Mengenang Kota Semarang Tempo Dulu Di Kota Lama

0
112
Kota Lama, mengenang semarang tempo dulu
Foto :mytrip123.com

Ekspose.ID – Mengenang Kota Semarang tempo dulu di Kota Lama menjadi destinasi yang sangar menarik. Tidak hanya sebagai tepat yang cocok untuk berselfie, di tempat tersebut kita juga dapat mengetahui sejarah dari Kota Semarang.

Kota Semarang merupakan Ibukota dari Provinsi Jawa Tengah dan termasuk ke dalam salah satu kota terbesar di Indonesia. Memiliki penduduk yang padat dan pemandangan perkotaan yang indah.

Sering kali Kota Semarang menjadi destinasi terfavorit bagi wisatwan. Ada beragam tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan wisatawan yang datang merasa betah berada dalam kota ini serta ingin menjadi penduduk tetap.

Meskipun mungkin keindahan wisata di Semarang tidak seindah tempat wisata lainm tetapi obyek wisata di Semarang memiliki keunikan tersendiri yang dapat memikat hati para wisatwan yang datang.

Kota Semarang memiliki beraneka ragam jenis obyek wisata yang indah, seperti wisata budaya, wisata alam, wisata bahari, hingga wisata kuliner yang lengkap. para wisatawan sangat mencintai kuliner khas Indonesia.

Berwisata ke Kota Semarang terasa kurang jika tidak mengetahui wujud dari kota saat dulu. Wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang bisa mengunjungi mengenang Kota Semarang tempo dulu di Kota Lama secara jelas.

Membayangkan Keindahan Kota Lama

Kota Lama merupakan kawasan bangunan kuno yang berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Banyak spot zaman kuno yang keren untuk background berfoto. Letak wisata juga strategis sehingga mudah menjangkau tempat ini.

rata-rata yang datang mengunjungi spot untuk hunting foto yang bagus. Yang biasanya para remaja memasanga hasil hunting foto tersebut ke dalam media sosial. Hal ini tentu menjadi hal yang menarik bagi kaum milineal.

pada are Kota Lama terdapat berbagai spot foto yang bagus, mulai dari Taman Srigunting, stasiun, pabrik  rokok, penjual barang antik, hingga terdapat pula kafe atau restauran bergaya kuno.

Kawasan obyek wisata Kota Lama sangat cantik saat malam haru, ada berbagai hiasan pencahayaan yang terpasang pada area wisata. Sehingga banyak orang mengunjungi wisata ini pada waktu malam hari untuk bersantai ataupun berkeliling kawasan.

Mengenang Sejarah Dari Kota Lama

Mengenang Kota Semarang tempo dulu di Kota Lama yang menarik untuk ditelusuri lebih dalam. Keberadaan kawasan ini tentu memiliki sejarah yang tersimpan dari zaman dahulu.

Kawasan wisata ini memiliki bangunan yang menggunakan gaya Eropa sekitar tahun 1700an. Pemerintah kolonial Belanda yang dahulu membangun kawasan ini sehingga mengusung gaya Eropa khas Belanda.

Kolonial Belanda mulai membangun Kota Semarang setelah terjadi penandatangan perjanjian antara VOC dengan Kerajaan Mataram. Perjanjian tersebut berisi tentang Kerajaan Mataram akan menyerahkan Semarang kepada VOC.

Penyerahan Semarang kepada VOC  pada tanggal 15 Januari 1678 menjadi tanda bayaran karena VOC telah berhasil membasmi pemberontak Trusnojoyo.

Setelah pemerintahan Belanda memimpin, pembangunan Kota Semarang beristirahat tentara Belanda memulai dengan membangun benteng. Pemerintah Belanda memfungsikan benteng tersebut sebagai pusat militer dan juga tempat tinggal rakyat Belanda.

Pembangunan benteng oleh kolonial Belanda menyebutnya juga sebagai Benteng Vijhoek. Dengan membangun benteng pemerintah Belanda bermaksud untuk memberi keamanan bagi rakyatnya.

