Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaTips Kesehatan Kulit Agar Selalu Awet Muda

Tips Kesehatan Kulit Agar Selalu Awet Muda

Tips Kesehatan Kulit Agar Selalu Awet Muda – Kesehatan tubuh sangat mempengaruhi pada kebugaran. Tubuh yang sehat akan terlihat lebih segar dan awet muda. Kebersihan tubuh salah satu penyebab utama yang mempengaruhi kesehatan kulit.

Mandi pagi dan sore hari saja tak cukup untuk menjaga kesebersihan di tubuh Anda. Karenanya, Anda perlu merawat daj menjaga agar badan tetap bersih, cantik, dan sehat. Sebab, tampil segar, cantik, dan awet muda merupakan dambaan setiap orang, khususnya wanita.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan cantik, Anda perlu mengetahui beberapa tips kesehatan kulit. Hal tersebut jika dilakukan secara rutin, bisa membuat Anda tampak awet muda. Kebersihan badan merupakan faktor utama Anda tetap sehat dan cantik.

Umumnya, orang-orang membersihkan diri dengan mandi di pagi dan sore hari. Mandi dengan sabun bisa membantu melembutkan kulit dan membersihkan  kotoran yang melekat di tubuh. Selain menyegarkan, mandi secara rutin bisa membersihkan kotoran dan debu yang menempel di kulit setelah beraktifitas seharian.

Kulit merupakan bagian terluar yang menjadi pertahan pertama tubuh Anda dari paparan sinar ultraviolet secara langsung. Anda pasti tahu bahwa tak semua sinar matahari baik untul tubuh, terutama bagi kulit. Sinar ultraviolet merupakan sinar matahari yang perlu Anda hindari kontak langsung dengan kulit. Anda bisa menggunakan pelindung tubuh maupun dengan mengolesi krim yang berfungsi melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Faktor rusaknya kulit sebenarnya tak hanya dari sinar matahari langsung. Namun, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kulit Anda menjadi tidak sehat atau rusak. Sehingga membuat kulit Anda tampak seperti mengalami penuaan dini. Faktor lain penyebab rusaknya kulit di antaranya yaitu banyak minum alkohol, merokok, stres, diet ketat, dan sebagainya.

Agar kulit Anda tetap sehat dan tampak cantik, Anda perlu melakukan beberapa tips kesehatan kulit di bawah ini.

Jangan Merokok

Mungkin Anda berpikir bahwa sangat jarang ditemukan wanita yang merokok. Namun, faktanya masih ada saja hingga saat ini wanita yang merokok.  Padahal, selain menyebabkan timbulnya beberapa penyakit seperti yang telah dituliskan di bungkus rokok, merokok dapat membuat elastisitas di kulit wajah Anda berkurang. Selain itu, sirkulasi darah di kulit wajah jadi terganggu, dan menghambat pertumbuhan kolagen.

Ketika Anda menghisap rokok, kegiatan tersebut menyebabkan percepatan keriput di kulit wajah bagian pipi. Merokok juga dapat menurunkan kecerahan kulit wajah.

Konsumsi Makanan Sehat

Tak hanya memperhatikan kualitas alat make-up yang Anda gunakan, tetapi Anda juga harus memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Sayur dan buah merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit Anda. Kedua jenis makanan tersebut mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, juga dapat mencerahkan kulit Anda, sehingga tampak tetap muda dan segar.

Hindari Diet Ketat

Tips kesehatan kulit yang berikutnya adalah dengan menghindari diet ketat. Berat badan berlebih merupakan momok menakutkan bagi kaum wanita. Sebagian wanita bahkan menurunkan berat badan dengan melakukan diet yang sangat ketat. Padahal, diet ketat yang dilalukan justru dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengurangi berat badan, kurangilah asupan makanan Anda secara bertahap dan lakukan olahraga secara rutin. Diet sebenarnya bermanfaat untuk menjaga kulit dari penuaan dini. Namun, Anda harus memperhatikan bagaimana diet yang baik.

tips merawat kulit
Foto : glitzmedia.co

Menjaga Kelembaban Kulit

Mandi adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh. Namun, mandi dengan durasi yang cukup lama justru akan merusak kelembaban alami kulit Anda. Maksimal waktu yang baik untuk mandi adalah sepuluh menit. Gunakanlah sabun yang mengandung PH balanced agar setelah mandi kulit tidak kering.

Gunakan juga pelembab ke seluruh tubuh sebelum Anda beraktifitas di luar ruangan. Ketika mencuci piring, pakailah sarung tangan agar terhindar dari iritasi akibat ph yang tinggi pada sabun cuci.

Melindungi Kulit Dari Pancaran Sinar Matahari

Tips untuk menjaga kesehatan kulit lainnya yaitu dengan Anda melindunginya dari berbagai paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari yang ini paling kuat ketika berada pukul 10.00 sampai 16.00. Untuk jangka panjang, ketika Anda berada langsung di bawah sinar matahari di rentang waktu tersebut bisa memperoleh berbagai macam masalah kulit.

Demikianlah artikel singkat mengenai tips kesehatan kulit yang bisa Anda lakukan setiap hari. Sehingga kulit Anda tetap sehat, tampak cantik, dan tentunya terlihat lebih awet muda.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER