Tips Perencanaan Keuangan untuk Keluarga Muda

0
138
Tips Merencanakan Keuangan untuk Keluarga Muda

Ekspose.ID – 5 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Para Keluarga Muda. Langkah pertama yang wajib di ambil oleh para pasangan yang baru menikah yaitu duduk bersama dan juga mendiskusikan perencanaan keuangan.

Mengapa hal itu bisa jadi yang sangat utama? Tidak bisa di pungkiri, keuangan merupakan hal yang krusial untuk masa depan dan juga bisa berdampak pada aspek kehidupan lainnya.

Oleh karena itu harus bisa di bicarakan sejak awal akan membangun sebuah keluarga.

Membuat perencanaan pada keuangan di saat lajang dan pada saat setelah menikah amatlah berbeda. Lalu, bagaimana caranya supaya tidak salah langkah?

Berikut merupakan beberapa tips membuat perencanaan untuk keuangan bagi keluarga muda yang bisa untuk Anda terapkan.

Tips Merencanakan Keuangan

Komunikasi dan Keterbukaan

Seharmonis dan serasi apapun sebuah pasangan, tapi pasti akan ada banyak sekali perbedaan. Termasuk juga konsep dan pola dalam hal mengelola keuangan.

Perbedaan tersebut tidak akan bisa menjadi masalah besar apabila sejak awal sudah ada sebuah pembicaraan dan juga kesepakatan satu sama lain.

Perencanaan Keuangan Keluarga

Itulah sangat pentingnya komunikasi dan juga keterbukaan ketika akan membuat perencanaan keuangan bersama.

Pada titik inilah Anda dan juga pasangan harus bisa mengambil keputusan bersama. Sebuah rencana mana yang paling cocok dengan berbagai kondisi keuangan bersama pada saat ini.

Membuat Tabungan Bersama

Tips perencanaan keuangan selanjutnya yaitu buat satu arus pengeluaran dengan berbagai cara membuka tabungan bersama. Michael Fitzgerald, seorang Public Accountant yang bersertifikat di Houston, Texas.

Dia telah menyarankan bagi para pasangan yang baru menikah untuk bisa membuka tabungan bersama. Sampai pemasukan dan juga pengeluaran bisa terkontrol dengan mudah.

Memang, penghasilan di awal pernikahan itu pasti sangat sulit sekali untuk bisa di sisihkan sebagai tabungan.

Hal ini karena akan ada banyak sekali kebutuhan yang harus untuk dibeli. Namun, sekecil apapun penghasilan Anda dan juga pasangan, selalu usahakan untuk bisa menyisihkannya sebagai tabungan.

Keuangan Keluarga Muda

Mencatat Pengeluaran Bulanan

Ini merupakan satu hal yang sering sekali terlewatkan dan di anggap sepele pada saat melakukan perencanaan pada keuangan.

Mencatat pengeluaran per bulan itu pasti akan sangat membantu untuk bisa menghitung pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu di butuhkan dan bisa di potong di bulan depannya.

Intinya, untuk catatan ini berguna supaya keuangan lebih terpantau.

Setelah Anda membuat catatan dan juga mengevaluasinya, maka akan lebih baik lagi apabila Anda dan juga pasangan menetapkan pengeluaran maksimal untuk per bulan.

Jadi, akan ada semacam pembatas berapa maksimal dana yang akan Anda gunakan untuk belanja setiap bulan. Hal ini untuk menghindari pengeluaran yang seharusnya tidak terjadi.

Menentukan Peran Gaji

Tips perencanaan keuangan yang satu ini akan sangat berguna bagi para pasangan yang sama-sama bekerja.

Demi pengelolaan keuangan yang berjalan lancar, maka sebaiknya ada kesepakatan bersama mengenai gaji siapa yang akan digunakan untuk pengeluaran apa.

Sebagai sebuah perumpamaan jika gaji Anda lebih besar, maka bisa Anda gunakan untuk hal membayar cicilan rumah, kendaraan, dan juga tagihan listrik.

Sementara itu, untuk gaji pasangan bisa Anda manfaatkan untuk biaya keperluan ringan seperti halnya membeli keperluan rumah, biaya makan, dan lain sebagainya.

Menyisihkan Dana untuk Investasi

Menyisihkan Dana untuk Investasi

Pada dasarnya untuk melakukan pengelolaan keuangan tidak hanya sekedar untuk mengelola keluar masuknya uang.

Namun juga harus ada rencana untuk finansial jangka panjang. Salah satunya yaitu dengan mempertimbangkan berbagai investasi bersama pasangan.

Pada saat ini, ada berbagai jenis investasi yang bisa jadi satu pilihan. Namun memang, investasi seperti ini perlu untuk disesuaikan dengan kondisi finansial.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam hal membuat perencanaan keuangan. Bagi Anda yang sedang membangun keluarga muda, maka rencanakanlah sedini mungkin supaya hidup lebih terarah dan juga berkualitas. Selamat mencoba! (CW002)

Editor : Deni Supendi