UTBK-SBMPTN 2021, Inilah Cara Daftarnya!

0
138
Foto : kompas.com

Ekspose.ID – UTBK-SBMPTN 2021, Inilah Cara Daftarnya! Lembaga Uji Masuk Akademi Besar Negara( LTMPT) membuka registrasi Tes Tulis Berbasis Pc( UTBK) dan Pilih Bersama Masuk Akademi Besar Negara( SBMPTN) 2021 mulai hari ini, Senin( 15/ 3/ 2021) jam 15. 00 Wib. Penerapan UTBK sendiri hendak coba buka sebanyak 2 gelombang. Gelombang awal pada 12- 18 April 2021 serta gelombang 2 pada 26 April- 2 Mei 2021.

Untuk siswa lulusan tahun 2019, 2020, serta 2021 yang sudah melaksanakan pendaftaran akun LTMPT serta simpan permanen, bisa lekas daftarkan diri pada UTBK- SBMPTN 2021. Sedangkan, untuk siswa yang sudah mendaftar di SNMPTN 2021, dan masih bisa mendaftar UTBK- SBMPTN 2021 sehabis pengumuman SNMPTN 2021.

UTBK-SBMPTN 2021

Apabila partisipan SNMPTN 2021 melaksanakan registrasi pada saat sebelum pengumuman serta lolos SNMPTN. Sehingga keikutsertaan di SBMPTN tidak di proses serta bayaran pilih yang sudah dibayarkan tidak ditarik kembali. LTMPT mengimbau calon mahasiswa buat memakai fitur laptop ataupun pc guna menjauhi kesalahan dalam pengisian informasi di kala registrasi.

Berikut ini kutipan admin LTMPT yaitu Buat informasi catatan pusat UTBK, catatan PTN serta Poltek, dan agenda aktivitas sepenuhnya bisa di unduh pada halaman ltmpt. ac. id menu unduhan. Pakai fitur laptop ataupun pc guna menjauhi kesalahan dalam pengisian informasi di kala registrasi. Miliki data formal seputar SNMPTN& UTBK- SBMPTN cuma lewat media sosial [email protected] ataupun klik halaman ltmpt. ac. id. Senantiasa semangat serta selamat berjuang, Calon Mahasiswa Indonesia di UTBK-SBMPTN 2021

Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2021

1. Buka halaman Portal LTMPT di https:// portal. ltmpt. ac. id/

2. Login dengan akun LTMPT yang sudah dipunyai( e- mail serta password)

3. Klik menu” UTBK- SBMPTN”

4. Memenuhi Biodata

5. Memilih Program Studi

6. Mengunggah Portofolio

7. Memilih Pusat UTBK

8. Melihat No Pendaftaran

9. Konfirmasi Kartu Peserta

10. Download Kartu Peserta

Alur Pendaftaran UTBK 2021

Berikut ini metode catatan UTBK 2021 ataupun alur registrasi UTBK SBMPTN 2021 yang dikutip dari halaman LTMPT:

1. Buka halaman portal LTMPT di https:// portal. ltmpt. ac. id

2. Berikutnya login dengan akun LTMPT( e- mail serta password)

3. Klik menu” UTBK- SBMPTN”

4. Memenuhi Biodata

Untuk partisipan tunanetra, tahapannya:

Perlu sarana tunanetra

Download formulir statment tunanetra

Unggah fakta statment tunanetra

Konfirmasi Permanen Biodata

Bila partisipan buka tunanetra, hingga:

Langsung Konfirmasi Permanen Biodata

5. Memilih Program Riset Untuk pemegang no registrasi KIP Kuliah tidak bisa memilih Prodi dari PT Keagamaan( UIN). Bila senantiasa mau memilih, wajib membatalkan Kepesertaan KIP Kuliah di https:// kip- kuliah. kemdikbud. go. id/ Untuk partisipan bukan pemegang kepesertaan KIP Kuliah bisa langsung memilih program riset.

6. Mengunggah Portofolio Bila memilih prodi yang mengharuskan portofolio, hingga alurnya mengunggah portofolio serta bila buka partisipan SNMPTN maka langsung memilih Pusat UTBK.

7. Memilih Pusat UTBK Konfirmasi opsi prodi, pusat UTBK serta pembayaran bayaran UTBK/ pemegang KIP Kuliah. Antri buat mendapatkan no partisipan. Untuk pemegang no registrasi KIP Kuliah maka langsung melihat no registrasi serta langsung Konfirmasi Kartu Ciri Partisipan.

Untuk yang bukan pemegang no registrasi KIP Kuliah maka alurnya:

  • Mendapatkan Slip pembayaran bayaran UTBK
  • Melaksanakan pembayaran di Bank Mitra LTMPT
  • Memandang no pendaftaran
  • Konfirmasi Kartu Ciri Peserta

8. Download Kartu Peserta

Bayaran UTBK SBMPTN 2021

Syarat terhadap pembiayaan UTBK untuk partisipan selaku berikut:

1. Rp200. 000( 2 ratus ribu rupiah) buat kelompok tes Saintek ataupun Soshum.

2. Rp300. 000( 3 ratus ribu rupiah) buat kelompok tes Kombinasi.

3. Bayaran UTBK bisa dibayarkan lewat Bank Mandiri, BNI, BTN, ataupun BRI.

4. Bayaran yang telah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali dengan alibi apa juga.

5. Calon partisipan Kartu Indonesia Pintar Kuliah( KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut bayaran.

Persyaratan untuk partisipan UTBK- SBMPTN 2021

1. Mempunyai Akun LTMPT.

2. Masyarakat Negeri Indonesia( WNI) yang mempunyai No Induk Kependudukan( NIK).

utbk-sbmptn 2021
Foto : kumparan

3. Siswa SMA/ MA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ sederajat lulusan tahun 2021 wajib mempunyai Pesan Penjelasan Siswa SMA/ MA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) Kelas 12 pada tahun 2021 ataupun partisipan didik Paket C tahun 2021 dengan usia optimal 25 tahun( per 1 Juli 2021).

4. Siswa lulusan SMA/ MA/ Sekolah Menengah Kejuruan(SMK)/ sederajat tahun 2019 serta 2020 ataupun lulusan Paket C tahun 2019 serta 2020 wajib mempunyai ijazah dengan usia optimal 25 tahun( per 1 Juli 2021). Untuk lulusan SMA sederajat dari luar negara wajib mempunyai ijazah yang telah disetarakan. 5. Tidak lulus jalan SNMPTN pada tahun 2019, 2020, serta 2021.

6. Persyaratan Partisipan: partisipan yang hendak memilah prodi Saintek hingga menjajaki TPS serta TKA Saintek; partisipan yang hendak memilah prodi Soshum, hingga menjajaki TPS serta TKA Soshum; serta partisipan yang hendak memilah prodi Kombinasi( Saintek serta Soshum), hingga menjajaki TPS, TKA Saintek serta TKA Soshum. spesial Program Riset Medis serta Medis Gigi cuma bisa diseleksi oleh siswa lulusan SMA/ MA jurusan IPA saja.

7. Mempunyai kesehatan yang mencukupi sehingga tidak mengusik kelancaran proses riset. 8. Untuk partisipan yang memilah program riset bidang Seni serta Berolahraga harus mengunggah portofolio.

9. Membayar bayaran UTBK lewat bank Mandiri, BNI, BTN, serta BRI

Inilah seputar cara daftar UTBK-SBMPTN 2021 secara lengkap yang bisa Anda ketahui.