Warga Binaan Lapas Ciamis Dibebaskan, Ini Alasannya!

0
244
Warga Binaan Lapas Ciamis Dibebaskan, Ini Alasannya!

Ekspose.ID – Warga Binaan Lapas Ciamis dibebaskan. Sembilan belas orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas IIB Ciamis dibebaskan, Kamis (02/04/2020).

Sembilan belas orang warga binaan Lapas Ciamis tersebut dibebaskan melalui program asimilasi. Asimilasi sendiri berarti proses pembinaan terhadap warga binaan.

Program ini dilaksanakan dalam rangka untuk membaurkan para warga binaan dalam kehidupan masyarakat.

Selain itu, asimilasi warga binaan tersebut juga merupakan bagian dari upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas Ciamis.  

Kepala Lapas Kelas IIB Ciamis, Dadang Sudrajat, Drs.,M.Si, dilansir dari harapanrakyat.com, Jum`at (03/04/2020), membenarkan pembebasan sembilan belas orang warga binaan tersebut.

Dadang menjelaskan, program asimilasi tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) Nomor 10 Tahun 2020.

Menurut Permenkumham, kata Dadang, yaitu mengenai Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak, dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Dadang mengungkapkan, pada tahap asimilasi kali ini, pihaknya baru membebaskan sebanyak Sembilan belas orang warga binaan dari total Sembilan puluh satu orang yang diajukan.

“Kami mengusulkan sembilan puluh orang warga binaan, tapi baru Sembilan belas orang yang mendapatkan surat keputusannya. Mereka yang sudah bebas, terlihat bahagia,” katanya.

Namun demikian, Dadang menambahkan, setelah dibebaskan kesembilan belas orang warga binaan wajib melakukan isolasi mandiri di rumah.

Mereka, kata Dadang, tidak dianjurkan untuk meninggalkan rumah selama masa isolasi mandiri di rumah.  

Dadang menegaskan, pihaknya masih tetap akan mengawasi perilaku dan aktifitas para warga binaan yang sudah dibebaskan melalui program asimilasi.

Tapi jika masa pidana para warga binaan tersebut sudah habis, Dadang mengaku akan mengusulkan agar mereka mendapatkan surat keputusan pembebasan murni.

Dari pantauan Ekspose.ID, kesembilan belas warga binaan Lapas Ciamis yang mengikuti program asimilasi terlihat bahagia. Merekapun melaksanakan sujud syukur usai menerima surat keputusan.

Pegawai Lapas Ciamis Ditangkap Gegara Narkoba

Sebelumnya, Pegawai Lapas Ciamis Ditangkap Gegara Narkoba. Pegawai berinisial AA (53) ditangkap Satnarkoba Polres Ciamis lantaran diduga kuat terlibat dalam sindikat jaringan narkoba di lingkungan Lapas.  

Pegawai Lapas Ciamis tersebut dinilai sebagai selama ini menjadi otak dari aksi penyelundupan narkoba di lingkungan Lapas.

AA merupakan pegawai Lapas yang terbilang cukup senior. Ia bekerja di lingkungan pemasyarakatan sejak tahun 1990, dan diangkat menjadi ASN pada tahun 1992. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here