Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaResep Olahan Kurma Sederhana untuk Bulan Ramadhan

Resep Olahan Kurma Sederhana untuk Bulan Ramadhan

Ekspose.ID – Resep olahan kurma biasanya ramai orang mencari khususnya kalangan ibu-ibu. Sebab bulan Ramadhan yang identik dengan kurma membuat keberadaan buah ini banyak di pasaran.

Bulan Ramdhan yang ada di setiap tahunnya memang membawa ciri khas tersendiri di dalamnya. Ciri khas tersebut berbagai macam. Khususnya dalam bidang santapan dengan jenis cukup banyak. Hal ini akan berlangsung sampai lebaran tiba di mana umat muslim merayakan kemenangan.

Sebagai pecinta buah kurma, pastinya cukup merasa bosan jika mengkonsumsinya dalam bentuk itu-itu saja. Memang buah dengan banyak kandungan gizi ini memiliki banyak manfaat.

Agar tidak merasa bosan lagi, anda bisa menghadirkan buah kurma dalam berbagai bentuk. Tentunya hal ini tidak akan mengurangi nuansa Ramadhan di rumah anda.

Lewat resep olahan kurma berikut ini bisa menjadi ide untuk anda khususnya ibu-ibu yang tengah kesulitan dalam mengolah kurma menjadi makanan lain.

Daftar Resep Olahan Kurma Untuk Takjil Berbuka

Saat waktu berbuka puasa hampir tiba, banyak orang cukup repot mempersiapkannya. Menurut ajaran nabi, beliau menganjurkan mengkonsumsi kurma sebagai salah satu kudapan.

Perlu anda ketahui, tak hanya dapat dimakan dalam buah utuh kurma juga bisa menjadi santapan lezat. Anda bisa memanfaatkan resep olahan kurma berikut ini dan menciptakan takjil berbuka puasa berbeda.

Sorbet Kurma

Menyajikan kurma menjadi bentuk berbeda seperti menu sorbet mungkin bisa anda coba. Rasanya yang dingin dan legit pastinya membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya saat berbuka puasa.

Cara pembuatan resep olahan kurma ini pun mudah dan sederhana. Anda cukup menyiapkan 10 butir kurma tanpa biji, 300 ml air juga 3 sendok makan madu.

Langkah mengolahnya pertama campurkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan. Jika sudah halus, masukan ke dalam wadah atau loyang lalu bekukan selama satu jam.

Jika sudah beku, keluarkan dalam freezer lalu hancurkan. Prosesnya bisa menggunakan garpu, food prosesor ataupun mixer. Anda bisa mengulangi tahap ini beberapa kali sampai mendapatkan tekstur lembut.

Olahan Tape Goreng Kurma

Pilihan resep olahan kurma satu ini cocok untuk anda yang bosan mengkonsumsi gorengan itu-itu saka saat berbuka puasa. Di dalamnya anda bisa merasakan manisnya tape lembut bercampur kurma dan siraman manis coklat.

Untuk bahannya, anda bisa menyiapkan tape kuning 500 gram, kulit lumpia, kurma tanpa biji 5 buah dan belah menjadi dua. Sebagai bahan pelengkap ada mesis, minyak goreng juga coklat beku.

Prose pembuatannya pertama tekan permukaan tape yang sudah terbebas dari seratnya. Kemudian ambilah kulit lumpia dan taruh di atasnya berupa adonan tape tersebut.

Tape yang sudah halus tersebut letakkan di salah satu sisi lumpia sebanyak 1 sendok makan saja. Kemudian tambahkan sepotong kurma dengan mesis. Jika sudah lipat lumpia menjadi bentuk segi empat.

Setelah itu rekatkan dengan terigu ataupun putih telur. Kemudian goreng ke dalam minyak panas sampai keemasan.

Olahan Kurma Untuk Bayi Saat Ibu Berpuasa

Banyak ibu menyusui kerap mengalami air susunya tidak keluar saat mereka berpuasa. Hal inilah yang cukup membuat mereka kesulitan untuk memenuhi gizi sang anak kala Ramadhan tiba.

Para ibu tak perlu khawatir, anda bisa mengakalinya dengan membuat makanan pendamping asi agar gizi bayi tetap terpenuhi.

