Perbedaan GERD dan Serangan Jantung

0
82
Perbedaan GERD dan Serangan Jantung

Ekspose.ID – Perbedaan GERD dan Serangan Jantung. Banyak yang mengira bahwa nyeri yang terasa pada bagian dada masuk kategori penyakit jantung.

Padahal hal tersebut tidak selalu benar. Sebab, nyeri pada bagian dada atau mungkin dapat diagnosa sakit jantung, juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung hingga kerongkongan atau yang biasa disebut GERD.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentangnya, Anda perlu menyimak perbedaan gerd dan serangan jantung berikut ini;

Ciri dan Gejala

Orang yang didiagnosa menderita penyakit jantung biasanya dapat dilihat dari ciri-cirinya. Seperti halnya sulit dalam bernafas, keringat abnormal atau keluar tidak seperti biasanya saat melakukan olahraga.

Kemudian, keseimbangan tubuh tidak stabil atau sering pingsan, nyeri pada bagian dada sebelah kiri dan dada akan tersa seperi diremas atau ditekan-tekan. Bahkan nyeri juga dapat menyerang bagian tubuh lainnya.

Baca:  Manfaat Jus Wortel untuk Jantung dan Kecantikan

Sedangkan GERD atau penyakit yang disebabkan karena naiknya asam lambung hingga menuju kerongkongan ini, dapat dilihat juga dari ciri-cirinya.

Seperti halnya dada terasa nyeri dan terbakar, bahkan rasa nyeri itu dapat menyalukan ke tenggorokan yang disertai dengan rasa asam pada mulut.

Tidak hanya itu, mual, muntah, batuk kering, juga termasuk ciri penyakit GERD.

Faktor Penyebab

Perbedaan GERD dan serangan jantung selanjutnya dapat Anda ketahui dari faktor penyebabnya.

Penyakit jantung ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor usia, merokok dan orang yang berusia lanjut.

Kondisi ini sangat berpontesi besar memiliki resiko penyakit jantung. Selain itu ada juga karena jenis kelamin, dan seorang prialah yang beresiko besar terserang penyakit jantung.

Baca:  Menjaga Kesehatan Jantung, Begini Caranya!

Sedangakan penyakit GERD, biasanya dapat disebakan oleh faktor rokok, terlampau mengkonsumsi alhokol.

Juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi, terlalu banyak makan dalam satu sekali, sehingga lambung tidak mampu menyangga beban makanan yang masuk.

Selain itu, juga dapat terjadi karena Anda sering mengkonsumsi obat-obatan antiflamansi.

Resiko yang Dialami

Perbedaan selanjutnya yang dapat Anda ketahui adalah resiko yang akan dialami seseorang. Resiko penderita penyakit jantung yaitu kadar kolestrol yang tinggi, diabetes, stres yang berlebihan dan masih banyak lagi.

Sedangkan GERD, dapat diketahui resikonya seperti pembengkakan pita suara, kangker kerongkongan, batuk asma, radang kerongkongan, penyakit lesi pranker dan masih banyak lagi.

Apabila suatu hari memiliki keluhan pada bagian dada, semoga Anda dapat membedakan dan melakukan pertologan yang baik, sehingga tidak membahayakan kesehatan.

Baca:  Gejala dan Penyebab Serangan Jantung, Kenali Sejak Dini!

Itulah perbedaan GERD dan serangan jantung yang perlu Anda waspadai dan pelajari. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here