Senin, September 20, 2021
BerandaBeritaMasalah Dengan Kelebihan Berat Badan Saat Hamil? Yuk Ikuti 6 Olahraga Berikut...

Masalah Dengan Kelebihan Berat Badan Saat Hamil? Yuk Ikuti 6 Olahraga Berikut Ini Bund !

Apakah bunda pernah mengalami masalah kelebihan berat  badan saat hamil? Ingin olahraga tapi takut menganggu pertumbuhan sang janin?. Tenang bun, meski sedang hamil, bunda disarankan tetap berolahraga yaa. Pasalnya olahraga juga bisa mengurangi risiko komplikasi kehamilan serta membuat sang bayi tetap sehat dan tentunya bunda menjadi segar bugar. Selain itu, olahraga juga dipercaya mengurangi stres serta membantu pola tidur lebih baik.

Nah dengan rajin berolahraga secara rutin dan mengatur pola makan sehat berat badan pun tetap dapat terkontrol.  Pasalnya melalukan olahraga saat hamil dengan berat badan berlebih memungkinkan bunda akan mengalami risiko cedera. Jadi, apabila saat ini sedang mengalami kelebihan berat badan, jangan khawatir bunda tetap bisa melakukan olahraga yang aman tanpa takut mengalami risiko cedera.

6 Daftar Olahraga Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Ternyata kelebihan berat badan menjadi masalah tersendiri bagi setiap orang tak terkecuali bag ibu hamil. Karena takut akan bayang-bayang yang dapat menggangu calon  bayi di kandungan membuat ibu menjadi khawatir dan takut untuk berolahraga. Padahal saat hamil, olahraga juga sangat diperlukan ya bund dengan catatan selalu di bawah pengawasan dokter.  Oleh karena itu, Ekspose Jateng telah merangkum berbagai informasi terkait olahraga yang aman dilakukan untuk mengatasi kelebihan berat badan saat hamil. Daripada penasaran, yuk simak penjelasannya.

Berjalan Kaki

Siapa bilang bund jalan kaki bukan termasuk olahraga? Berjalan kaki sangat bagus dilakukan terutama bagi ibu hamil. Selain itu lebih efisien karena dapat dilakukan dimana-mana dan sesuka hati. Bunda bisa berjalan kaki di sekitar lingkungan rumah atau berjalan di halam rumah, yang dibutuhkan hanya sepatu yang nyaman digunakan. Selain itu, berjalan kaki juga memberikan bunda manfaat seperti meningkatkan suasana hati, menghirup udara segar, meredakan nyeri punggung dan sembelit. Menjaga otot agar tetap kuat saat melahirkan, mengurangi komplikasi bagi ibu dan dan janjin serta tidur lebih nyenyak.  Ingat ya bund berhenti olahraga ketika tubuh sudah merasa lelah.

Yoga

Olahraga yang kedua adalah prenatal yoga yang mampu memperkuat otot serta membantu tetap seimbang dan meningkatkan fleksibilitas. Olahraga prenatal yoga mengharuskan ibu hami untuk tetap selaras dengan tubuh selama kehamilan dan bersiap untuk melahirkan. Manfaat yang dirasakan dari prenatal yoga adalah mengurangis stres dan kecemasan, mual, sesak napas, migren, dan nyeri punggung.

Perlu di ingat ada beberapa yoga yang tidak boleh dilakukan yakni “hot yoga” karena olahraga ini lebih berat daripada yang lain. Dan apabila suhu terlalu tinggi dapat memicu hipertermia. Pastikan bunda sudah tahu gerakan yoga yang aman dilakukan saat hamil. Bisa juga datang langsung ke tempatnya karena lebih aman di bawah pelatih yoga.

Yoga Menggunakan Kursi

Selanjutnya adalah olahraga kursi yang bisa dijadikan sebagai pengantar yoga yang bagus. Gerakan yoga ini juga menjadi bentuk inklusif bagi orang-orang dengan mobilitas yang terbatas. Melakukan olahraga yoga dengan bantuan kursi bisa membantu bunda dalam meringankan ketidaknyamanan saat hamil serta memperkuat otot-otot dalam rangka mempersiapkan persalinan.

Apalagi saat ini sudah banyak di YouTube yang menampilkan olahraga yoga menggunakan kursi. Tetap pastikan memilih gerakan yang aman yaa, agar bunda dan sang bayi tetap sehat.

Olahraga Prenatal Aerobik

Olahraga aerobik merupakan cara yang paling menyenangkan untuk membuat tubuh bebas bergerak. Pastikan sebelum bunda melakukan olahraga aerobik untuk mendiskusikannya dengan dokter sebelum  melakukannya. Hindari gerakan melompat, misal lompat tali. Ingat ya bund keseimbangan berubah pada saat hamil dan menjadi lebih berat pada bagian depan. Maka dari itu, olahraga yang membutuhkan keseimbangan bisa membuat jatuh dan ibu hamil harus menghindarinya.

Olahraga Menari

Jika olahraga aerobik kurang aman dilakukan ibu hamil, anda bisa melakukan olahraga menari karena merupakan cara terbaik agar tetap bisa aktif serta mampu meningkatkan keseimbangan tubuh. Gunakan sepasang sepatu yang aman untuk mengurangi risiko tergelincir dan mengguncang perut. Selain bagus untuk kebugaran tubuh ibu hamil, menari juga dapat mengurangi stres dan membuat mood lebih baik.

Olahraga Birth Ball

Birth ball merupakan salah satu hal penting saat hamil terutama yang mengalami kelebihan berat badan. Ketika latihan menggunakan birth ball mampu menguatkan otot perut serta punggung, dan memperbaiki postur tubuh. Sehingga rasa nyeri punggu dapat dihilangkan dan tubuh menjadi lebih siap untuk melakukan proses persalinan.

Selain itu olahraga birth ball juga bisa memperkuat otot inti, dan menstabilkan diri. Sebelum memutuskan untuk membeli birth ball, pastikan batasan berat dan bola anti pecah ya bund, agar saat latihan tetatp nyaman dan aman. Passtikan mendengarkan tubuh saat melakukan olahraga, apabila bunda mengalami pusing dan sakit punggung. Bunda bisa langsung hubungi dokter. Itulah pilihan olahraga yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelebihan berat badan saat hamil. Semoga bermanfaat ya bun.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

TERPOPULER