Vitamin E untuk Wajah yang Perlu Anda Ketahui Manfaatnya

0
169
vitamin E untuk wajah
ilustrasi vitamin E untuk wajah (foto: woman)

Ekspose.ID – Vitamin E untuk wajah fungsinya hampir sama dengan vitamin C yang memberikan manfaat untuk kecantikan. Vitamin E adalah antioksidan yang berperan sangat kuat dalam membersihkan radikal bebas. Biasanya penyebab utamanya yakni akibat adanya polusi serta paparan sinar matahari.

Paparan sinar UV A serta UV B dari matahari akan membuat kesehatan kulit menjadi rusak dan keriput. Untuk mencegahnya, Anda perlu memenuhi kebutuhan harian vitamin ini untuk wajah Anda. Anda dapat temukan vitamin E ini pada berbagai produk kecantikan dan suplemen makanan.

Bagi wanita yang ingin selalu menjaga kecantikan wajahnya, mungkin sudah sangat familiar dengan manfaat dari vitamin E. Selain mampu meremajakan sel kulit, vitamin ini bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena adanya kandungan antioksidan.

Beberapa Manfaat Vitamin E untuk Wajah

Pada umumnya, vitamin ini sering Anda temukan dalam bentuk minyak. Vitamin E memang paling baik untuk Anda gunakan dalam bentuk serum atau emulsi pada waktu siang hari. Sebab, kandungan vitamin E  ini terlalu oklusif jika Anda gunakan sebagai minyak pada saat malam hari.

Apabila Anda ingin menggunakannya sendiri, tokoferol biasanya akan lebih mudah teroksidasi. Sehingga vitamin E jenis ini sering tergabungkan bersamaan dengan antioksidan lainnya. Misalnya berkombinasi dengan vitamin C yang dapat membantu menstabilkannya. Dalam kombinasi tersebut, tentunya sangat bagus dalam penyembuhan luka pasca melakukan laser.

Meski demikian, para ahli telah riset dan menyepakati bahwa penggunaan vitamin E tidak boleh untuk sembarangan orang. Sebab, hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya peningkatan dari risiko perdarahan. Tak hanya itu saja,  penggunaan dari vitamin E ini juga akan membuat kulit wajah berjerawat. Terutama bagi kulit yang telah berjerawat, maka akan semakin rentan terhadap tumbuhnya jerawat lainnya.

Dengan adanya kombinasi antara vitamin C, E, dan asam ferulic akan sangat baik untuk kulit Anda. Khususnya bagi Anda yang memiliki kulit kering namun tidak rentan terhadap jerawat.

Inilah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dari khasiat vitamin E pada wajah.

Meningkatkan Perlindungan pada Kulit

Jenis vitamin ini secara umum banyak berwujud dalam bentuk minyak ataupun lotion. Penggunaan minyak atau lotion ini dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Hal itu karena vitamin E ini memiliki sifat anti-inflamasi.  Kulit bisa mengalami peradangan akibat efek dari paparan sinar matahari yang terlalu menyengat.

Vitamin E ini memiliki sifat dalam melindungi kulit Anda. Namun, alangkah lebih baik jika Anda tetap menghindari diri dari paparan sinar matahari secara langsung. Anda juga dapat mengonsumsi vitamin C dan E untuk meningkatkan perlindungan kulit Anda. Kulit yang ternutrisi oleh vitamin tersebut akan semakin sehat dan terlihat lebih cantik.

Menyamarkan Bekas Luka

Manfaat dari vitamin E untuk wajah selanjutnya yakni mampu menyamarkan noda bekas luka. Noda bekas luka memang akan sangat mengganggu penampilan Anda.

Agar Anda dapat menyamarkan bekas luka tersebut, maka Anda perlu menggunakan produk yang mengandung nutrisi berupa vitamin E. Ada berbagai jenis produk krim wajah yang kaya akan vitamin E. Anda dapat menemukannya secara bebas di apotek atau toko obat.

