Resep Minuman Buka Puasa, Segar dan Pelepas Dahaga

0
121
Resep Minuman Buka Puasa, Segar dan Pelepas Dahaga
Resep Minuman Buka Puasa, Segar dan Pelepas Dahaga

Ekspose.ID – Resep minuman buka puasa dalam beberapa macam ini wajib anda coba. Lantaran bisa menjadi pelepas dahaga dan penghilang rasa haus setelah tidak minum dalam waktu cukup lama.

Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan memang bagi umat muslim merupakan momen terbaik. Di mana pada saat ini mereka harus menahan hawa nafsu. Adapun bentuknya berupa makan dan minum serta hal yang bisa membatalkan puasa lainnya.

Bentuk ibadah ini berlangsung selama satu bulan penuh. Waktu mulainya adalah saat subuh tiba hingga berbuka di Maghrib.

Selama waktu itulah umat muslim pastinya merasakan lapar dan juga haus lantaran biasanya mereka mini namun untuk saat ini tidak. Namun anda tidak perlu khawatir terkena dehidrasi. Sebab anda masih bisa mencukupi kebutuhan akan cairan di kala waktu berbuka hingga santap sahur kembali datang.

Rasa haus yang menyerang membuat anda pastinya menginginkan sebuah kesegaran di kala berbuka puasa tiba. Tentu saja anda sudah bisa menikmati sepuasnya jika sudah tiba waktunya.

Namun terkadang anda tidak mempunyai resep terkini dan kekinian untuk sajian minuman kala berbuka. Tidak perlu khawatir sebab di bawah ini banyak tesaji resep minuman buka puasa yang pastinya sangat menyegarkan.

Juga tidak perlu khawatir tak mampu untuk membuatnya. Sebab prosesnya sangat lah mudah dan didukung kemudahan untuk pembelian bahan baku. Apa saja resep tersebut?

Selengkapnya bisa anda simak berikut ini.

Sajian Takjil Segar Dengan Resep Minuman Buka Puasa

Ada banyak sekali resep minuman buka puasa yang bisa anda coba. Untuk kesegarannya tak perlu anda ragukan lagi. Sebab setelah meminumnya pasti rasa dahaga akan hilang.

Campuran Timun dan Jeruk Nipis Dingin

Tak banyak orang mengetahui jika timun bisa menjadi minuman segar dan cocok sebagai takjil berbuka. Biasanya mereka mengenal timun sebagai lalapan dan memakannya dengan cocolan sambal. Namun nyatanya buah yang satu ini bisa menjadi salah satu minuman dingin menyegarkan bersama bahan lainnya.

Bahkan sajian minuman berbuka puasa ini sudah sangat populer dan mudah dijumpai di daerah Aceh. Bahkan sudah menjadi salah satu minuman khas Aceh yang sangat populer.

Bahan pembuatannya pun sederhana saja. Pertama pastinya adalah buah ketimun sebaiknya dari jenis Jepang sebanyak 3 buah. Untuk campurannya siapkan setengah buah melon yang pastinya sudah terbebas dari biji.

Untuk bahan dalam resep minuman buka puasa ini juga membutuhkan gula pasir sebanyak 200 gram juga 200 ml air bersih.

Sebagai penambah rasa anda memerlukan 3 buah jeruk  yang sudah diperas airnya beserta kulitnya. Kemudian dua buah jeruk nipis utuh beserta daun mint sebanyak 5 lembar. Tak lupa untuk menambahkan es batu untuk hadirkan rasa dingin secukupnya.

Proses pembuatannya pertama larutkan di dalam air panas 200 gram gula pasir. Jika sudah larut, diinginkan cairan tersebut. Kemudian barulah anda menambahkan ait perasan dari jeruk nipis.

Buah ketimun yang sudah anda persiapkan keruk dagingnya beserta melon. Pastikan bijinya tak tertinggal sebab khawatir bisa membuat tersedak.  Kemudian masukan ke dalam larutan gula buah-buahan tadi. Anda bisa mendiamkannya selama satu jam.

Barulah anda menambahkan irisan dari buah jeruk nipis utuh. Kemudian tambahkan sobekan daun mint beserta es batu berdasarkan selera.

