Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaSerba-Serbi Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Serba-Serbi Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat madu hitam memang bisa memelihara kesehatan tubuh serta menangkal berbagai penyakit berbahaya. Meski tidak sepopuler teh hijau atau madu biasa, ternyata madu hitam juga memilki kandungan yang tak kalah dengan jenis minuman lainnya. Karena tidak selamanya yang pahit menyakitkan, justru rasa manis adakalanya menimbulkan rasa pahit pada tubuh.

Madu hitam memiliki warna hitam pekat dan lebih gelap dibandingkan jenis madu lainnya. Madu hitam berasal dari lebah yang menyerap sari bunga pohon mahoni sehingga menciptakan warna cokelat tua dan rasa pahit. Warna dan rasa tersebut terjadi karena adanya senyawa alkaloid yang di dapat dari pohon mahoni. Berikut penjelasan tentang khasiat madu hitam.

5 Manfaat Madu Hitam Bagi Tubuh                             

Kandungan alkolid pada madu hitam yang menyumbang rasa pahit. Akan tetapi zat tersebutlah yang mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh. Rasakan manfaat kandungan madu hitam setelah anda mengkonsumsinya. Dan biasakan membaca artikelnya sampai selesai ya agar paham dan bisa memberikan manfaat untuk anda.

Tidak Meningkatkan Kadar Gula Pada Tubuh

Hasil penelitian Journal Pharmaceutical Biology menjelaskan bahwa tanaman yang mengandung alkaloid menunjukan aktivitas antihiperglikemik. Itu artinya, madu hitam mempunyai efek bagus bagi orang yang memiliki kadar gula darah tinggi. Tak seperti kebanyakan madu jenis lain, madu hitam mempunyai kandungan gula atau glukosa lebih rendah, sehingga aman dikonsumsi.

Alhasil, madu hitam lebih direkomondaskan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang rendah. Meskipun begitu bagi penderita diabetes tetap di bawah pengawasan dokter saat mengkonsumsinya. Hal tersebut penting dilakukan agar tahu dosis yang tepat mengkonsumsi madu hitam. Ketika mengikuti dosis tepat mampu meminimalisir terjadinya komplikasi atau reaksi yang tidak diinginkan.

Menangkal Radikal Bebas

Selain alkaloid, madu hitam juga memiliki kandungan seperti flavonoid, serta asam fenolat. Asam fenolat berfungsi sebagai antioksidan alami sehingga mampu mencegah timbulnya radikal bebas pada tubuh. Sehingga daya tahan tubuh meningkat, mampu menangkal kanker, mencegah terjadinya peradangan ataupun penyempitan yang terjadi di pada pembuluh darah.

Anda bisa mengkonsumsi madu hitam secara rutin untuk menurunkan risiko penyakit kanker, mencegah terjadinya penyakit jantung, stroke, ataupun diabtes. Serta diimbangi dengan pola tidur cukup, mengkonsumsi air putih, dan rajin berolahraga.

Obat Alergi Alami

Ganggungan kesehatan pada tubuh seperti asma, alergi, eksim atopik, rinitis, dapat di minimalisir dengan adanya kandungan flavonoid pada madu hitam. Dan sudah banyak yang menggunakan madu hitam sebagai obat herbal karena ke ampuhannya dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Melancarkan Proses Aliran Darah Ke Otak

Manfaat madu hitam juga berhubungan dengan sistem kerja otak serta sistem saraf. Kandungan antioksidan flavanoid dalam madu hitam mampu mempercepat proses regenerasi pada sel-sel saraf di luar otak dan di sumsum tulang belakang.

Bagi anda yang memiliki keinginan untuk mempunyai daya ingat kuat sampai tua bisa mengkonsumsi mada hitam sesuai prosedur. Kandungan flavanoid inilah yang membantu proses aliran darah ke otak agar lebh lancar. Sehingga membuat fungsi otak tetap terpelihara.

Mengatasi Gejala Sakit Lambung

Selain dijadikan sebagai obat herbal alergi, madu hitam juga bisa mengatasi penyakit sakit lambung. Penyakit ini diikuti gejala kembung, mual, muntah, dan nyeri di sekitar ulu hati. Meskipun tidak menimbulkan rasa komplikasi, asam lambung jika dibiarkan akan berujung pada munculnya luka pada lambung.

Penyebab utama sakit lambung adalah adanya infeksi bakteri Helicobacter Pylori. Sakit lambung bisa diatasi dengan mengkonsumsi madu hitam.

Cara Mengkonsumsi Madu Hitam

Ada beberapa cara mengkonsumsi madu hitam yang penting anda perhatikan. Dari mulai jenis madu, batasan mengkonsumsinya, tekstur madu, dan lainnya. Iniah pembahasan terkait cara mengkonsumsi madu hitam dengan benar. Dan rasakan manfaatnya setelah anda mengkonsumsinya.

Batasi Konsumsi Madu Hitam Harian

Aturan pertama mengkonsumsi madu hitam adalah membatasi konsumsi madu harian. Satu sendok madu memiliki kandungan sekitar 64 kalori serta 17 gram gula. Usahakan anda menjaga asupan  kadar gula di bawah 100 kalori per harinya (bagi wanita) dan 150 kalori (bagi laki-laki).

Ada cara variatif untuk mengurangi rasa pahit pada madu hitam, seperti menambahkan madu ke atas yoghurt, mencampurkan satu sendok makan madu hitam ke dalam teh, mencampurkan madu hitam dengan oatmeal pada pagi hari,  atau menambahkan saus dressing salad.

Kenali Lebih Jauh Jenis Madu Hitam

Ada madu dark, light, organik, raw, dan filtered. Jenis nekstar mempengaruhi terhadap jenis madu yang dihasilkan. Hal tersebut yang mengakibatkan rasa, warna, dan kandungan pada madu berbeda.

Jenis madu manuka memiliki rasa lebih kuat sehingga sangat cocok digunakan sebagai baking. Selain itu, madu dengan warna gelap/ hitam mempunyai banyak kandungan antioksidan dan rasanya cenderung lebih pahit.

Tekstur Madu

Memilih madu kualitas terbaik adalah dilihat dari teksturnya. Madu bertekstur tebal, ketika diaduk madu bergerak lambat termasuk jenis madu berkualitas. Sekarang sudah banyak madu dijual dan dicampur dengan sirup jagung. Selain itu ketika di pegang tidak lengket di tangan, dan baunya cenderung beraroma bunga. Belilah madu yang telah memiliki lisensi serta sudah terkenal. Itulah pembahasan mengenai manfaat madu hitam dan cara mengkonsumsi madu hitam agar lebih enak.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER