Tempat Wisata di Tasikmalaya Jabar Sangat Komplet

0
109
Tempat Wisata di Tasikmalaya Jabar
Foto : JavaTravel.net

Ekspose.ID – Indonesia dianugerahi keindahan alam yang luar biasa, tersebar di berbagai tempat. Hampir setiap daerah memiliki ciri khas dan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Misalnya Tempat Wisata di Tasikmalaya yang memiliki wisata alam Pantai, Kolam Renang, Gunung hingga Wisata Kuliner.

Tasikmalaya terbagi ke dalam dua wilayah yakni Kota dan Kabupaten. Keduanya memiliki tempat wisata yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Tidak hanya terkenal oleh Home Industry-nya, kini Tasikmalaya memiliki tempat wisata yang menyenangkan.

Tasikmalaya berada di Selatan Provinsi Jawa Barat, jarak tempuh dari Bandung ke Tasikmalaya sekitar 4-5 jam waktu normal. Jika terjadi kemacetan bisa saja lebih lama, tak jarang Tasikmalaya sering dijadikan destinasi wisata yang mempesona.

Tempat Wisata di Tasikmalaya juga tidak sebatas pada keindahan alamnya, Anda patut mencoba wisata kulinernya. Mulai dari Bubur Ayam, Mie Bakso, Seblak, Aneka Minuman Segar hingga Berbagai Masakan Nasi.

Tempat Wisata di Tasikmalaya (Wilayah Kota)

Taman Wisata Karang Resik

Letaknya berada di Jalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Sebenarnya Karang Resik ini merupakan ruang publik yang dikemas sedemikian rupa untuk menarik wisatawan lokal.

Luasnya mencapai 32 hektar yang dilengkapi oleh Taman-taman yang indah. Konsepnya wisata alami, edukasi hingga atraksi yang berpadu dengan konsep agrowisata. Di dalamnya terdapat Rumah Hobbit dan The Lodge Maribaya yang cukup mengasyikkan.

Di bagian belakang terdapat spot selfie dengan background terowongan kayu. Ada pula background Sungai Citanduy yang cukup berbeda.

Situ Gede

Situ merupakan bahasa Sunda yang berarti juga sebagai Danau. Meskipun begitu namanya cukup unik, Anda tidak bisa menyebutnya sebagai Danau Gede atau Situ Besar. Namanya tetap Situ Gede terlepas apakah Anda orang luar Sunda atau darimana saja.

Orang Tasik sudah pasti mengenal Situ Gede sebagai tempat wisata di Tasikmalaya karena cukup iconic. Untuk mencapai Situ Gede sangat mudah diakses dari mana-mana, dari Pusat Kota bisa diakses dengan jarak tempuh 15-20 menit.

Letaknya di Nagrog, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Disana terdapat beberapa spot alam yang masih terjaga keasliannya. Terdapat Pulau di tengah-tengah Situ Gede, konon katanya itu merupakan makam Eyang Prabudilaya.

Kurang lengkap rasanya jika And ke Situ Gede tidak menikmati sensasi naik perahu atau “rarakitan”. Saat Anda lapar, Anda bisa menikmati ikan bakar khas Situ Gede dengan Air Kelapa Muda. Sungguh sensasi yang mantap dilengkapi dengan angin sepoi-sepoi ketika menikmatinya.

Teejay Waterpark

Teejay bisa juga menjadi tempat wisata di Tasikmalaya yang rekomended untuk berlibur bersama keluarga. Teejay berupa kolam renang dengan wahana permainan air yang seru dan bisa memanjakan liburan Anda.

Untuk berkunjung ke Teejay Waterpark, Anda bisa masuk ke kawasan Asia Plaza, Cihideung, Kota Tasikmalaya. Dari pintu masuk, Anda akan akan di arahkan ke area parkir belakang. Nah Teejay ini letaknya di belakang Parkiran Asia Plaza.

Harga tiket masuk Teejay cukup terjangkau untuk semua kalangan. Mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000, harga bisa berubah sewaktu-waktu. Wisata yang satu ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai dari 09.00 hingga 18.00 WIB.

Wisata Kuliner

Anda suka makan mie bakso? Ada bakso yang sudah terkenal enak di Tasikmalaya. Anda juga mungkin patut mencobanya yakni Bakso Firman dan Bakso Laksana. Keduanya sudah melegenda di Tasikmalaya, termasuk dalam daftar favorit Bakso yang harus dicoba.

