Masker Mata Panda dari Bahan-Bahan Alami

0
85
masker mata panda
Ilustrasi masker mata panda (foto: pixabay)

Ekspose.ID – Masker mata panda sebenarnya bisa Anda buat sendiri dengan memakai bahan-bahan yang alami. Munculmya lingkaran hitam yang ada pada area bawah mata dapat menimbulkan mata panda.

Kondisi seperti itu bisa mempengaruhi penampilan Anda karena akan membuat wajah terlihat tampak kusam dan terkesan lelah.

Berikut ini ada beberapa masker alami untuk mengatasi mata panda yang dapat Anda coba.

Aneka Masker Mata Panda dengan Bahan Alami

Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata sangat ampuh untuk mengatasi masalah mata akibat terlalu lelah  dan juga karena kurang tidur.

Kandungan minyak kelapa ini juga dapat bermanfaat untuk membantu melembabkan dan membuat mata agar terlihat lebih segar.

Cara menggunakan masker mata panda ini cukup sederhana. Anda hanya cukup mengoleskan minyak kelapa pada daerah bawah mata.

Hal  Ini perlu Anda lakukan setiap hari sampai lingkaran yang ada pada bawah area mata mulai menghilang secara perlahan-lahan.

Minyak Almond

Selain menggunakan minyak kelapa sebagai bahan masker mata panda, ternyata ada jenis minyak alami lainnya yang bisa Anda gunakan.

Minyak alami untuk masker mata panda yakni dengan menggunakan minyak almond. Bahan masker ini terbuat dari kacang almond.

Kandungan minyak almond tersebut juga dapat menenangkan bagian area bawah mata yang bengkak dan berwarna hitam. Masker mata panda ini sangat mudah dalam pemakaiannya.

Anda cukup mengoleskannya ke area bawah mata setiap hari. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 sampai 3 kali bila perlu dan memungkinkan.

Setelah itu jangan lupa untuk membersihkan wajah, jika minyak almond sudah meresap.

Mentimun

Anda mungkin tidak asing lagi atau bahkan pernah mencoba masker mata panda dengan memakai mentimun.

Hal tersebut termasuk pilihan yang sangat baik untuk mata Anda.

Baca:  Lukisan Gua Tertua di Dunia Ditemukan di Sulawesi

Masker mentimun terbukti  dapat memberikan kesejukan ketika menggunakannya pada bawah area mata.

Mentimun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Timun juga dapat membantu Anda dalam mengatasi dan mengurangi peradangan.

Oleh sebab itu, masker timun ini mampu menghilangkan mata panda dengan lebih cepat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memotong timun yang telah didinginkan sebelumnya menjadi beberapa bagian.

Selanjutnya, potongan tersebut Anda tempelkan pada area mata sekitar 20 sampai 30 menit. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat melakukannya pada malam hari sebelum tidur.

Gel Lidah Buaya

Perawatan wajah dengan menggunakan gel yang berasal dari tanaman lidah buaya ini pernah menjadi tren pada beberapa tahun terakhir.

Sebagian besar orang banyak yang memakainya. Lidah buaya atau aloe vera banyak mengandung nutrisi penting antara lain vitamin, asam folat, kolin dan berbagai mineral lainnya.

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang memiliki sifat anti radang, antiseptik, antibakteri dan analgesik.

Oleh karena itu, gel lidah buaya ini dapat membantu menangani masalah kantung mata yang bengkak dan berwarna hitam.

Anda dapat mengaplikasikannya dengan cara mengoleskannya secara merata pada bagian area bawah mata.

Kemudian, tunggu dan diamkan selama 30 menit supaya gel lidah buaya ini meresap. Setelah itu, cuci wajah Anda sampai bersih.

Tips ini terbilang cukup aman dan mudah. Anda dapat melalukannya setiap hari menjelang tidur.

Teh

Masker mata panda dengan menggunakan teh celup juga bisa Anda jadikan rekomendasi. Teh celup yang berupa teh hijau, teh hitam, atau jenis teh celup lainnya yang sering Anda konsumsi dapat menjadi masker.

