sumber: hdfreewallpaper.net

Apa yang ada dibenakmu ketika menyebut teknologi informasi? Yup, banyak dari kita akan membayangkan seperangkat computer dan kawan-kawannya seperti mouse, CPU, keyboard dan juga jaringan-jaringan yang saling sambung menyambung menjadi satu tapi bukan Indonesia. Secara sederhana, teknologi adalah semua perangkat yang membantu kita untuk mengubah, memproses, membuat dan menyebarkan berbagai informasi. Outputnya bisa data, suara, gambar bergerak atau video. Maka dapat kita pastikan bukan cuma computer, TV, hanphone, radio, atau malah bisa juga berbagai peralatan elektronik rumah tangga yang dimasa sekarang sudah terintegrasi dengan telepon pintarmu.

Sebenarnya teknologi informasi adalah hal yang sudah ada seiring dengan kehadiran manusia, kenapa? Karena manusia senantiasa melakukan pertukaran informasi atau yang kita kenal dengan istilah komunikasi. Teknologi informasi ini terus berkembang seiring perkembangan manusia itu sendiri. Dan pastinya akan terus berkembang selama manusia ada dan terus melakukan perubahan. Tulisan kali ini, kita akan membahas perkembangan teknologi informasi yang dibagi dalam 3 babak atau 3 masa. Yaitu masa awal, pertengahan dan masa kini. Bagaimana perkembangan teknologi informasi dari setiap masa? Yuk, simak ulasannya!

  1. Masa-Masa Awal
sumber : www.weschool.id/

Masa ini adalah masa sejarah dan prasejarah. Tapi apakah teknologi sudah dikenal bahkan ketika awal kehidupan manusia? Bukannya waktu itu manusia disebut “primitive” yang berarti segala hal dilakukan dengan sangat sederhana, dengan serba apa-adanya. Jangan salah, manusia kala itu memang belum mengenal teknologi modern. Tapi mereka tetap menemukan dan menggunakan teknologi. Seperti yang dikatakan diawal tulisan, teknologi ada karena manusia juga ada.

Teknologi informasi tertua yang manusia temukan adalah Bahasa. Sejak zaman baheula, manusia senantia menggunakan bahasa untuk menyebarkan berbagai informasi. Awalnya bahasa yang digunakan sangat sederhana, melalui bahasa tubuh, atau juga menggunakan bahasa isyarat. Melalui Bahasa kita bisa tahu kalau “malam” adalah suatu keadaan dimana matahari tidak terlihat lagi dan waktunya beristirahat. Juga kita tahu bahwa seorang yang melahirkan kita bernama “Ibu”.

Penggunaan bahasa ini sayangnya terbatas. Karena bahasa ini hanya dimengerti oleh komunitas masyarakat tertentu. Kesulitan sekali jika harus menggunakan bahasa ditempat berbeda. Selanjutnya manusia memikirkan cara lain untuk berkomunikasi.

Beberapa waktu kemudian manusia mulai menggunakan symbol dan tulisan untuk saling bertukar informasi. Setiap symbol memiliki makna yang berbeda dengan symbol lainnya. Bangsa Mesir contohnya yang  menggunakan Hierogliph sebagai teknologi informasi mereka. Hierogliph ini dituliskan melalui berbagai media seperti kulit bintang dan batuan.

2. Masa Pertengahan

sumber : asset.kompas.com

Masa ini adalah masa dimana manusia sudah menemukan dan menggunakan alfabet juga angka. Yang memiliki efisiensi dan efektivitas yang lebih tinggi dibanding bahasa dan juga gambar. Manusia mulai menggunakan berbagai alat untuk mempermudah kehidupan mereka. Masih sederhana, tapi tidak sesederhana pada masa-masa awal.

Hingga pada tahu 1830 sebuah mesin analytical ditemukan oleh Lady Byron yang pada saat itu bekerja sama dengan Charles Babbage. Sebagai cikal bakal computer, mesin ini dibuat untuk mengolah data dan menghasilkan output berupa data. Perkembangan teknologi informasi selanjutnya berjalan cepat, hal ini ditandai dengan ditemukannya telegraph oleh Samuel Morse yang bertandem dengan Sir William Cook juga Sir Charles Wheatstone. Telegraph ini menggunakan kode morse, yang dihubungkan dengan kabel. Sehingga memungkinkan untuk berkomunikasi tanpa harus mengkhawatirkan jarak dan ruang.

Satu hal yang menarik dari perkembangan teknologi ini adalah repetisi. Gais, Bahasa kerennya adalah l’histoire se répète. Bu Nina, guru sejarah saya di SMA pernah berkata bahwa sejarah akan selalu menemukan jalannya untuk terulang. Tidak sama persis. Karena setiap peristiwa sejarah pastinya unik dan otentik, tapi ada pola yang bisa dibilang mirip.