Ada banyak olahan yang bisa berguna untuk menjadi makanan pendamping ASI. Salah satunya adalah resep olahan kurma untuk membuat MPASI. Kurma yang memiliki banyak manfaat ini juga sangat bagus untuk pertumbuhan bayi.

Resep Kurma Oatmeal

MPASI pertama yang menjadi resep olahan kurma adalah kombinasi dengan oatmeal. Olahan ini cocok untuk anak anda dengan usia 6 bulan ke atas.

Bahan pembuatnya ada 5 butir kurma tanpa biji, susu bisa juga air putih, juga oatmeal sebanyak 2 sendok makan. Cara pembuatannya kukus kurma terlebih dahulu sampai empuk dan mudah dihaluskan.

Selanjutnya masak oatmeal dengan susu atau air biasa dan dinginkan. Jika sudah taburkan kurma halus tersebut ke atas oatmeal matang. Anda bisa memberikannya kepada bayi selagi hangat.

Sajian Bubur Kurma Pisang

Olahan lainnya yang bisa anda sajikan sebagai makanan pendamping ASI adalah bubur ini. Biasanya bayi sudah mengenal buah pisang, sehingga tak ada salahnya jika menambahkan kurma.

Untuk membuatnya perlu bahan berupa kurma sebanyak 4 buah tanpa biji, pisang Ambon juga minyak zaitun. Pertama rebus kurma sebentar saja. Kemudian haluskan sampai lunak dan saring kurma tersebut.

Kupas pisang dan haluskan juga. Jika sudah campurkan kedua buah tersebut ke dalam mangkuk dan berikan tambahan minyak zaitun. Bubur pun sudah siap bayi anda santap.

Resep Minuman Kurma

Tak hanya berbentuk makanan, resep olahan kurma lainnya bisa berupa minuman. Pastinya setelah berpuasa seharian membuat tubuh kekurangan cairan dan merasa dahaga. Untuk itulah sajian minuman kurma ini bisa menjadi solusi dengan bonus vitamin di dalamnya.

Jus Susu

Rasa manis di dalam kurma dengan gurihnya susu menjadikan hidangan ini memiliki cita rasa unik. Olahan satu ini bisa mengembalikan tenaga penikmatnya yang sudah habis setelah beraktivitas selama satu hari penuh.

Siapkan bahan berupa 9 buah kurma, air sebanyak 200 mili, satu setengah sendok makan madu, tak lupa susu 250 ml. Langkah pembuatannya pertama rendam kurma terlebih dahulu selama 10 menit dalam air.

Kemudian haluskan menggunakan blender kurma beserta air rendaman. Jika sudah masukkan susu bersama madu ke dalamnya. Saat semua bahan tercampur rata, tuang ke gelas agar bisa mudah menikmatinya.

Air Kurma Nabeez

Minuman ini bisa menjadi pilihan resep olahan kurma lainnya. Proses pembuatannya tergolong sangat mudah di antara lainya. Bahkan olahan ini merupakan kesukaan nabi dan kemudian bernama Air Nabeez.

Saat membuatnya siapkan 9 buah kurma tanpa biji, kismis sebanyak 6 butir dan air 3 gelas. Pertama masukan kurma tanpa buji bersama kismis ke dalam gelas air. Lalu rendam semua bahan tersebut selama 3-6 jam lamanya. Agar terasa nikmat masukkan ke dalam kulkas dan minum selagi dingin.

Manfaat Mengkonsumsi Kurma

Buah kurma sendiri memiliki banyak manfaat berupa polifenol, antioksidan dan serat di dalamnya. Dengan kandungan ini, banyak orang percaya kurma memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia.

Meskipun buah kurma sudah berubah dan menjadi salah satu resep olahan kurma, kandungan gizi di dalamnya tidak akan berubah ataupun berkurang sedikitpun.

Bahkan mengkonsumsi kurma maupun saat sudah dalam berbentuk olahan memiliki manfaatnya sendiri. Misalnya sebagai makanan pendamping ASI, kurma mempunyai segudang kegunaan untuk bayi. Seperti untuk memperkuat gigi, perkembangan otak dan tulang sang bayi dan sebagainya.

Karena itulah anda bisa mencoba membuat resep olahan kurma berikut untuk santapan di bulan Ramadhan. Dengan begitu anda dapat menerima hal positif berupa manfaat kurma dan menjalankan Sunnah Rasulullah.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER