PLN Ciamis Rutin Patroli Antisipasi Gangguan Listrik

0
244

Ekspose.ID – PLN Ciamis Rutin Patroli Antisipasi Gangguan Listrik. Unit Layanan Pelanggan atau ULP PLN Ciamis rutin melakukan pemangkasan terhadap ranting pohon yang menempel dengan jaringan kabel listrik. Hal itu dilakukan guna menjaga ketersediaan pasokan listrik di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Manajer ULP PLN Ciamis Eman Suherman menuturkan pemangkasan pohon tersebut dilakukan setiap hari. Pihaknya menerjunkan tujuh tim Right On Way (ROW) yang tersebar di berbagai daerah, seperti Ciamis Kota, Cimari, Cipaku, Sukadana, Kawali, dan Panawangan.

“Kami ada tujuh tim yang setiap hari menelusuri jaringan listrik. Ketika ada ranting pohon tinggi dan berpotensi mengganggu jaringan langsung dipangkas. Tapi berkoordinasi dulu dengan pihak terkait,” ujar Eman, Rabu (4/9/2019).

Eman menjelaskan, hal tersebut dapat mengganggu jaringan karena bisa menimbulkan lompatan tegangan yang dapat menimbulkan listrik padam. Juga membahayakan warga di sekitar karena bisa menimbulkan kebakaran.

Baca:  Universitas Galuh Ciamis Ajarkan Mata Kuliah Kegaluhan

“Ranting pohon atau pohon yang ukurannya tinggi yang mendekati jaringan sangat berbahaya. Apalagi kalau ada angin besar dan menyentuh jaringan, itu bahaya di lokasi tersebut,” kata Kepala PLN Ciamis.

Pemangkasan tersebut sudah lama dilakukan dan secara terus-menerus. Karena tim ROW tersebut merupakan salah satu tim pemeliharaan jaringan.

“Kami juga berharap warga berpartisipasi, jangan sampai ada pohon atau ranting yang berpotensi menyentuh jaringan listrik. Segera melapor kepada kami (PLN Ciamis) untuk ditindaklanjuti,” ucap Eman.

Sejarah Kelistrikan

Perusahaan Listrik Negara yang kemudian disingkat PLN dengan resmi PT PLN (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PLN mengurusi semua aspek kelistrikan di Indonesia.

Baca:  Di Cipaku Ciamis, Oktaviani Luka Berat Akibat Terlindas Truk

Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19. Waktu itu, sejumlah perusahaan milik Belanda membangun pembangkit tenaga listrik. Proyek itu diproyeksikan untuk keperluan sendiri.

Sedangkan pengusahaan tenaga listrik untuk kepentingan umum, dimulai sejak perusahaan swasta Belanda N.V. NIGM memperluas usahanya di bidang tenaga listrik. Semula perusahaan ini hanya bergerak di bidang gas. Tapi kemudian berkembang seiring berdirinya perusahaan swasta lain.

Masa Kolonial Hindia Belanda

Kelistrikan di Hindia Belanda dimulai pada tahun 1897. Perusahaan listrik pertama bernama Nederlandche Indische Electriciteit Maatschappij (NIEM atau Perusahaan Listrik Hindia Belanda). Perusahaan yang berada di bawah kendali N.V. Handelsvennootschap (sebelumnya bernama Maintz & Co).

Perusahaan ini berpusat di Amsterdam, Belanda. Di Batavia, NIEM membangun PLTU di wilayah Gambir, tepatnya di tepi Sungai Ciliwung. PLTU berkekuatan 3200+3000+1350 kW tersebut merupakan pembangkit listrik tenaga uap pertama di Hindia Belanda. PLTU ini mampu memasok kebutuhan listrik di wilayah Batavia dan sekitarnya.

Baca:  IPSJ Rancah Ciamis Kembali Gelar Kegiatan Baksos

Tahun-tahun selanjutnya, NIEM berekspansi ke Surabaya. Disana NIEM mendirikan perusahaan gas bernama Nederlandsche Indische Gas Maatschappij (NIGM). Pada tahun 1909, NIGM diberi hak untuk membangun sejumlah pembangkit tenaga listrik beserta sistem distribusinya ke kota-kota besar di Jawa.

Kantor PT. PLN (Persero) Ciamis

PLN Ciamis melayani kebutuhan terkait listrik masyarakat. Mulai layanan pengajuan pemasangan listrik, pengajuan naik tegangan, cek tagihan listrik, pembayaran listrik sampai komplain.

Saat ini masyarakat pelanggan PLN Ciamis sudah bisa mengakses layanan secara online. Mulai dari cek rekening saldo listrik, bayar listrik. Untuk info lebih lanjut, masyarakat dapat diperoleh melalui website resmi PLN. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here