Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaSejarah Lahirnya Pramuka dan Arti Logo Pramuka

Sejarah Lahirnya Pramuka dan Arti Logo Pramuka

Sejarah Lahirnya Pramuka dan Arti Logo Pramuka. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana. Pramuka merupakan suatu organisasi kepanduan yang berhasil masuk ke Indonesia.

Tepatnya setelah Belanda mempunyai cabang yang bernama Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) pada tahun 1912.

Untuk memperingati Hari Pramuka, ada berbagai cara yang dilakukan oleh para pemuda-pemuda di Indonesia.

Dari mulai tingkatan pendidikan SD, SMP, hingga SMA, misal kegiatan mengikuti perlombaan, perkemahan, jambore tingkat nasional maupun internasional. 

Tujuan adanya kegiatan kepramukaan salah satunya adalah untuk membantu serta melatih para siswa agar bisa menjadi seorang yang memiliki daya kreativitas tinggi, terampil, dan berani menghadapi berbagai keadaan.

Selain itu, di dalam kegiatan kepramukaan setiap siswa juga akan mendapatkan bimbingan mengenai nilai-nilai kebangsaan, nilai luhur dalam kehidupan, sehingga rasa nasionalis akan tercipta di dalamnya. 

Pringatan Hari Pramuka sendiri jatuh pada tanggal 14 Agustus, dan untuk tahun ini jatuh pada Sabtu (14/8/2021).

Sejarah Pramuka 

Pemrakarsa Pramuka pertama kali adalah Baden Powell, pada tahun 1907.

Kala itu, ia menjabat sebagai Letnan Jenderal tentara asal Inggris.

Ia mulai mengadakan perkemahan pramuka di Pulau bernama Brownsea, Inggris.

Perjalanan tersebut Baden Powell tulis dalam sebuah buku yang berjudul “Scouting For Boys”.

Hingga pada akhirnya buku karangan Powell menyebar ke seluruh penjuru Inggris, bahkan ke beberapa negara lain.

Sehingga ia pun memutuskan untuk membentuk organisasi pramuka.

Waktu organisasi pramuka mulai berdiri, yang mengikutinya hanya para anak laki-laki saja.

Akan tetapi pada tahun 1912 Agnes Powell, sang adik mulai membantu mendirikan organisasi pramuka perempuan yang ia beri nama “Girl Guides”.

Lambat laun, istri Baden Powell yang melanjutkan organisasi kepramukaan ini.

Dan ia semakin mengembangkan organisasi tersebut dengan membentuk sebuah organisasi pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) pada tahun 1961. 

Untuk pertama kalinya Powell mengadakan Jambore tingkat dunia pada tahun tanggal 30 Juli hingga 8 Agustus tahun 1920. 

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan sekaligus menjadi pertemuan besar antar para anggota terkemuka yang berasal dari penjuru dunia, salah satu acaranya adalah melakukan kemah bersama.

Powell mengadakan Jambore Dunia pertama di Olympia Hall, London.

Jumlah peserta Jambore sebanyak 8000 anggota pramuka dan berasal dari 34 negara. 

Karena itulah, mereka menobatkan Boden Powell sebagai Chief Scout of the World atau istilah lainnya yakni Bapak Pandu Dunia.

Bukti kesuksesan kegiatan kepramukaan pada tahun 1920 membentuk Dewan Internasional Organisasi Pramuka beranggotakan 9 orang.

Selanjutnya mereka juga menetapkan London sebagai kantor kesekretariatan pramuka di seluruh dunia. 

Pada tahun 1922 kegiatan kepramukaan sukses melambung tinggi semenjak Baden Powell berhasil menerbitkan buku keduanya mengenai pramuka yang ia beri judul Rovering to Succes (Mengembara Menuju Sukses).

Adapun kisah dari buku tersebut adalah menceritakan tentang seorang pemuda yang sedang berjuang sekuat tenaga mengayuh sampan agar sampai di sebuah pantai.

Alhasil, mahakarya Baden Powell menginspirasi banyak orang di dunia, hingga membuat kegiatan pramuka semakin berkembang dan maju. 

Pada akhirnya kegiatan kepramukaan ini berhasil memiliki 5 kantor kawasan yakni di Mesir, Costa Rica, Philipina, Swiss, dan Nigeria. 

Sedangkan untuk Biro Kepramukaan putri bermarkas di London, dan memiliki 5 kantor kawasan yang menyebar di Arab, Afrika, Amerika Latin, Asia Pasifik, dan Eropa. 

Sejarah Lahirnya Pramuka di Indonesia

Sejarah pramuka di Indonesia bermula tahun 1960. Pada saat itu pemerintah dan MPRS sedang mengupayakan agar bisa membenahi organisasi kepramukaan di Indonesia.

Kemudian pada tanggal 9 Maret tahun 1961, kala itu Presiden Sukarno mengumpulkan anggota dari gerakan kepramukaan Indonesia. 

Presiden Soekarno menyampaikan bahwa tokoh-tokoh pramuka harus bisa memperbaiki organisasi kepramukaan di seluruh kepanduan dan melebur menjadi satu dengan nama Pramuka.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Sukarno juga membentuk sebuah panitia pembentukan gerakan Pramuka.

Adapun anggotanya yakni Sultan Hamengkubuwono IX, Prof. Prijono, Dr.A.Aziz Saleh dan Achmadi. 

Perkumpulan tersebut kemudian terkenal dengan istilah Hari Tunas Gerakan Pramuka.

Selanjutnya, panitia yang telah terbentuk mulai merumuskan program kerja yang disahkan dalam Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 pada tanggal 20 Mei Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka. 

Kemudian pada tanggal 30 Juli tahun 1961 para tokoh kepanduan menyatakan menggabungkan diri dengan Pramuka (Hari Ikrar Gerakan Pramuka) di Istora Senayan. 

Hingga pada akhirnya Presiden Soekarno menjadi Ketua MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional). Dan wakil ketua oleh I Sultan Hamengkubuwono IX serta wakil ketua II oleh Brigjen TNI Dr. A. Aziz Saleh.

Mereka menetapkan Hari Pramuka pada tanggal 14 Agustus tahun 1961. 

Selanjutnya Presiden Soekarno menyerahkan panji-panji Pramuka kepada semua tokoh.

Ia memerintahkan mereka untuk mulai memperkenalkan kegiatan kepramukaan kepada masyarakat. 

Arti Logo Pramuka Tanggal 14 Agustus 2021

Kwarnas Gerakan Pramuka mengeluarkan SK Nomor 027 Tahun 2021.

SK tersebut mengenai Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka, yang keluar pada Februari lalu. Berikut arti logo berdasarkan Surat Keputusan.

  • Warna Merah dan Putih, mempunyai arti sikap ksatria, berani, sementara warna putih memiliki arti rela dan tulus dalam berbakti kepada bangsa dan negara.
  • Lambang Angka 60, memiliki arti untuk memperingati Gerakan Pramuka yang ke-60, kemudian angka 6 melambangkan tangkai perpaduan daun nyiur untuk menunjukan kecintaan terhadap Pramuka dan tanah air.
  • Tulisan WOSM di tengah angka “0”, memiliki arti untuk menunjukan adanya Gerakan Pramuka yang menjadi satu-satunya sebuah organisasi kepanduan di Indonesia yang diakui oleh organisasi seluruh dunia. 
Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER