Rekomendasi Olahraga saat Menstruasi Ini Dianjurkan

0
134
Rekomendasi Olahraga saat Menstruasi

Ekspose.ID – Rekomendasi olahraga saat menstruasi ini dianjurkan. Kebanyakan wanita saat menstruasi mengalami nyeri perut, lemas bahkan pusing.

Tidak jarang juga yang sampai pingsan, sehingga Anda pasti sudah tidak heran wanita yang menstruasi malas bergerak.

Memang karena bebat berat ini sedikit banyak menimbulkan mager namun olah raga sebenarnya jauh lebih bisa mengurangi beban saat menstruasi, berikut ini beberapa rekomendasi olahraga saat menstruasi.

Senam Yoga

Dengan rutin melakukan senam yoga energi dalam tubuh akan meningkat sehingga menekan nyeri perut serta kembung akibat menstruasi.

Akan tetapi, saat menstruasi sebaiknya yang dipakai adalah gerakan ringan seperti meregangkan kaki serta punggung, melakukan setengah kayang.

Dengan gerakan ringan tersebut otot yang menegang akan lemas.

Jalan kaki

Rekomendasi Olahraga saat Menstruasi Ini Dianjurkan

Rekomendasi olahraga saat menstruasi yang berikutnya adalah jalan kaki.

Tentunya Anda sangat mudah menerapkan ini, mungkin cukup Anda lakukan 30 menit setiap pagi di sekitar rumah Anda.

Dengan pergerakan kecil ini tubuh Anda akan lebih segar sehingga lebih semangat untuk melakukan aktivitas yang lain.

Lari-lari

Anda tentunya sudah tidak asing dengan istilah lari. Dengan melakukan lari Anda bisa mengurangi PMS (Premenstrual Syndrome) yang muncul.

Ketika berlari hormon endhorpin dalam tubuh akan terlepas sehingga rasa nyeri menstruasi dan lelah akan menurun. Bahkan dengan berlari keinginan untuk makan junk food akan hilang.

Naik Sepeda

Selanjutnya adalah olahraga bersepeda, dengan bersepeda sirkulasi darah dari jantung yang mengedarkan darah ke seluruh tubuh dengan kandungan oksigen dan nutrisi akan lancar.

Sehingga nyeri perut dan lemas akan berkurang. Selain itu bersepeda bisa mengurangi stress saat menstruasi.

Renang

Kebanyakan wanita menghindari berjibaku dengan air saat menstruasi, bahkan renang. Padahal dengan berenang nyeri menstruasi dan stress akan hilang.

Memang para wanita takut saat berenang justru darah menstruasi akan tercecer di kolam renang.

Anda salah, karena tekanan air mampu mencegah darah menstruasi untuk keluar. Jadi, renang merupakan rekomendasi olahraga saat menstruasi yang diperbolehkan.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk berenang saat menstruasi. Akan tetapi, berendam di kolam terlalu lama saat menstruasi tidak baik.

Hal ini dikarenakan pembuluh darah vagina terbuka sehingga jika terlalu lama berendam bakteri-bakteri akan masuk lewat pori pembuluh darah tersebut.

Zumba

Olah raga yang direkomendasikan selanjutnya adalah zumba. Walaupun banyak gerakan di dalamnya namun Anda tidak perlu ragu untuk melakukannya.

Hal ini dikarenakan semua tahap gerak pada zumba berfungsi meregangkan otot yang bisa menekan nyeri menstruasi.

Namun, Anda perlu berhati-hati karena persendian Anda saat menstruasi lebih rapuh.

Pilates

Pilates merupakan olahraga untk melatih fokus serta menjadikan tubuh lebih kencang bahkan ideal.

Sehingga pilates baik dijadikan rekomendasi olahraga saat menstruasi. Pilates sendiri lebih banyak berjibaku pada otot panggul yang bermanfaat meredakan nyeri perut saat menstruasi.

Dengan beberapa olahraga di atas, Anda tidak perlu lagi bingung saat menghadapi beban berat menstruasi. Beberapa olah raga di atas bisa dijadikan alternatifnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here