Senin, September 20, 2021
BerandaGaya HidupSusah Tidur? Yuk Lakukan Olahraga Ini Sebelum Tidur

Susah Tidur? Yuk Lakukan Olahraga Ini Sebelum Tidur

Apakah anda kerap mengalami insomnia dan alhasil begadang sampai larut malam? Jika iya, anda bisa mencoba olahraga berikut yang sudah dirangkum oleh Ekspse Jateng untuk mengembalikan tidurmu agar nyenyak. Selain berolahraga, pola tidur yang teratur juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Maka dari itu, apabila anda mengalami gangguan tidur alangkah baiknya untuk mencari solusi, bisa konsultasi dengan dokter atau mencari referensi di internet.

Olahraga menjadi bagian terpenting dalam hidup, pasalnya banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. Selain mampu menyehatkan tubuh, menurunkan berat badan, dengan berolahraga anda akan mendapatkan kulalitas tidur yang lebh baik. Sebelum melakukannya, tentu anda harus tahu jenis olahraga apa yang bisa mengembalikan kualitas tidur lebih teratur, kemudian kapan sebaiknya olahraga ini dilakukan. Dengan begitu selama melakukan olahraga akan aman dan nyaman. Untuk lebih jelasnya, silakan baca penjelasan berikut ini.

Olahraga Agar Tidur Nyenyak

Agar anda bisa mendapatkan tidur nyenyak dengan cara berolahraga, sebaiknya jangan lakukan dalam waktu tiga jam sebelum tidur. Pasalnya sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga saat mendekati jam tidur. Namun sayangnya masih ada orang yang berpikir bahwa dengan melakukan olahraga keras sebelum tidur akan mengganggu kesehetan mereka dan merasa lelah saat malam hari. Padahal kenyataannya olahraga sebelum tidur mampu memberikan stimulasi detang jantung menjadi lebih baik.

Lalu kapan waktu yang disarankan untuk berolahraga sebelum tidur? olahraga yang dilakukan sebelum tidur disarankan pada sore hari pasalnya dapat menaikan temperatur tubuh. Dan ketika anda hendak tidur, temperatur tubuh pun menurun, proses inilah yang akan membuat anda menjadi ngantuk serta tidur menjadi nyenyak. Memang benar semua jenis olahraga bermanfaat bagi tubuh, serta menjaga kualitas tidur. Akan tetapi ada beberapa olahraga yang memang sering dilakukan orang ketika mengalami gangguan susah tidur. Berikut olahraga yang disarankan.

Latihan Kardiovaskular

Latihan kardiovaskular dipercaya mampu meningkatkan detak jantung membantu meregangkan otot. Lakukan jenis olahraga ini selama 15 menit-20 menit per sesi nya, atau bisa juga dilakukan 3-4 kali seminggu. Latihan kardiovaskular bisa anda temui pada jenis olahraga berenang, lompat tali, berjalan kaki, dan berenang.

Latihan Kekuatan Otot

Jenis olahraga selanjutnya adalah dengan cara melakukan latihan kekuatan yang membentuk otot dan latihan ini bisa mengembalikan kualitas tidur anda. Untuk latihan kekuatan otot biasanya mengharuskan anda latihan teknik pernapasan serta membentuk postur tubuh. Saat anda melakukan jenis olahraga ini memberikan manfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah ke otak berjalan lancar dan melepaskan stres. Latihan kekuatan otot bisa anda temui pada jenis olahraga yoga dan pilates.

Itulah jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan sebelum tidur agar tidur kembali nyenyak. Jangan lupa ya agar melakukannya pada sore hari, dan selamat mencoba.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER