Berita STISIP Bina Putera Banjar Hadirkan Said Didu, Ada Apa?

STISIP Bina Putera Banjar Hadirkan Said Didu, Ada Apa?

-

- Advertisment -

Ekspose.ID – STISIP Bina Putera Banjar menghadirkan Mantan Sekretaris Menteri BUMN, Said Didu, pada acara Seminar Pendidikan Anti Korupsi, Sabtu (16/11/2019). Kegiatan Seminar yang diselenggarakan di Hotel Mandiri tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91.  

Kegiatan refleksi sumpah pemuda yang dikemas melalui Seminar Pendidikan Anti Korupsi itu mengusung tema “Memperkuat Karakter Jiwa Anti Korupsi dalam Proses Pembuatan Kebijakan Publik”.

Tanamkan Nilai-nilai Anti korupsi

Sidik Firmadi, Akademika STISIP Bina Putera Banjar, ketika dimintai tanggapan, menuturkan, kegiatan seminar pendidikan anti korupsi tersebut sengaja digelar untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi sejak dini. Khususnya bagi kalangan pemuda dan mahasiswa.  

Sidik berharap, melalui pendidikan anti korupsi tersebut, para pemuda penerus bangsa bisa menghindari dan menjauhi praktik korupsi di kemudian hari.

Pasalnya, praktik korupsi akan menghambat pembangunan. Terlebih, saat ini bangsa Indonesia sudah memasuki darurat korupsi, bahkan kondisinya sudah akut hingga merambah ke tingkat pedesaan.

Setelah lulus nanti, kata Sidik, mahasiswa diharapkan bisa membantu bangsa dan negara, di berbagai sektor dunia kerja, dengan tidak melakukan praktik korupsi. Khususnya, lebih kepada mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat banyak.

Akses Praktik Korupsi

Pada kesempatan tersebut, Said Didu, menyebutkan akses yang acapkali dipakai dalam praktik korupsi pada kebijakan publik. Misalnya seperti praktik suap menyuap. Kemudian ongkos pembiayaan politik, dan peningkatan karier jabatan.

Menurut Said Didu, di jenjang karir apapun, ketika mencapai puncak prestasi, seseorang dihadapkan pada pilihan-pilihan. Diantaranya pilihan menjadi birokrat, professional, aktifis, politisi atau pebisnis.  

Tapi, kata Said Didu, disebut puncak prestasi itu ketika seseorang tersebut menduduki posisi yang membawa perubahan dan perbaikan. Tepatnya, mampu merumuskan kebijakan yang berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat banyak.  

Untuk itu, Said Didu berharap, pemuda-pemudi yang memiliki kejernihan dalam berpikir, bisa terlibat langsung dalam membangun Indonesia kedepan. Dan mereka yang memilikinya, banyak ditemukan di pelosok daerah.  

Said Didu merasa memiliki kewajiban untuk menyadarkan para pemuda di daerah mengenai kondisi bangsa dewasa ini. Untuk itu, ia ingin berkonsentrasi membangun masyarakat dari daerah. ***

Loading...

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru

Kabupaten Pangandaran Masuk Daftar Kawasan Siaga Bencana

Ekspose.ID – Kabupaten Pangandaran Jawa Barat masuk dalam daftar kawasan siaga bencana. Secara nasional, kawasan yang tercatat masuk...

Kesenian Genjring Ronyok Ciamis Tampil di Festival Rengkuh Galuh

Ekspose.ID – Kesenian Genjring Ronyok asal Dusun Banjarwaru, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, turut memeriahkan Festival...

Riksa Budaya Jabar, Disparbud Perkuat Identitas Tatar Pasundan

Ekspose.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat / Disparbud Jabar terus berupaya memperkuat identitas Tatar Pasundan. Upaya...

Festival Rengkuh Galuh Riksa Budaya Jabar Digelar di Ciamis

Festival Rengkuh Galuh Riksa Budaya Jabar Digelar di Astana Gede Kawali. Foto : Dokumentasi Humas Kabupaten Ciamis

Luncurkan Program Gemas, Pemkab Ciamis Dongkrak Angka RLS

Ekspose.ID – Melalui program Gemas atau Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah Sejahtera, Pemerintah Kabupaten Ciamis ingin berusaha mendongkrak...

Angka RLS di Ciamis Rendah, Ini Alasan Program Gemas Diluncurkan

Ekspose.ID – Angka Rata-rata Lama Sekolah atau Angka RLS di Ciamis masih rendah, Pemerintah Kabupaten Ciamis meluncurkan...

Wajib Baca!

Kabupaten Pangandaran Masuk Daftar Kawasan Siaga Bencana

Ekspose.ID – Kabupaten Pangandaran Jawa Barat masuk...

Kesenian Genjring Ronyok Ciamis Tampil di Festival Rengkuh Galuh

Ekspose.ID – Kesenian Genjring Ronyok asal Dusun...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you