Bakso Firman letaknya di Simpang Lima arah Jalan Dr. Soekardjo, tak jauh dari Simpang Lima Anda bisa melihat Mie Bakso Firman ini. Sedangkan untuk Bakso Laksana letaknya di Jalan Pemuda, tepat di Perempatan Taman Kota – Mesjid Agung Kota Tasikmalaya.

Selain Bakso, Anda juga bisa dengan mudah menemukan Nasi T.O (Tutug Oncom). Ini merupakan ciri khas makanan asal Tasikmalaya. Nasi T.O yang terkenal di Kota Tasikmalaya adalah T.O Benhil yang letaknya di Dadaha, Arah Kampus UPI.

Tempat Wisata di Tasikmalaya (Wilayah Kabupaten)

Beralih ke Wilayah Kabupaten, Anda akan menemukan beragam Tempat Wisata di Tasikmalaya yang menawarkan keindahan alamnya.

Gunung Galunggung

Ini merupakan salah satu ikon yang dimiliki Tasikmalaya juga, Gunung Berapi ini sudah sejak lama dijadikan destinasi wisata. Letaknya di Linggawangi, Leuwisari Tasikmalaya.

Tak lengkap rasanya jika Anda ke Gunung Galunggung hanya sekedar berendam di Kolam Air Panas. Coba juga untuk menikmati pesona Kawah Galunggung dimana Anda harus melewati anak tangga yang berjumlah ratusan itu. Siap untuk mendaki?

Hawa sejuk nan tenang akan menjadi sensasi yang jarang Anda dapatkan. Apalagi jika mencoba untuk berkemah di Gunung Galunggung, Anda akan menikmati pemandangan Kota Tasik di malam hari penuh dengan lampu-lampu.

Kini Galunggung terus dibenahi dengan berbagai fasilitasnya, spot foto-foto semakin menarik. Apalagi spot yang instagramable di Rooftop Galunggung yang membuat Anda terlihat eksis.

Curug Agung Galunggung

Masih berada di Kawasan Galunggung, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan curug. Di malam hari, curug ini dilengkapi dengan warna-warna lampu yang menakjubkan sehingga menghasilkan cahaya. Tinggi curug yakni 80 meter, air mengalir deras dari hulu Gunung Galunggung.

Pantai Sindangkerta Cipatujah

Keunikan dari Pantai Sindangkerta sebagai salah satu Tempat Wisata di Tasikmalaya ini adalah hamparan batu karangnya. Anda bisa berjalan-jalan santai di atas karang ketika laut sedang surut.

Bahkan bisa menemukan sejumlah siput laut, orang Sunda menyebutnya dengan kata Umang. Nah di Pantai Sindangkerta ini bisa menemukan banyak umang di batu karang tersebut.

Bisa juga berenang di Taman  Laut Lengsar, Anda bisa bermain air dengan biota laut yang beragam. Untuk tiket masuknya sangat terjangkau sekitar Rp. 15.000 – Rp. 25.000, harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Kampung Naga

Selain di Banten, di Tasikmalaya juga ada masyarakat Baduy yang tinggal di Kampung Naga. Letaknya berada di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya.

Anda bisa menikmati suasana pedesaan dari salah satu Tempat Wisata di Tasikmalaya yang sangat cocok dan masih terjaga kealamiannya. Kampung ini sangat unik karena masyarakatnya masih menjaga tradisi dan adat leluhur Baduy.

Kampung Naga sangat subur dengan banyaknya kebun dan sawah-sawah yang ditanami padi. Rumah warga bercampur baur dengan linkungan alam yang sehingga menambah suasana lebih asri.

Curug Dengdeng

Satu lagi Curug yang ada di Tasikmalaya wajib Anda kunjungi karena cukup menarik dan benar-benar indah. Curug Dengdeng memiliki tiga tingkatan dimana ketinggiannya cukup bervariasi.

Aliran airnya cukup deras, mulai dari hulu sungai yang ada di Gunung Raja. Anda bisa bermain air di aliran curug dengdeng, berfoto ria juga masih memungkinkan. Lokasi Curugnya berada di Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya.

Itulah berbagai daftar Tempat Wisata di Tasikmalaya yang bisa Anda kunjungi ketika berlibur kesana. Pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan ketika Anda berlibur di masa pandemi seperti sekarang. Selamat Liburan.

Editor : Elva Permatasari