Cara pemakaiannya yaitu dengan mendiamkan kantong dari teh yang sudah terpakai ke dalam kulkas hinga menjadi dingin.

Baca:  Kerutan di Bawah Mata, Atasi dengan Bahan-Bahan Alami

Kemudian Anda bisa menempelkannya pada area mata. Lalu tunggu kurang lebih selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu Anda bisa membersihkanya dengan menggunakan air yang bersih.

Tomat

Tomat memiliki kandungan beberapa vitamin,mineral, zat besi, potsium, fosfor dan kalsium. Kandungan zat tersebut dapat memberikan nutrisi serta mencerahkan kulit.

Formulanya juga mengandung antioksidan  dapat bermanfaat untuk menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Oleh karena itu, menggunakan masker tomat dapat menyamarkan kantung mata yang berwarna hitam.

Langkah pembuatannya juga sangat mudah. Anda cukup dengan memotong tomat menjadi beberapa bagian.

Selanjutnya, Anda dapat menempelkan potongan tomat tersebut pada bagian bawah mata. Tunggu dan diamkan selama beberapa menit. Anda akan dapat melihat hasilnya.

Madu

Madu juga mempunyai manfaat untuk Anda gunakan sebagai masker. Kandungan madu yang memiliki antimikroba dan anti inflamasi sangat cocok untuk bahan masker.

Anda tidak perlu meragukan khasiat dari bahan alami ini. Karena masker madu ternyata juga dapat meredakan dan menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Anda dapat melakukan perawatan ini sebelum tidur. Caranya Anda cukup mengoleskan madu pada bawah mata dan tunggu kurang lebih 3 menit.

Kemudian bilas wajah Anda dengan menggunakan air yang bersih. Setelah menggunakannya, lingkaran hitam dan pembengkakan pada mata akan mulai  berkurang.

Kopi

Kopi juga dapat menjadi alternatif untuk perawatan kulit terutama sebaga bahan masker. Masker kopi ini memiliki manfaat  untuk menghilangkan mata panda Anda.

Kopi mempunyai  kandungan kafein yang tinggi dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat melancarkan aliran darah pada area bawah mata.

Pembuatan dan pemakaiannya cukup sederhana. Anda dapat mencampurkan sedikit kopi anda dengan minyak zaitun yang juga memiliki kandungan antioksidan.

Baca:  Bisnis Sayuran Segar yang Menguntungkan

Dari campuran bahan tersebut akan dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area bawah mata.

Dalam mencampurkan bahan tersebut sebaiknya menggunakan takaran yang tepat. Takarannya yaitu dengan mencampurkan sekitar 1 sendok teh bubuk kopi dan 2 sendok teh minyak zaitun.

Setelah tercampur, lalu oleskan pada seluruh area bawah mata secara perlahan karena daerah ini sangatlah tipis.

Ada cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan memakai ampas kopi. Ketika Anda selesai meminum kopi, Anda dapat memisahkan ampasnya lalu masukkan ke dalam lemari es.

Setelah itu, bila sudah dingin Anda dapat langsung mengoleskan ke bagian area bawah mata. Tunggu dan diamkan masker tersebut kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Langkah terakhir, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air dan kain yang lembut.

Putih Telur

Telur bagian putihnya ini dapat bermanfaat untuk masker mata panda Anda. Putih telur dapat mengurangi kelebihan cairan atau terkenal dengan istilah retensi air.

Bahan masker ini juga bisa mengurangi  peradangan yang ada pada bagian area bawah mata.

Cara pembuatannya, Anda bisa  mencampurkan putih telur dengan tepung sebanyak satu sendok teh. Kemudian tambahkan perasan air lemon kurang lebih satu sendok makan.

Bila bahan sudah tercampur, Anda dapat mengaplikasikan pada daerah bawah mata. Diamkan dan tunggu sekitar 15 sampai 20 menit. Setelah itu, cuci hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

Demikianlah beberapa macam masker alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi mata panda. Bahannya cukup mudah Anda dapatkan di rumah dan caranya juga sangat sederhana. Semoga bermanfaat. (CW001)

Editor : Deni Supendi