Teknologi Masa Depan Bidang Pendidikan dan Bisnis

0
191
teknologi masa depan
pixabay

Amazing dan Spektakuler! Kemajuan Teknologi Masa Depan Bidang Pendidikan dan Bisnis. Teknologi berkembang dengan sangat pesat di era modern ini. Saat ini telah hadir inovasi yang semakin canggih dan memudahkan kehidupan dan pekerjaan manusia. Namun ada juga perkembangan dengan tujuan memudahkan tetapi ternyata dapat menyingkirkan peran dari manusia itu sendiri.

Jika Anda mengikuti perkembangan teknologi, Anda akan dapat melihat bahwa hal ini berkembang dengan sangat pesat. Tanpa sadar, hal yang beberapa tahun lalu tidak mungkin bisa ada, kini nyatanya bisa dan terjadi. Semua itu tak lepas dari kemajuannya.

Di era 2020, tentu teknologi yang akan hadir lebih banyak dan canggih lagi dari sebelumnya. Para ilmuwan dan orang-orang yang terlibat dalam dunia ini tentunya akan terus berinovasi dan mengembangkan serta menciptakan teknologi baru. Dengan begitu, segala permasalahan yang ada oleh orang-orang di berbagai belahan dunia bisa teratasi dengan mudah.

Di era yang semakin canggih, segala bentuk kemudahan bisa Anda peroleh. Maraknya sistem online sangat memudahkan pekerjaan atau aktivitas Anda. Waktu Anda menjadi lebih efisien jika mampu menggunakan teknologi semaksimal mungkin.Pesatnya perkembangan memberi dampak terhadap dunia pendidikan di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Ada banyak hal baru yang bermunculan yang bisa memudahkan guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Namun, tak semua orang siap dan bisa mengikuti perkembangan zaman. Bahkan, ada beberapa orang yang anti dan sama sekali tidak mau mengikuti perubahan. Mereka lebih memilih cara-cara lama dalam mengembangkan bisnis yang akhirnya membuat bisnis mereka tenggelam oleh zaman.

Berikut teknologi masa depan canggih yang akan hadir dalam waktu dekat yang bermanfaat bagi dunia pendidikan.

Media Penyimpanan Materi Berbasis Cloud

Rawannya data atau materi yang hilang akibat beberapa faktor seperti smartphone rusak, salah tekan, dan lainnya membuat hal ini sangatperlu ada. Penggunaan teknologi canggih ini tak hanya untuk perusahaan saja, tetapi beberapa sekolah juga telah mengintegrasikan penyimpanan data baik materi belajar maupun tugas sekolah menggunakan sistem penyimpanan ini.

Selain menjaga agar data tetap aman, tidak hilang ketika smartphone atau perangkat rusak, sistem cloud ini juga membuat para pengguna bisa mengakses data kapan saja.

Penggunaan VR untuk Pembelajaran

Saat ini, penggunaan VR masih lebih banyak digunakan untuk bermain game. Padahal, salah satu kecanggihan ini bisa dimanfaatkan untuk dunia pendidikan di sekolah. Hadirnya VR bisa menambah koleksi teknologi canggih yang ada di berbagai sekolah di dunia.

Dengan teknologi masa depan yang canggih ini, guru bisa ‘membawa’ para muridnya melihat objek yang sedang dipelajari. Misalnya pada pelajaran sejarah, para murid bisa merasakan ‘masuk’ ke zaman dahulu sehingga bisa lebih memahami materi dengan baik.

Teknologi masa depan ini sangat baik bagi kemajuan dunia pendidikan di sekolah. Selain bisa meningkatkan kualitas belajar, proses belajarnya mengajar juga jadi lebih menyenangkan.

Teknologi Masa Depan : Guru Robot

Dalam dunia pendidikan, pasti selalu ada saat di mana salah seorang atau bahkan beberapa orang guru tidak dapat hadir ke sekolah dan melakukan aktifitas mengajarnya. Akibatnya, murid harus belajar sendiri, atau hanya diberi tugas, atau bahkan di beberapa sekolah, murid dibiarkan begitu saja.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, dunia pendidikan membutuhkan teknologi yang dapat meminimalisir murid belajar tanpa guru. Guru robot merupakan salah satu solusi terbaik dari permasalahan tersebut.

teknologi masa depan
pixabay

Berikut macam perkembangan teknologi masa depan yang bisa membantu Anda beradaptasi dan menerapkan strategi bisnis dengan memanfaatkan hal tersebut.

Teknologi Masa Depan : Autonomo Driver

Autonomo driver atau teknologi mengemudi otonom memiliki kaitan erat dengan jaringan data 5G dan Artificial Intellegence. Dengan input data dari pengguna, mobil otomatis ini akan bisa berjalanan sendiri hingga tujuan. Hal itu memungkinkan berkat adanya mesin otomotif cerdas.

AI akan membuat mobil berjalan hingga tujuan. Sedangkan jaringan data 5G menjamin kelancaran input data mobil otonom. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi memiliki sopir pribadi atau pun menyewa jasa pemandu wisata (tour guide). Sebab, mobil otonom ini bisa mengantarkan Anda ke tempat tujuan dengan aman.

Reality (XR)

Extended Reality (XR) atau yang biasa disebut dengan Reality merupakan sebuah istilah dari beberapa gabungan teknologi yang digunakan untuk menciptakan pengalaman yang lebih mendalam terhadap digital. Secara khusus, XR mengacu pada realitas virtual, campuran, dan augmented.

Salah satu pendahulu XR yaitu VR (Virtual Reality) yang memberikan pengalaman digital, di mana ketika Anda memasuki dunia komputer menggunakan headset, Anda dapat merasakan teknologi ini memadukan dengan dunia nyata.

Inila beberapa teknologi masa depan di bidang pendidikan dan bisnis yang sangat menunjang bidang tersebut. Kemajuan akan teknologi tersebut sangat bermanfaat untuk para penggunanya.