Menjaga Kesehatan Jantung, Begini Caranya!

0
162
Menjaga Kesehatan Jantung, Begini Caranya!

Ekspose.ID – Menjaga Kesehatan Jantung dan kebiasaan yang menyehatkan jantung. Jantung merupakan salah satu organ vital yang memiliki peran sangat penting dalam tubuh dan bekerja tanpa henti.

Salah satu peranannya yakni memompa darah ke seluruh tubuh untuk kelangsungan hidup. Oleh karena itu, Anda harus menjaga jantung sehat supaya tidak mudah terserang penyakit.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga Secara Rutin

Membiasakan melakukan olahraga secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, sempatkan waktu berolahraga sekitar 20-30 menit sehari.

Karena dengan rutin berolahraga, dapat memberikan manfaat sangat baik bagi kesehatan jantung. Olahraga yang bisa Anda lakukan seperti jogging, jalan kaki, berenang, atau sekedar naik turun tangga.

Berhenti Merokok

Cara Menjaga Kesehatan Jantung selanjutnya yakni berhenti merokok. Merokok dapat memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan jantung, yakni berisiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung koroner.

Karena zat racun pada rokok dapat merusak pembuluh darah pada jantung, yang lama kelamaan akan membuat aliran darah menjadi terganggu.

Hal ini dapat menyebabkan fungsi jantung terganggu pula karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

Menjaga Kadar Gula Darah

Menjaga Kesehatan Jantung selanjutnya yakni dengan menjaga kadar gula darah. Hal ini karena kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan risiko terkena penyakit jantung.

Sebab kadar gula yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah.

Baca:  Gejala dan Penyebab Serangan Jantung, Kenali Sejak Dini!

Upaya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini yaitu seperti mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Menjaga Tekanan Darah

Cara Menjaga Kesehatan Jantung selanjutnya menjaga tekanan darah. Menjaga tekanan darah sangat penting untuk menjaga jantung tetap sehat.

Karena apabila tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di beberapa organ penting seperti jantung.

Untuk itu, Anda harus melakukan upaya untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal, seperti mengurangi asupan garam dan membatasi minum alkohol.

Konsumsi Makanan Berserat

Cara Menjaga Kesehatan Jantung selanjutnya adalah konsumsi makanan berserat. Mengonsumsi makanan yang berserat dapat menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.

Hal ini bisa membantu menjaga jantung tetap sehat sebab kolestrol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Makanan yang mengandung banyak serat seperti sayuran, buah-buahan, gandum, kacang, dan sereal. Namun, harus bertahap jangan sekali makan langsung dalam jumlah banyak.

Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Cara menjaga jantung sehat selanjutnya adalah mengurangi konsumsi lemak jenuh. Lemak jenuh yang terlalu banyak juga tidak bagus bagi kesehatan jantung Anda.

Hal ini karena lemak jenuh dapat meningkatkan kolestrol dalam darah. Kolestrol yang menumpuk dalam darah dapat menyumbat pembuluh jantung.

Oleh karena itu, Anda harus mengurangi konsumsi lemak jenuh seperti kulit ayam, daging merah, produk susu yang kaya lemak, dan margarin.

Baca:  Perbedaan GERD dan Serangan Jantung

Cara menjaga kesehatan jantung ini harus diperhatikan, terutama bagi Anda yang sudah memasuki usia 60 tahun keatas. Karena pada usia tersebut Anda akan sangat rentan terserang penyakit jantung.

Kebiasaan yang Menyehatkan Jantung

Sarapan adalah kebiasaan yang menyehatkan jantung.

Jantung merupakan organ yang sangat berperan dalam tubuh manusia dimana fungsi utama adalah memompa darah keseluruh tubuh.

Sehingga jantung merupakan organ tubuh yang harus dijaga karena dilihat dari fungsinya sudah jelas bahwa jantung merupakan organ yang mengendalikan, mengatur darah ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui kebiasaan yang menyehatkan jantung Anda sebagai berikut;

Sarapan  Pagi

Kebiasaan utama yang harus Anda lakukan yakni sarapan pagi dengan tepat waktu.

Dengan ini tubuh Anda akan bekerja secara maksimal dan mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas.

Bahkan, menurut penelitian, orang yang terbiasa tidak sarapan pagi memiliki resiko serangan jantung yang lebih tinggi.

Maka dari itu sarapan pagi merupakan hal yang sangat penting untuk merawat jantung Anda, sehingga sarapan pagi tidak boleh telat.

Berjalan Kaki

Berjalan kaki menjadi kebiasaan yang dapat menyehatkan jantung karena dengan melakukan aktivas dapat membantu memperkuat jantung.

Selain itu, juga meningkatkan sirkulasi darah, dan membawa lebih banyak oksigen ke organ-organ tubuh.

Sebenarnya, tidak harus berjalan kaki, namun yang terpenting adalah melakukan aktivitas supaya tidak diam saja, sehingga jantung dapat melakukan tugasnya secara baik.

Baca:  Manfaat Jus Wortel untuk Jantung dan Kecantikan

Sering Tertawa dengan Hati Gembira

Kebiasaan yang menyehatkan jantung selanjutnya yakni sering tertawa. Kebiasaan ini merupakan hal yang menggambarkan kegembiraan.

Selain itu, ternyata tertawa merupakan hal yang juga menyehatkan tubuh, terutama jantung.

Mengapa demikian, karena ketika Anda tertawa, dapat membantu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan produksi oksigen di dalam peredaran darah.

Rutin Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Adanya penyakit jantung biasanya kerap terjadi karena tekanan darah tinggi dan kolesterol jahat yang bisa menyempitkan pembuluh darah serta menghambat aliran darah ke jantung.

Maka dari itu, Anda harus membiasakan hidup sehat dengan mengonsumsi buah dan sayuran, sehingga organ tubuh Anda, terutama jantung, berfungsi dengan baik.

Tidur Cukup

Kebiasaan yang menyehatkan jantung berikutnya yakni tidur atau istirahat dengan cukup.

Kebiasaan ini telah dibuktikan oleh hasil penelitian studi yang dilakukan oleh Chicago medical school.

Penelitian tersebut menyebutkan, seseorang tidur kurang dari 6 jam sehari akan beresiko mengalami stroke atau serangan jantung dan gagal jantung.

Tidur yang cukup sangat bermanfaat, karena dengan tidur yang cukup hormon dalam tubuh manusia menjadi seimbang. 

Itulah mengenai kebiasaan yang menyehatkan jantung yang bisa dijadikan referensi. Anda dapat menerapkannya untuk mengantisipasi sebelum terserang penyakit jantung.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Itulah mengenai cara menjaga kesehatan jantung dan kebiasaan yang menyehatkan jantung. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here