Memperpanjang Usia Sel

Sama seperti kendaraan yang mudah berkarat, tubuh tentunya akan mengalami penuaan dini akibat radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menghancurkan sel-sel yang terdapat dalam tubuh. Hal tersebut  dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang timbul antara lain jantung, ginjal, diabetes, hingga penyakit ganas seperti kanker.

Pada vitamin baik ini memiliki efek antioksidan yang sangat baik. Vitamin ini akan membantu dalam menjaga serta melindungi kerusakan sel-sel akibat terserang radikal bebas.

Selain itu, vitamin E juga mampu menghambat terjadinya proses penuaan sel tubuh Anda. Wajah Anda pun akan terlihat lebih awet muda meskipun usia terus bertambah tua.

Perlindungan Ekstra

Pada zaman seperti sekarang ini, adanya radikal bebas menjadi momok yang cukup menghantui kehidupan bagi masyarakat urban. Biasanya terjadi dari gaya hidup yang tidak sehat serta faktor lingkungan yang buruk akibat dari banyaknya polusi.  Hal itu tentu menjadi hal yang semakin memprihatinkan.

Adanya radikal bebas ini akan kian meningkat seiring dengan faktor keadaan lingkungan yang semakin memburuk . Contohnya faktor lingkungan buruk seperti orang merokok yang semakin banyak, limbah pabrik dan asap kendaraan. Selain itu, paparan sinar UV yang meningkat dari matahari juga mempengaruhi radikal bebas terus meningkat.

Mencegah Keriput pada Wajah

Manfaat  dari vitamin E untuk wajah berikutnya yaitu dapat mencegah timbulnya keriput pada wajah serta menunda penuaan dini. Keriput pada wajah tentu menjadi sesuatu hal yang banyak orang hindari karena akan mempengaruhi penampilan pada wajah. Dengan menggunakan produk yang mengandung vitamin E, maka akan membantu mencegah masalah tersebut. Sebab, vitamin E ini mengandung kaya akan antioksidan yang baik. Kandungan antioksidan ini akan berdampak baik untuk sirkulasi darah.

Berpotensi untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Tak sedikit orang sangat mempercayai bahwa kandungan vitamin E ini menjadi obat yang cocok untuk menghilangkan bekas luka jerawat. Namun, hal itu perlu adanya bukti dari efektivitas vitamin E sebagai obat penghilang bekas jerawat.

Maka dari itu, Anda tentu bisa mendapatkan perlindungan ekstra dari mengonsumsi makanan yang terdapat vitamin E. Dengan mengonsumsinya secara teratur akan membantu menyamarkan bekas jerawat pada wajah.

Bukan hanya itu saja, ternyata vitamin E dapat membantu Anda dalam memperbaiki sel yang rusak. Vitamin ini juga akan melindungi kesehatan Anda dalam kurun waktu jangka panjang dengan penggunaan secara teratur.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin E ini, Anda bisa memperolehnya melalui asupan makan sehari-hari Anda. Jika Anda menginginkan manfaat vitamin E untuk kecantikan wajah, maka Anda perlu mengonsumsinya. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini sangat baik untuk merawat kecantikan wajah secara alami.

Vitamin E umumnya berasal dari minyak gandum yaitu salah satu Sumber makanan yang sangat baik untuk tubuh. Bukan hanya minyak gandum saja, terdapat pula minyak dari biji matahari, kacang almond, safflower, dan hazelnut. Semua bahan makanan tersebut kaya akan kandungan vitamin E. Saat Anda mengonsumsi makanan yang terdapat vitamin ini, maka akan mudah larut ke dalam lemak.

Bahan makanan yang mengandung vitamin ini pastinya sangat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Dengan Anda mengonsumsi sumber makanan vitamin tersebut, maka Anda akan mendapatkan manfaat terbaiknya. Terutama bagi Anda yang melakukan perawatan pada wajah Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengonsumsi dengan dua pilihan. Pertama, Anda dapat langsung mengonsumsi dari sumber makanan tersebut. Kedua, jika makanan tersebut tidak mencukupi, Anda juga bisa mengonsumsi dari suplemen vitamin E.