Cara Mudah Menanam Jahe di Rumah

0
29

Cara mudah Menanam  Jahe di rumah.Anda bisa coba menanam jahe di rumah dengan langkah mudah. Cara menanam jahe tidak begitu sulit. Cukup siapkan media tanam, air dan siram secara teratur

Anda bisa tanam di seperti pekarangan rumah untuk bisnis. Oleh karena itu, Anda pun dapat lakukan menanam jahe di rumah dengan polybag atau pot bunga.

Tahapan Cara Menanam Jahe di Rumah

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum lakukan menanam bibit jahe di rumah selanjutnya Anda siapkan peralatan budidaya jahe. Anda cukup siapkan peralatannya seperti: pupuk yang terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang ayam dan pupuk organik. Selain itu, siapkan juga polybag dengan ukuran 40×50 centimeter dan

Pemilihan Bibit Jahe

Pilh  bibit jahe yang usianya  sudah tua kira-kira 10-12 bulan. Kemudian, pastikan rimpang jahe yang Anda pilih tersebut jenis jahe   berkualitas baik, segar, dan tidak keriput.

Kemudian, rimpang jahe itu utuh,   bebas dari serangan penyakit,  seperti:  jamur.. Selain itu, Jahe tidak terdapat bekas hama, dan parasit, kemudian warna rimpang masih cerah dan bersih.

Pilih rimpang jahe. kulitnya mengkilap dan dagingnya keras dan ada calon mata tunas pada bibit jahe.

Jika Anda melihat rimpang jahe  terlihat mengkilap, keras dan calon mata tunas , maka syarat telah terpenuhi

Langkah selanjutnya, letakkan jahe pada ruangan bersuhu sejuk. Atau Anda bisa meletakkannya di atas tanah.

Simpan rimpang jahe di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah itu, siram dengan air dan Anda biarkan selama beberapa hari sampai jahe mengeluarkan tunas.

Anda lihat secara rutin jahe tersebut ada yang membusuk atau tidak. Pisahkan bibit yang bertunas.berukuran 1-2 centimeter itu  dipindahkan ke media tanam.

Persiapan Media Tanam

Langkah awal menanam.jahe di rumah yang Anda lakukan  dengan menyiapkan media tanam dan Anda dapat pakai pupuk  kandang ayam  .
 
Ketika Anda akan lakukan penanaman bibit jahe. Pastikan Anda siapkan media tanam yang terdiri dari pupuk kandang ayam, pupuk kompos dan tanah

Hal lain Anda perlu memperhatikan kondisi pupuk yang berkualitas. Dengan cara ini Anda bisa menghasilkan bibit tanaman jahe yang subur.

Pilih pupuk dari kandang ayam yang berkualitas,  ambil pupuk kompos dan tanah dalam kondisi baik. Campur pupuk dari  kandang ayam, pupuk kompos dan  tanah sampai rata.

Setelah itu,  pastikan campuran tersebut memiliki perbandingannya 1:1. Keunggulan lain dari pupuk kandang ayam Anda   tidak perlu lagi tambahkan sekam padi.

Karena pupuk  kandang ayam sudah banyak mengandung sekam padi. Lalu, selama 1 minggu. Dengan cara in terjadi fermentasi   secara alami dan tanah  lebih subur berkualitas

Cara Membuat Bibit Jahe di Polybag

Langkah berikutnya  Anda ambil media tanam  kantong plastik polybag. Ambil pot bunga  yang dibagian bawahnya telah Anda lubangi sebagai drainase

Kemudian, masukkan campuran pupuk kandang ayam yang telah Anda siapkan tadi ke dalam polybag. Masukkam  rimpang jahe ke setiap lubang tanam    dan tutup rimpang  jahe dengan  media pupuk.

Tanam bibit jahe sedalam 5-10 centimeter. Pastikan mata tunas berada di atas. Jika bibit jahe Anda tanam secara berderet. Pastikan jarak di setiap potongan tidak saling berdekatan.

Anda  letakan  media tanam  jahe  pada tempat yang teduh dan lembab. Hal lain yang perlu Anda  perhatikan  saat tanam  jahe. Pastikan media tanam tetap terjaga kelembabannya

Cara Pemelharaan

Penyiraman

Setelah proses tanam jahe selesai Anda merawatnya sampai masa panen tiba. Bibit jahe  bisa tumbuh baik dan subur yang harus Anda lakukan dengan   jauhkan pot dari sinar matahari. Kemudian, Anda letakan pada suhu 24-30 derajat celcius.

Setelah itu, Anda siram  bibit jahe dengan air setiap hari. Pastikan  airnya  tidak berlebihan agar jahe tidak membusuk. Kemudian, pastikan pula pot yang Anda gunakan memiliki drainase yang baik.

Penyiangan Gulma

Setelah proses penanaman bibit tanaman jahe  selesai Anda bisa lakukan membersihkan gulma. Anda penting lakukan  penyiangan atau membersihkan gulma  supaya gulma tidak  ganggu pertumbuhan tunas jahe  yang Anda tanam

Anda harus perhatikan saat penyiangan berlangsung, yaitu  Waktu. Waktu yang tepat aktivitas membersihkan gulma  terhadap media  semai  saat persemaian sedang berlangsung sampai tunas jahe tumbuh.

Waktu itulah media semai lembab memicu munculnya gulma. Anda dapat lakukan  penyiangan  secara pelan-pelan. Kemudian, pastikan pula media tanam  benih jahe bersih dari gulma.

Anda harus lakukan penyiangan  agar nantinya  bibit tanaman jahe  bisa tumbuh subur dan berkualitas.

Pembubunan

Pembubunan pakai edia tanam dan pupuk kandang agar tanah tetap subur, gembur, nutrisi dan menutup rimpang yang muncul ke permukaanmembentuk rumpun 3-4 batang dan dilakukan 3-4 kali sampai Penen.

Pemupukan Susulan

Anda bisa lakukan pemupukan usulan saat tanaman berumur dua, empat dan empat bulan Anda bisa pakai pupuk organik, pupuk kandang sebanyak setengah kilogram per polybag. emupukan dapat bersamaan dengan kegiatan pembubunan

Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Jahe di Polybag

Hama

Hama tanaman jahe yaitu, ulat penggerek akar dan kumbang. Kemudian cara atasi serangan dari hama dengan cara bersihkan lingkungan tanaman dan penyemprotan insektisida.

Penyakit

enyakit pada tanaman jahe, yaitu lagu bakteri, penyakit busuk rimpang, penyakit bercak daun. Pemilihan bibit yang sehat, menjaga sanitasi, penyemprotan bakterisida dan fungsida menjadi cara terbaik menanggulangiya

Masa Panen dan Cara Panen

Saat panen bibit tanaman jahe  yang Anda tanam pastikan minimal berusia 8 bulan, atau sekitar 10-12 tahun. Namun, Anda bisa juga panen ketika jahe berusia 4 bulan.

Ciri-ciri tanaman yang siap panen yaitu sudah cukup umur cukup tua, kemudian daunnya berwarna kuning dan mengering. Cara panen budidaya jahe poliybag cukup mudah yaitu merobek polybag yang sudah lapuk dan bersihkan dengan air.

Jahe berusia muda dapat Anda menjadi minuman dan makanan. Jahe yang masih muda perlu Anda perhatikan, karena kulitnya tipis dan mudah memar. Itulah cara Menanam  jahe  di Rumah  dengan mjedia pupuk kandang ayam yang bisa  menambah  pengetahuan Anda.