Kesegaran Oreo Smoothies

Tak harus dari buah, Anda bisa mendapatkan kesegaran lewat resep minuman berbuka dengan manisnya coklat. Oreo merupakan cookies yang kerapkali menjadi bahan eksperimen orang dalam membuat kudapan maupun minuman. Sehingga tak heran jika oreo menjadi salah satu resep minuman buka puasa.

Oreo smoothies ini kerap anda temukan jika di cafe maupun tempat tongkrongan lainnya. Sebab tak jarang minuman ini merupakan salah satu menu dalam tempat makan umum. Namun selain di cafe anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa ribet dan repot.

Bahan yang anda perlukan untuk membuat resep minuman buka puasa ini yang pertama tentunya oreo. Siapkan biskuit Oreo sebanyak 6 keping dengan tambahan susu cair varian coklat sebanyak 2 gelas.

Kemudian anda perlu bahan berupa es krim rasa coklat dengan tambahan whipped crem. Sebagai penambah rasa anda perlu chocho chips dan dinginnya es batu.

Cara membuatnya sederhana saja. Pertama haluskan melalui blender bahan tersedia. Berupa oreo sebanyak 6 buah, es krim satu cup beserta es batu secukupnya.

Sebaiknya hancurkan hingga halus terlebih dahulu kepingan Oreo. Sebab tak jarang dengan ukuran besar  blender tersebut tidak kuat untuk menggilingnya.

Proses penghalusan dan pencampuran bahan ini bisa lama atau sebentar. Semuanya tergantung selera anda yang menginginkan minuman bertekstur cair ataupun kental. Jika ingin kental sebaiknya tidak memblender dalam jangka waktu lama begitupun sebaliknya.

Saat semua campuran sudah cukup rata dan bertekstur seusai keinginan hentikan proses blender in.

Tuang semua campuran tersebut ke dalam gelas. Tambahkan whipped agar lebih sempurna dengan tampilan melingkar ke atas. Sebagai pemanis tambahkan choco chips di bagian atas whipped cream

Sajian dari resep minimat buka puasa oreo smoothies ini dapat anda nikmati dalam keadaan dingin.

Olahan Dari Cincau Sederhana Campur Milk Tea

Masih ada lagi resep minuman buka puasa yang bisa anda coba kreasikan di rumah. Kali ini bahannya adalah cincau hitam yang bisa anda temukan dengan mudah di pasar. Apalagi biasanya di bulan ramadhan permintaan cincau hitam meningkat pesat. Sebab banyak pedagang membutuhkannya sebagai bahan campuran pembuatan es buah.

Tak hanya membelinya langsung di pasar , anda juga bisa membuat sendiri cincau hitam ini di rumah. Tak perlu menyiapkan bahan merepotkan sebab sekarang tersedia bahan jadi dari bubuk. Pembuatannya pun seperti membuat agar instan. Anda bisa memperoleh bahannya di minimarket, warung ataupun supermarket terdekat.

Bahan membuatnya anda perlu cincau hitam sebanyak satu kotak. Kemudian potong-potong cincau hitam tersebut menjadi bentuk dadu atau bentuk lainnya sesuai selera. Untuk ukurannya sendiri juga tidak ada ketetapan khusus.

Gula menjadi bahan penting pembuatan resep minuman buka puasa. Siapkan sebanyak 4 sendok makan dan takaran serupa untuk sirup.

Kemudian anda membutuhkan teh celup. Untuk merk tidak ada ketetapan dan bisa memakai teh di rumah. Bahan selanjutnya adalah susu murni sebanyak 259 mililiter dan es batu sesuai keinginan.

Proses pembuatannya pertama masukan teh ke dalam gelas dan tuangkan air panas. Seduh teh tersebut seperti biasa saja. Kemudian tuangkan susu sebanyak 250 ml tadi ke dalam seduhan teh. Tambahkan juga sirup sebanyak 4 sendok makan.

Aduk semua bahan tersebut sampai tercampur rata. Cincau hitam yang sudah berbentuk dadu juga tambahkan ke dalamnya. Jika sudah berikan tambahan es batu sesuai selera anda. Barulah salah satu resep minuman buka puasa ini jadi dan siap anda rasakan.

Beberapa resep minuman buka puasa ini memang sangat menyegarkan tenggorokan. Akan tetapi jangan meminumnya dalam keadaan perut kosong setelah berbuka puasa. Makanlah dahulu baru bisa dengan bebas meminum dan rasakan kesegarannya.