Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Secara Ilmiah

0
90
Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Secara Ilmiah
Manfaat dan Khasiat Buah Kurma Secara Ilmiah

Ekspose.ID – Manfaat kurma memang sangat banyak dan sifatnya baik untuk tubuh manusia. Buah yang identik dengan suasana Ramadhan ini memang memiliki banyak penggemarnya sendiri.

Kurma merupakan salah satu buah yang cukup terkenal dan berasal dari Arab. Walaupun tidak berasal dari Indonesia, namun buah ini bisa ditemukan dengan mudah.

Jika anda mencari buah ini bisa menemukannya di supermarket terdekat dan toko buah lainnya. Akan lebih mudah lagi jika bulan puasa tiba sebab di jalanan pun banyak penjual buah kurma.

Alasan kurma ini memiliki banyak peminatnya sebab rasanya cukup manis dan enak. Tak hanya itu, alasan lainnya mengapa memiliki banyak penggemar yaitu banyak manfaat kurma untuk berbagai bidang.

Buah kurma memang memiliki banyak manfaat untuk manusia khususnya dalam bidang kesehatan dan kecantikan.

Maka tak heran jika para umat muslim memburu keberadaan kurma. Salah satunya sebagai wujud mengikuti kebiasaan nabi dan merasakan banyak manfaat.

Kalau anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi kurma namun belum tahu banyak mengenai kegunaannya bisa melihat penjelasan berikut. Bisa jadi anda lebih senang akan buah ini dan menjadikannya kudapan sehat.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Anda bisa merasakan akan manfaat kurma ini dalam kesehatan badan. Sebab seperti buah lainnya,di dalam kurma ini terdapat banyak zat alami yang bermanfaat untuk tubuh manusia.

Pencegahan Resiko Penyakit Diabetes

Sebagian besar masyarakat di Indonesia memang menggemari makanan manis baik sebagai hidangan utama maupun kudapan cemilan. Akan tetapi hal ini berakibat pada kesehatan dengan timbulnya penyakit gula darah.

Solusi agar anda masih bisa merasakan manisnya kudapan namun tak perlu khawatir terkena diabetes adalah dengan mengkonsumsi kurma. Walaupun rasa dari kurma adalah manis, jika seseorang mengkonsumsinya maka tidak akan menimbulkan penyakit diabetes.

Bahkan kandungan serat yang berada di dalamnya menjadi salah satu manfaat kurma untuk kesehatan. Sebab serat ini berfungsi untuk mengurangi resiko diabetes. Serat yang tidak larut di dalam perut kemudian proses pencernaannya menjadi lambat.

Proses inilah yang kemudian bisa membantu tubuh manusia dalam mengontrol kadar gula dalam darah. Hasil dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah kurma memiliki kandungan indeks glikemik cukup rendah.

Berdasarkan penelitian itulah terkuak fakta jika anda mengkonsumsi buah kurma tidak akan menaikkan kadar gula setelah memakannya.

Dapat Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung

Tak hanya sebagai pengontrol gula darah, masih ada lagi manfaat kurma lainnya untuk tubuh manusia. Kegunaannya adalah bisa meningkatkan kesehatan jantung bagi para pengkonsumsi.

Di dalam buah kurma terdapat kandungan bernama magnesium juga kalium. Kedua kandungan ini memiliki andil dalam kesehatan jantung. Juga bisa membantu tubuh dengan menurunkan angka tekanan darah ke tingkat stabil dan tergolong sehat.

Apalagi terdapat kandungan serat di dalam buah kurma yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol kategori jahat.

Kandungan di dalamnya masih banyak lagi dan menjadi manfaat kurma lainnya. Yaitu antioksidan yang terkenal akan sifat anti radang bernama asam fenolik. Zat ini terpercaya bisa membantu seseorang menurunkan resiko berbagai penyakit.

Seperti stroke, penyakit jantung maupun hipertensi. Karena itu terdapat anjuran mengkonsumsi buah kurma ini dua kali dalam satu minggu.

Manfaat Kurma Untuk Kecantikan

Bukan hanya berlaku untuk kesehatan, manfaat kurma lainnya bisa anda rasakan dalam kecantikan. Pastinya sifat dari kurma ini alami sehingga bisa berlangsung cukup lama tanpa efek samping sedikit pun.