Dan pada tahun 1740-1743 terjadi “Geger Pecinan” peristiwa besar ini terjadi antara VOC dengan rakyat China. Akan tetapi VOC berhasil menguasai daerah tersebut yang kemudian membangun benteng lagi memenuhi kawasan mengenang Kota Semarang tempo dulu di Kota Lama

Pada tahun 1824, rakyat Belanda membongkar kembali benteng yang sudah terbangun. Hal tersebut karena ketidak selarasan antara pembangunan dan perkembangan yang terjadi pada kawasan tersebut.

Hingga pada abad ke 19-20, Kota lama menjadi pusat perdagangan yang melindungi daerah beserta warganya. Kemudian VOC membangun jalur 3 pintu gerbang dan menggunakannyauntuk jalur perhubungan pada kawasan ini.

Di daerah kawasan Kota Lama terdapat 50 banguna kuno yang masih berdiri kokoh  sehingga Kota Lama memiliki julukan lain sebagai “Little Netherland”. Bangunan di kawasan ini menggunakan gaya yang sangat identik dengan gaya Eropa.

Tentang Kota Lama Sebagai obyek Wisata

Obyek wisata kota lama yang sudah terkenal pasti membuat tertarik wisatawan untuk segera datang berkunjung ke tempat ini. Tetpi masih ada pula yang belu mengetahui tentang obyek wisata Kota Lama, mengenang semarang tempo dulu.

Dengan berwisata kesini tentu orang dapat melihat perwujudan Kota Semarang pada zaman dahulu atau ketika penjajahan oleh Belanda. Tidak hanya berwisata, pengunjung yang datang akan mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai searah Kota Lama.

Jika berminat mengunjungi obyek wisata ini, berikut tentang obyek wista Kota Lama”

Lokasi Obyek Wisata Kota Lama

Lokasi Kota Lama sangat strategis karena berada di tengah Kota Semarang. Letak kawasan ini ada di area Sungai Mberok atau Pecinan. Lokasi kawasan Kota Lama sangat dekat pusat perbelanjaan Pasar Johar.

Rute Menuju Lokasi Kota Lama

Dari arah solo bisa mengambil arah selatan melewati Banyumanik lurus Mt. Haryono hingga bundaran dan mengambil Jl. Cendrawasih. dari arah kendal bisa mengambil arah timur menuju Tugu Muda terus jl. Pemuda sampai pasar ke kiri sedikit.

Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari arah Demak bisa mengambil  arah barat melewati terminal Terboyo kemudian juga melewati Jl. Raden Patah.

Waktu Buka Tutup Obyek Wisata

Mengenang Kota Semarang tempo dulu di Kota Lama merupakan obyek wisata yang berada di area jalan umum. Sehingga obyek wisata ini terbuka bagi wisatawan selama 24 jam. Namun selama pandemi pemerintah Kota Semarang lebih membatasiaktivtas di tempat wisata..

Harga Tiket Masuk Area Wisata

Untuk memasuki area obyek wisata Kota Lama tidak ada biaya tiket sama sekali alias gratis. Akan tetapi untuk mengunjungi obyek lain seperti kafe bergaya Belanda atau Museum 3D, pengelola akan mengenakan tarif.

Fasilitas Lain Yang Tersedia

Tidak hanya bangunan kuno, pabrik dan stasiun saja yang ada di sekitar obyek wisata. Ada juga Museum 3D serta kafe bergaya kolonial Belanja yang tidak kalah menarik.

Setiap week day atau weekend biasanya pengelola obyek wisata megadakan acara musik sebagai hiburan bagi wisatawan yang datang. Taman yang cantik cocokuntuk tempat nongkrong bersamatena da keluarga, selain itu juga ada Gereja Blendhuk.

Megunjungi Kota Semarang lebih lengkap dengan berkunjung ke kawasan Kota Lama. Dalam kawasan ini tidak hanya berisi bangunan kuno, melainkan juga ada bebarapa wisata terbaru di masih berada satu kawasan.

Bagi wisatawan yang mencari tempat untuk hunting foto bisa datang k obyek wisata ini.mulai dari Gereja Blendhuk dengan keunikan bangunannya, Taman Srigunting yang cantik dengan berbagaihiasan, dan pabrik rokok peninggalan zaman dahulu.

Akan tetapi sekarang sudah banyak renovasi dan pembangunan wisata baru untuk mengenang Kota Semarang tempo dulu di Kota Lama yang sangat bagus seperti, kafe otentik, 3D Trick Art Museum, dan juga Semarang Contemporary Art Gallery.