Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaResep Menu Sahur Praktis dan Murah Setiap Hari

Resep Menu Sahur Praktis dan Murah Setiap Hari

Ekspose.ID – Resep menu sahur praktis di bulan puasa seperti sekarang pasti banyak orang tengah mencarinya. Terlebih bagi para ibu-ibu yang merasakan kerepotan bangun pagi untuk menyiapkan makanan.

Belum lagi mereka akan merasa bingung akibat protes dari anak-anak yang mengaku bosan menyantap makanan sahur yang itu-itu saja. Untuk itulah para ibu harus selalu membuat kreasi agar anak dan keluarga semakin semangat menjalankan ibadah puasa.

Bukan Cuma kreasi menu, anda juga harus memperhatikan kandungan giizi yang ada dalam makanan. Terlebih harga bahan makanan terus melambung tinggi di kala bulan Ramadhan.

Namun anda tidak perlu merasa terbebani dengan menu makanan sahur. Lewat beberapa resep menu sahur praktis berikut ini anda bisa menyajikan variasi pada makanan.

Beberapa Resep Menu Sahur Praktis

Untuk menyajikan menu sahur, anda harus bergerak cepat di pagi hari. Bahkan biasanya di waktu tersebut anda masih terlelap di saat tidur. Karena itulah guna mempersingkat waktu anda bisa mempraktekan resep di bawah ini dengan kandungan gizi penting.

Nasi Mentega Telur

Urutan pertama dalam resep menu sahur praktis ada sajian nasi dengan mentega dan telur. Di dalam nasi terhadap karbohidrat dengan manfaat pemberian energy untuk tubuh selama puasa.

Karena itulah jika anda sekeluarga mempunyai segudang aktivitas padat, bisa mencoba menu tersebut. Dengan begitu tubuh menjadi bertenaga. Apalagi tambahan telur yang mengandung protein memberikan manfaat positif lainnya.

Proses pembuatannya adalah dengan menyiapkan bahan terlebih dahulu. Seperti telur ayam, mentega, penyedap rasa, daun bawang juga merica serta bawang putih. Anda pastinya juga membutuhkan beras sebagai bahan utama pembuatan.

Langkah membuatnya adalah memasak nasi terlebih dahulu sampai matang. Jika nasi sudah matang, masukan bumbu berupa merica juga penyedap rasa. Kemudian aduk nasi tersebut hingga tercampur rata dengan bumbu.

Di sisi lain panaskan penggorengan. Kemudian masukan mentega satu sendok makan dan tumis bawang putih halus. Jika sudah harum masukan telur ke dalamnya dan aduk acak atau orak arik hingga matang.

Jika sudah masukan nasi dan aduk lagi. Saat nasi tersebut hampir matang tambahkan satu sendok makan mentega beserta daun bawang. Aduk semua bahan hingga matang sempurna.

Sajian nasi mentega dengan tambahan telur sudah siap menemani anda sahur. Dengan begitu anda beserta keluarga bisa merasakan energi penuh kala puasa.

Sajian Menu Sahur Praktis

Jika anda tidak terlalu menyukai nasi untuk santapan sahur tidak perlu khawatir. Lewat resep menu sahur praktis berikut ini anda masih bisa merasakan kenyang dan berenergi walaupun tidak mengonsumsi nasi.

Sandwich Sushi Simpel

Roti bisa menjadi pengganti nasi untuk anda yang tidak begitu menyukainya. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya juga bisa pemberi energi untuk menunjang aktivitas. Cara membuatnya pun sederhana dengan bahan yang bisa Anda temukan di minimarket atau pasar terdekat.

Bahan dalam resep menu sahur praktis ini tentunya utama adalah roti tawar sebanyak 3 lembar. Bahan pendukung lainnya adalah nori 3 lembar.

Sedangkan untuk isiannya sendiri anda perlu bahan seperti telur sebanyak 2 butir, sosis tiga buah dan juga penyedap rasa. Kemudian anda membutuhkan saus beserta mayonnaise untuk tambahan rasa.

Langkah membuatnya pertama pipihkan bahan utama berupa roti menjadi gepeng dan tipis. Anda bisa menggunakan rolling pin sebagai alat bantu. Jika tidak memilikinya bisa memanfaatkan benda bulat seperti gelas.

