yang berjenis kulit sawo matang. Akan tetapi, bila mengenakan warna tersebut secara terus menerus akan membuat penampilan terkesan monoton dan terihat kurang menarik. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat menggunakan warna-warna terang yang cocok untuk jenis kulit sawo matang. Beberapa warna terang dapat Anda pilih seperti pink, orange, hijau, kuning, mustard dan warna pastel. Warna-warna tersebut tentu akan membuat penampilan Anda terlihat lebih kalem namun tetap kelihatan menarik.

Kulit Gelap

Pada umumnya orang yang memiliki warna kulit gelap seringkali merasa minder dan kurang percaya diri. Terutama bila ingin menggunakan warna-warna yang cerah.  Namun, tidak ada salahnya jika Anda mau mencoba mengenakan warna-warna yang cerah. Karena saat ini penggunaan warna cerah sedang marak sekali dan menjadi trend. Pemilihan warna tersebut akan memberikan kesan elegan serta menonjolkan kulit. Anda dapat memakai warna putih agar terlihat lebih cerah dan penampilan menjadi lebih menarik dan tampil berbeda. Hindari warna yang terlalu gelap, karena akan menambah kesan menjadi lebih gelap.

Itulah beberapa macam jenis warna kulit dan rekomendasi warna pakaian yang sesuai untuk Anda kenakan. Apapun jenis warna kulit Anda, sebaiknya tetap mensyukurinya. Karena dengan pemilihan warna pakaian yang tepat dengan jenis kulit tersebut akan membantu Anda untuk lebih percaya diri. Penampilan yang tepat dan nyaman akan membuat diri Anda semakin percaya diri dan bahagia.