Olahraga untuk Penderita Vertigo Ini Terbilang Aman

0
641
Olahraga untuk Penderita Vertigo

Ekspose.ID – Olahraga untuk Penderita Vertigo Ini Terbilang Aman. Vertigo adalah perasaan pusing yang diikuti sensasi berputar-putar akibat pergerakan kepala yang terlalu cepat.

Kejadian ini sering terjadi pada setiap orang terlebih orang yang sudah lanjut usia. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya vertigo terlalu sering adalah dengan olahraga.

Olahraga untuk pengidap vertigo pun berbeda dengan olahraga yang sering dilakukan oleh orang normal. Apa sajakah olahraga yang bisa dilakukan oleh para penderita vertigo? Yuk, simak info penting berikut ini.

Step Up

Olahraga untuk penderita vertigo yang satu ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan tangga yang memiliki pegangan atau dekat dengan tembok.

Langkah pertama bisa anda lakukan dengan menaiki tangga menggunakan kaki kiri lalu diikuti dengan kaki kanan.

Kemudian turunlah menggunakan kaki kanan dan ikuti dengan kaki kiri. Lakukan pengulangan sebanyak lima kali pada setiap sisi kaki.

Heel to Toe Walk

Olahraga untuk penderita vertigo adalah Heel to Toe Walk. Cara melakukan heel to toe walk ini juga cukup mudah, hanya dengan memposisikan tumit kaki kanan berada persis didepan jempol kaki kiri.

Fokuskan pandangan kedepan untuk menghindari rasa pusing yang mungkin tiba-tiba muncul. Jika sekiranya ragu, anda bisa melakukan olahraga ini didekat dinding agar bisa dijadikan tumpuan apabila tiba-tiba kehilangan keseimbangan.

Coba lakukan sebanyak lima langkah terlebih dahulu, jika sekiranya keseimbangan mulai terjaga cobalah untuk menjauh secara perlahan dari dinding.

One Leg Stand

Olahraga ini bisa dilakukan dengan cara berdiri dan menghadap ke arah dinding kemudian merentangkan kedua tangan dan ujung tangan kiri menyentuh ke dinding.

Cobalah untuk mengangkat kiri dan sejajarkan dengan kedua pinggul, tekuk lutut kanan. Tahan gerakan ini selama 5 hingga 10 menit. Setelah itu, perlahan-lahan turunkan kaki ke lantai. Lakukan dengan kaki satunya.

Berjalan Menyamping

Olahraga untuk penderita vertigo selanjutnya adalah berjalan menyamping. Cobalah berdiri dengan kedua kaki dalam posisi rapat dan posisi lutut sedikit ditekuk.

Ambil langkah kesamping sedikit demi sedikit secara teratur. Satu kaki melangkah terlebih dulu ke arah satu kaki lainnya.

Lanjutkan dengan gerakaan kaki satunya mengikuti pergerakan kaki sebelumnya. Jangan menurunkan satu sisi pinggul pada saat melangkah ke samping.

Pada setiap latihan lakukanlah 10 langkah, bisa dilakukan dengan melangkah dari ruang satu ke ruang lainnya.

Berjalan Menyamping dengan Menyilangkan Kaki

Olahraga yang aman selanjutnya adalah dengan berjalan menyamping dan kaki siposisikan menyilang.

Cara melakukannya pun hampir sama dengan olahraga kaki menyamping. Hanya saja posisi kaki disilangkan. Satu kaki dibentuk menyilang dengan berada didepan kaki lainnya.

Untuk menutupnya, anda bisa melakukan dengan cara menaruh kaki kiri disebelah kaki kanan. Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 10 langkah atau melakukannya dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Demikianlah beberapa Olahraga untuk Penderita Vertigo yang terbukti aman dan dapat dilakukan di rumah. Meski memiliki vertigo, penting bagi Anda untuk tetap melakukan olahraga agar tubuh mejadi lebih sehat dan tidak gampang terserang vertigo. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here