Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaUnagi, Bisnis Mengular Dari Ikan Keren Ini!

Unagi, Bisnis Mengular Dari Ikan Keren Ini!

Ekspose.ID – Budidaya ikan sidat atau yang Anda kenal dengan Unagi ini dapat jadi opsi bisnis yang menjanjikan di tengah keadaan perekonomian yang tengah melemah di kala ini. Ikan mirip ular asli Indonesia ini memiliki pasar yang luas di pasar ekspor dari mulai Jepang Sampai Eropa.

Apa itu ikan Unagi?

ikan ini mempunyai wujud yang sangat mirip dengan belut ataupun apalagi ular. Mempunyai wujud panjang mengilap dengan sirip di dekat kepala yang buatnya nampak semacam belut ataupun ular bertelinga.

Dari 18 spesies ikan ini di segala dunia, 8 antara lain terdapat di Indonesia. Banyak di antara lain terletak di perairan Sulawesi. Sebagian tipe di Perairan Pulau Jawa serta Nusa Tenggara.

Dari 8 spesies yang terdapat di Indonesia, terdapat 2 tipe ikan yang sangat populer merupakan tipe Bicolour serta Marmorata. Bicolour memiliki warna gelap polos dengan garis putih di bagian bawahnya yang memanjang dari kepala hingga ekor. Jika Marmorata memiliki warna abu- abu coklat dengan bintil- bintil hitam.

Ikan yang dalam bahasa Jepang Anda kenal selaku Unagi ini hidup di 2 area perairan.” Berkembang serta besar di air tawar, bertelur di air asin di laut. Makanya dalam hal ini banyak terdapat bibit ikan sidat atau unagi yang kerap terdapat di muara sungai dekat dengan laut.

Ikan unagi yang terlihat masih berupa bibit mempunyai tekstur bening semacam kaca, sehingga kerap diucap glass eel( belut kaca) ini mempunyai nilai gizi yang sangat besar.

Isi vit A pada ikan sidat menggapai 45 kali lipat dari isi vit A yang tercantum pada susu sapi. Vit yang lain semacam vit B1 yang terdapat dalam ikan ini setara dengan 25 kali lipat dari isi vit B1 pada susu sapi.

Kandungan gizi dalam ikan ini lebih unggul daripada ikan salmon yang kaya DHA (Decosahexaenoic acid) ialah isi gizi yang sangat Anda perlukan buat menolong tingkatkan kecerdasan anak.

Kesempatan yang Menggiurkan‎

Walaupun mempunyai isi gizi besar serta populasinya yang sangat banyak di Indonesia, sayangnya kemampuan ekonomi ikan ini belum termanfaatkan dengan baik oleh warga Indonesia.

Di Indonesia masih di olah simpel. Sebab kerap Anda temui dalam wujud bibit serta jumlahnya sangat banyak, oleh warga ikan ini cuma di olah peyek saja. Sementara itu, di pasaran, ikan unagi yang telah mempunyai umur serta dimensi layak mengkonsumsi dapat dengan harga yang sangat mahal.

Bayangkan saja, buat ikan yang terlihat masih berupa seperti bibit bisa kasih harga sekitar Rp 3,5 juta/ kg. Ikan ini bibitnya itu ukurannya cukup kecil. 1 kilogram dapat terdiri dari 5. 000- 6. 000 ekor ikan unagi.

Setelah itu ikan ini kalau Anda lihat dari dimensi yang lebih besar ialah 30- 50 ekor/ kilogram dapat dengan harga yang lebih murah ialah Rp 800.000. Serta kalau sudah di olah untuk santapan ialah 2- 3 ekor/ kilogram dapat dihargai Rp 180. 000/ kilogram.

Maksudnya, apabila daripada harga satuan per ekor, di kala ikan ini masih berupa bibit harga Rp 500- 700/ ekor. Sebaliknya di kala usia dewasa, biayanya dapat melejit jadi Rp 90. 000/ ekor ataupun berulang kali lipat daripada harga di kala masih jadi bibit. Dari bibit yang telah Anda beli dengan harga Rp 3,5 juta/ kg, ini bisa Anda peroleh hasil untuk penjualan sampai dengan Rp 540 juta.

Nilai Ekonomis yang Sangat Tinggi

Di pasar ekspor bisa Anda ketahui permintaan ikan ini terus bertambah untuk tiap tahunnya lantaran populasi akan ikan ini di negeri lainnya, semacam di Negara Jepang serta juga beberapa negeri Eropa yang terlihat makin menyusut.

Sementara itu, Negara Matahari Terbit ini telah semenjak lama mengembangbiakkan ikan tipe ini. Tetapi, dikala ini 75% dari bibit ikan yang telah dibudidayakan ini wajib untuk impor langsung dari negeri lain.

Sebab benih dari ikan unagi tersebut masih bisa mengandalkan akan ketersediaan di alam. Di Jepang jumlahnya terus menjadi menyusut jadi Jepang wajib impor. Tetapi di Indonesia jumlahnya masih sangat melimpah.

Unagi ini bukan cuma di jual mentah. Apabila Anda jual dalam wujud panganan jadi, biayanya apalagi dapat lebih mahal lagi. Tidak butuh pengolahan rumit lumayan terbuat abon ataupun di panggang. Jika orang Jepang itu kenalnya dengan Unagi Kabayaki. Itu merupakan ikan sidat yang di panggang serta diolesi kecap asin. Orang jepang sangat gemar serta biayanya sangat mahal.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER