Perawatan Wajah Usia 40 Tahun ke atas, Kulit Lebih Muda

0
195
Perawatan Wajah Usia 40 tahun
Ilustrasi perawatan Wajah Usia 40 tahun (foto: beautynesia)

Ekspose.ID – Perawatan wajah usia 40 tahun ke atas ternyata penting untuk Anda lakukan. Karena setelah memasuki usia 40 tahun, sebagian besar perempuan akan mulai mengalami berbagai macam perubahan. Hal tersebut terutama terjadi pada bagian kulit, akibat adanya penurunan hormon.

Adapun hormon yang bertugas menjaga kulit  tetap kencang adalah hormon Estrogen dan progesteron. 

Namun, dengan bertambahnya usia, kadar hormon dalam tubuh akan mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan kulit Anda menjadi lebih halus dan kering. 

Ketika Anda telah menginjak  usia 40 tahun, perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan melakukan perawatan kecantikan saat masa muda dulu masih dapat anda lakukan saat ini.

Sebenarnya, pada usia ini kulit Anda memerlukan perawatan khusus. Akan tetapi, hal ini berbeda dengan Anda pada saat berusia 20 tahun yang masih memiliki kulit lembut dan juga halus. 

Pada usia ini, akan tampak terlihat lebih jelas adanya kerutan dan kendur pada kulit. Untuk itu, Anda tak perlu khawatir.

Berikut ada beberapa tips untuk melakukan perawatan wajah pada usia 40 tahun ke atas.

Tips Perawatan Wajah Bagi Usia 40 Tahun Ke atas

Rajin dan Rutin  Mencuci Muka

Rutinitas perawatan kecantikan yang harus Anda lakukan adalah rajin mencuci muka. Terutama setelah menggunakan riasan wajah dan sebelum tidur.  

Setelah bangun tidur, sebaiknya mencuci muka dengan menggunakan air hangat. Lalu bersihkan kotoran dengan kapas dan memakai produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit sampai wajah benar-benar bersih.

Rutinitas ini sangatlah penting untuk menjaga kulit Anda supaya terlihat lebih muda dan bercahaya.

Tetap Menjaga Kelembaban Kulit

Perawatan wajah usia 40 tahun ke atas selanjutnya adalah penggunaan pelembab kulit secara teratur. Tujuannya untuk menjaga kelembaban kulit agar lembut dan kenyal.

Gunakan pelembab wajah yang memiliki kandungan anti penuaan. Anda dapat  memilih krim yang mengandung asam hialuronat, kolagen, dan juga vitamin C.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Penuan kulit sering terjadi akibat dari paparan sinar matahari. Ini menimbulkan  plek dan  bintik-bintik di wajah.

Pada usia 40 tahun, penting bagi Anda untuk menggunakan tabir surya di setiap harinya terutama saat akan keluar rumah. Anda dapat memakai tabir surya dengan SPF minimal  30.

Dengan mengoleskannya pada bagian wajah, leher dan garis leher. Karena hal itu akan lebih banyak mengungkapkan adanya tanda-tanda penuaan. Dalam penggunaan riasan, lebih baik memakai produk yang memiliki kandungan tabir surya.

Rutin Menggunakan Serum

Kondisi kulit pada Usia 40 tahun ke atas cenderung kering dan sering bermasalah, khususnya dengan tanda penuaan. Salah satu penyebabnya adalah gangguan hormon.

Penggunaan serum anti penuaan merupakan cara untuk mengatasinya. Namun sebagian besar orang jarang menggunakan serum wajah.

Padahal, serum termasuk salah satu bentuk perawatan terbaik yang dapat menjaga kulit tampak muda, halus dan bercahaya.

Sebelum menggunakan pelembab, Anda dapat menggunakan serum lebih dulu. Sebaiknya gunakan serum yang memiliki efek restoratik atau banyak mengandung vitamin.

Melakukan Pengelupasan Kulit

Melakukan pengelupasan kulit bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Tentunya, hal ini sangat baik dalam meregenarasi sel-sel kulit dan menunda proses penuaan dini.

Karena efeknya kulit menjadi lebih kering, maka Anda sebaiknya menggunakan produk yang mempunyai formula khusus untuk kulit orang dewasa.

Penggunaan Make up yang Tepat

Pemilihan make up yang tepat adalah kunci untuk dapat tampil lebih muda dan memukau. Seiring bertambahnya usia, maka kulit akan cenderung lebih kering.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menjaga kelembaban. Menggunakan riasan yang memiliki efek dewy, akan memberikan kulit Anda terkesan bercahaya dan kenyal. Ada baiknya menggunakan produk berbentuk krim.

Penggunanaan  primer yang berkualitas sangat baik untuk meratakan  permukaan kulit. Tujuannya untuk menyamarkan keriput pada wajah agar tidak terlihat jelas.

Pada bagian mata, Anda dapat menggunakan warna matte. Hindari  warna shimmery dan mengandung glitter.

Pentingnya Menggunakan Concealer dan Color Correctors

Ketika memasuki usia 40 an, penggunanaan concealer dan color correctors sangat penting. Keduanya berfungsi untuk menyamarkan lingkaran hitam kantung mata dan noda bekas luka.

Bagi yang memiliki warna kulit sawo matang, sebaiknya menggunakan color correctors berwarna  kuning dan oranye.

Perawatan Alis dan Bulu Mata

Pada bagian alias dan bulu mata juga perlu Anda lakukan perawatan. Karena alis dan mata memiliki peranan penting supaya Anda terlihat nampak lebih muda. 

Anda dapat menggunakan maskara yang memanjang serta bervolume. Hal itu untuk memberi kesan mata terlihat lebih terjaga dan menambahkan sentuhan jadi lebih muda.

Itulah beberapa tips perawatan wajah untuk usia 40 tahun ke atas yang dapat Anda praktekkan sehari-hari.

Melakukan berbagai macam aktivitas dapat membuat wajah menjadi kusam. Oleh karena itu, perlunya mengimbangi dengan waktu untuk istirahat yang cukup. (CW001)

Editor : Deni Supendi