Jika dizaman dahulu manusia mengenal bahasa terlebih dahulu lalu kemudian menggunakan symbol tulisan. Pada masa pertengahan ini, setelah manusia berhasil untuk menemukan teknologi informasi yang memungkinkan mereka untuk saling bertukar data. Manusia terus melakukan terobosan agar dapat berkomunikasi dan bertukar gambar. Sama kan? Bedanya dulu hanya gambar dalam bentuk symbol, kini gambar yang nyata dan lebih modern tentunya karena dihari kemudian teknologi informasi ini bisa membat kita bertukar sebuah gambar yang tadinya hanya gambar statis menjadi gambar dinamis yang bisa bergerak, video.

Kita melaju lagi ditahun dimasa Alexander Graham Bell mengembangkan sebuah teknologi informasi yang bisa membuat kita bertukar suara dengan seseorang nun jauh disana pada tahun tahun 1877. Tapi teknologi informasi canggih yang sudah dapat mengirimkan berbagai jenis data ini tentunya membutuhkan tempat penyimpanan. Sayang banget kan kalau udah bisa kirim foto tanpa bisa menyimpan, cuma bisa dipandang sekali doang terus menghilang. Masalah ini berhasil dipecahkan dengan ditemukannya system penyimpanan data berupa pita magnetis pada tahun 1899.

3. Masa kini  

sumber : alfianrputra.files.wordpress.com

Masa kini adalah masa dimana kita memasuki awal tahun 1900 dimana perkembangan teknologi informasi terus melaju. Hal ini ditandai dengan ditemukannya Televisi hingga sebuah computer digital pertama didunia, ENIAC 1 yang sebesar alaihum gambreng. Dimasa ini pula manusia berhasil mengembangkan transitor dan berhasil membuat satelit mengangkasa.

Pada masa ini, seorang karyawan di pabrik Motorola bernama Martin Cooper mencetuskan sebuah ide brilian. Ia menginginkan sebuah alat komunikasi yang fleksibel dan dapat digunakan dimana saja. Hal ini yang tidak dapat dipenuhi oleh telepon kabel. Dari pemikiran ini sebuah telepon yang bisa digenggam atau telepon genggam berhasil diperkenalkan dalam sejarah teknologi informasi manusia pada tahun 1983, walaupun masih 2 kg sih. Selain untuk berkomunikasi, mungkin juga bisa digunakan untuk melatih otot tanganmu.

Peristiwa lain yang menjadi sejarah dalam perkembangan teknologi informasi pada masa itu adalah ditemukannya komunitas internet oleh perusaan IT pertama bernama CERN, komunitas inilah yang selalu kita ketik diweb browser kita di hari ini. Apa hayo? Jawabannya adalah WWW atau World Wide Web.

Peristiwa yang tak kalah penting lainnya adalah perkembangan internet yang melaju seperti gaji kita, cepat sekali menyebar. Bedanya kalau gaji kita menyebar ke para produsen dan berbagai aplikasi belanja online. Perkembangan internet ini juga diimbangi dengan perkembangan berbagai perangkat seperti telepon genggam dan computer. Diluncurkannya Google pada tahun 1998 menjadi pelengkap berbagai rangkaian peristiwa penting terkait perkembangan teknologi informasi.

Kita memasuki babak baru tahun 2000-an dimana Nokia menjadi raja telepon genggam dunia dengan semua model dan serinya lalu digantikan oleh Blackberry dengan Blackberry messengernya pada tahun 2010-an. Dan disinilah kita, dengan system berbasis Android atau OS. Dengan berbagai perangkat teknologi informasi yang saling terintegrasi. Dengan satu telepon genggam kita bisa berbagi informasi dengan bentuk data, suara, gambar, kita dapat mengatur penanak nasi dirumah, mesin cuci, menyalakan lampu hingga mengetahui hari ini akan hujan atau tidak.

Semua kecanggihan teknologi informasi yang hari ini nikmati tentunya tidak akan berhenti berkembang. Dimasa depan semua kecanggihan ini akan memiliki celah untuk terus diperbaiki den ditingkatkan. Demikianlah perkembangan teknologi informasi dari masa kemasa yang kita ulas kali ini. Semoga perkembangan teknologi informasi ini juga dibarengi dengan kedewasaan kita dalam mengolah dan menggunakan informasi yang ada untuk kepentingan sesame dan kemanusiaan. Selamat melanjutkan hidup kawan-kawan!