Kocok lepas telur dengan menambahkan penyedap rasa secukupnya. Goreng telur tersebut hingga matang. Anda akan mendapati telur menjadi dadar goreng. Kemudian potong telur tersebut dengan membelah tiga potongan.

Telur yang sudah terpotong tersebut kemudian sisihkan. Lalu beralih ke menggoreng sosis sampai benar-benar matang. Jika semua bahan isi sudah matang anda bisa membuat sandwich ini.

Pertama ambil roti dan susun mulai dari nori lalu telur kemudian sosis. Tambahkan perasa seperti mayonnaise dan saus di atasnya. Gulung roti dengan isian hingga seperti bentuk sushi. Pastikan agar isian roti tidak berceceran. Kemudian potonglah sandwich ala sushi tersebut sesuai keinginan.

Sandwich yang menjadi salah satu tips menu sahur praktis siap anda santap.

Sajian Menu Sahur Pedas

Sebagian besar masyarakat Indonesia begitu menggemari hidangan dengan rasa pedas khas. Karena itu tak heran ada saja orang yang mencari resep menduo sahur praktis dengan cita rasa pedas.

Anda bisa mencoba menu berikut ini sebagai makanan kala santap sahur.

Telur Geprek Pedas

Jika anda kesulitan membeli ayam untuk bahan baku membuat menu santapan sahur bisa menggunakan bahan lainnya. Lewat resep menu sahur praktis berupa telur geprek, anda bisa merasakan pedasnya bumbu geprek dengan lauk telur.

Sebelum membuat, penuhi terlebih dahulu bahan-bahan pembuat. Seperti telur satu butir dengan tepung ayam krispi sebanyak 1 bungkus. Untuk penyedap rasa perlu bawang putih, merah masing-masing satu butir.

Rasa pedas geprek bisa anda dapatkan dari bahan berupa 7 buah cabai rawit. Bahan tambahan lainnya adalah sejumput garam, lalu air dan minyak goreng.

Pertama-tama dalam proses pembuatan kocok lepas telur dan goreng sampai matang sempurna. Lalu iris telur dengan membagi tiga bagian. Di sisi lain siapkan tepung dengan membagi menjadi du satu bentuk kering dan lainnya beri air kemudian aduk sampai rata.

Ambil irisan telur tersebut lalu balurkan ke tepung kering. Jika sudah celupkan ke tepung basah dan balik lagi ke tepung kering. Jangan lupa dalam proses tersebut buat agak remas kencang.

Goreng telur berbalut tepung tersebut ke dalam minyak panas. Siapkan bumbu geprek berupa cabai, bawang merah juga putih di dalam ulekan m haluskan hingga tekstur cukup lembut dan halus.

Panaskan minyak goreng secukupnya dan siramkan ke sambal geprek dan aduk sampai rata. Kemudian siapkan piring untuk meletakkan telur krispi. Tambahkan sambal geprek di atasnya dan tekan agak keras.

Makanan salah satu resep menu sahur praktis telur krispi dengan cita rasa geprek pedas bisa anda santap bersama nasi putih.

Sajian Minuman Sederhana Untuk Sahur

Keluarga  anda tak hanya membutuhkan makanan untuk santap sahur. Pastinya semua orang juga membutuhkan minuman sebagai pelengkapnya.

Karena itulah tak ketinggalan resep menu sahur praktis berupa minuman yang praktis dan juga sehat.

Minuman Air Nabezz

Air nabezz ini bisa dibilang infused water atau air rendaman. Bedanya adalah tidak menggunakan buah pada umumnya seperti stroberi, lemon atau semangka.

Buah yang menjadi bahannya adalah kurma segar. Namun minuman yang menjadi salah satu resep meni sahur praktis memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda hanya membutuhkan 7-9 buah kurma dengan tambahan lemon juga air putih. Rendam buah kurma beserta lemon di dalam air dalam kurun waktu 8 hingga 12 jam. Kemudian anda bisa menyimpannya di kulkas untuk membuat rasa dingin. Air Nabezz pun sudah jadi dan siap menemani santap sahur.

Beberapa resep menu sahur praktis tersebut bisa anda coba langsung di rumah. Dengan  begitu di kala sahur bisa menciptakan kreasi sendiri dan sajian berbeda.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER