Berita Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga, Begini Caranya!

Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga, Begini Caranya!

-

- Advertisment -

Ekspose.IDMengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga, Begini Caranya! Rasa nyeri akan muncul setelah melakukan aktivitas olahraga cukup berat yang disebabkan karena otot-otot meregang dan kaku.

Hal ini terjadi jika Anda telah mencoba melakukan olahraga jenis baru. Namun Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kejadian ini, karena nyeri akan bertahan selang selama beberapa hari saja.

Cara Mengatasi Nyeri Otot

Kompres di Area Nyeri

Cara mengatasi nyeri otot setelah olahraga yang pertama adalah dengan mengkompres di area yang terasa nyeri. Pasalnya, mendinginkan pada area nyeri dapat membantu otot-otot mengeluarkan cairan.

Metode ini bisa membuat rasa nyeri tersebut berkurang. Kemudian dengan melakukan pemijatan melalui teknik acupressure pada area yang bengkak maupun terasa kaku.

Memijat Nyeri dengan Lembut

Cara mengatasi nyeri otot yang kedua adalah dengan memijat secara lembut bagian tubuh yang terasa nyeri.

Teknik ini dapat meningkatkan aliran darah maupun saraf menjadi terangsang. Dalam hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri atau pembengkakan pada otot.

Baca Juga: Manfaat Jus Wortel untuk Jantung dan Kecantikan

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri Otot

Cara mengatasi nyeri otot setelah olahraga yang ketiga adalah denganmengonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit atau nyeri.

Dengan cara ini, biasanya tubuh yang sakit dapat beraktifitas kembali. Adapun obat pereda nyeri yang bisa anda konsumsi meliputi aspirin dan ibuprofen.

Konsumsi Makanan Sehat Bebas Kolestrerol

Cara mengatasi nyeri otot yang keempat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat bebas kolesterol.

Makanan juga berpengaruh sebagai penyembuhan rasa nyeri. Ketika Anda mengalami nyeri pada otot, maka yang perlu dihindari adalah mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi.

Perbanyak Istirahat

Cara mengatasi nyeri otot yang kelima adalah dengan memperbanyak istirahat. Agar otot tidak merasakan nyeri, Anda perlu mengistirahatkan badan dengan tidur selama 8-9 sehari.

Selain itu, juga perlu diseimbangkan dengan mengkonsumsi makanan dengan tinggi protein. Minumlah juga air putih yang cukup supaya terhindar dari dehidrasi.

Mengoleskan Balsam

Cara mengatasi nyeri otot setelah olahraga yang keenam adalah dengan mengoleskan balsam. Obat luar ini dapat mengurangi rasa nyeri pada otot.

Anda hanya perlu mengoleskan balsam yang disertai dengan pijatan lembut. Maka dalam waktu cepat rasa nyeri akan berkurang.

Balsam menimbulkan sensasi panas di dalam tubuh dan sensasi dingin di luar kulit, sehingga membuat Anda terasa nyaman. 

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Jantung, Begini Caranya!

Perhatikan Asupan Cairan Pada Tubuh

Cara mengatasi nyeri otot selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan cairan pada tubuh. Jika Anda mengalami dehidrasi, maka pemulihan nyeri pada otot akan berlangsung cukup lama.

Hal ini dikarenakan jaringan pada otot memerlukan asupan air mineral sebagai penyembuhan dengan cepat. Jadi usahakan untuk tidak kekurangan cairan agar nyeri otot tidak bertahan lama.

Memperbaiki Aliran Darah

Hal ini dapat Anda lakukan dengan melakukan pendinginan setelah berolahraga. Caranya bisa berjalan lambat atau dapat juga dengan melakukan aktifitas lain agar aliran darah normal kembali.

Sebaiknya sebelum memulai olahraga berat, Anda perlu pelajari terlebih dahulu cara mengatasi nyeri otot setelah olahraga supaya setelahnya dapat menemukan solusi dengan tepat. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ini Pencapaiannya

Ekspose.ID - Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ini Pencapaiannya. Badan Antarika adalah lembaga pemerintah suatu negara yang...

Bisnis Burung Lovebird di Ciamis Kena Imbas Corona

Ekspose.ID - Bisnis Jual Beli Burung Lovebird di Ciamis Kena Imbas Corona. Wabah virus corona ternyata membawa...

Sistem Belajar Online, Penting Buat Guru dan Siswa

Ekspose.ID - Wabah covid-19 di Indonesia saat ini membuat pemerintah memutuskan untuk melakukan sistem belajar online di...

Gaya Hidup Boros, Waspadai Pemicunya!

Ekspose.ID - Gaya Hidup Boros, waspadai pemicunya!. Setiap orang tentu memiliki gaya hidup yang berbeda-beda. Bergantung pada...

Warga Binaan Lapas Ciamis Dibebaskan, Ini Alasannya!

Ekspose.ID – Warga Binaan Lapas Ciamis dibebaskan. Sembilan belas orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas...

Pilih Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru?

Ekspose.ID – Pilih Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru. Berkat perusahaan leasing atau finance, memiliki mobil dengan...

Wajib Baca!

Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ini Pencapaiannya

Ekspose.ID - Badan Antariksa Terbaik di Dunia,...

Bisnis Burung Lovebird di Ciamis Kena Imbas Corona

Ekspose.ID - Bisnis Jual Beli Burung Lovebird...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you