Baik Untuk Kulit

Seberapa sering anda mengkonsumsi buah kurma di setiap harinya? Perlu anda ketahui rutin memakan buah ini berdampak bagus untuk kulit. Hal ini juga merupakan manfaat kurma lainnya bidang kecantikan.

Kelembutan kulit yang bisa anda rasakan saat memakan buah kurma ini tentu bukan tanpa alasan. Sebab di dalamnya terdapat banyak vitamin seperti A, C juga E. Deretan vitamin inilah yang akan meregenerasi kulit dengan cukup baik.

Tak hanya untuk konsumsi secara langsung, buah kurma ini juga bisa berguna sebagai wujud masker. Manfaat kurma dalam bentuk masker wajah ini bisa membantu proses melembutkan kulit terutama bagian wajah.

Agar bisa merasakan khasiat dari buah kurma ini pastikan lakukan secara rutin juga konsisten. Pemakaian masker ini sebaiknya minimal satu kali dalam satu minggu.

Solusi Kulit Kusam

Setiap orang khususnya perempuan pastinya menginginkan kulit wajahnya cerah dan menarik. Akan tetapi tak jarang bahwa mereka malah memiliki kebiasaan yang membuat wajah semakin kusam.

Penyebabnya bisa saja kesalahan memilih produk perawatan, kurangnya menjaga kebersihan wajah juga akibat dari paparan sinar matahari bahkan polusi. Masih ada banyak lagi faktor lain pemicu wajah menjadi kusam.

Supaya bisa mengatasi hal tersebut, penderita membutuhkan asupan vitamin. Kandungan vitamin tersebut berupa A, B5 juga asam pantotenat dan ternyata berada di dalam buah kurma.

Berbagai vitamin ini juga menjadi manfaat kurma lainnya sehingga bisa mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu jaringan kulit ini pun bisa pulih dan membuat wajah nampak cerah.

Kandungan Dalam Kurma

Alasan banyaknya manfaat kurma untuk berbagai bidang tentu saja bukan tanpa alasan. Di dalamnya terkandung berbagai zat dan kandungan lainnya yang berguna untuk para pengkonsumsi.

Polifenol menjadi kandungan pertama yang berada di dalam kurma. Polifenol ini merupakan senyawa antioksidan dengan kemampuan melindungi berbagai sel tubuh manusia dari kerusakan.

Senyawa polifenol biasanya berada di buah, sereal juga sayuran. Namun kandungan dalam buah kurma lebih tinggi daripada buan lainnya. Hal tersebut sebab lingkungan pertumbuhannya berada di gurun pasir sehingga membutuhkan senyawa polifenol untuk perlindungan dari oksidasi.

Buah kurma juga banyak mengandung potasium. Di dalam satu kurma terdapat sekitar 47 miligram kandungan potasium ini.

Potasium berfungsi melakukan pengaturan untuk keseimbangan cairan, otot tubuh juga aktivitas pada jantung. Menurut WHO kadar potasium yang baik untuk orang konsumsi dalam satu hari yaitu 3.510 miligram.

Lebih spesifik terkait kandungan zat di dalam satu buah kurma antara lain lemak seberat 0.03 gram, potasium 47 miligram, zat besi sebanyak 0.07 miligram, kandungan karbohidrat 5.33 gram. Zat lainnya berupa kalori 20 gram, kadar gula 4.5 gram, vitamin B6 sebesar 0.012 miligram, magnesium 3 mg juga serat 0.6 g.

Tumbuhan Kurma di Indonesia

Karena banyaknya manfaat kurma, apalagi menjelang puasa Ramadhan maka buah ini tengah dicari orang banyak. Tapi tahukah anda tak perlu mengimpor buah dari Arab agar masyarakat Indonesia bisa mengonsumsinya?

Sebab di beberapa daerah tanah air sudah banyak tumbuh tanaman kurma dan secara rutin panen untuk memenuhi permintaan pasar akan kurma.

Bahkan bisa saja Indonesia nantinya menjadi negara penghasil kurma. Hal ini tak mengherankan sebab sudah terdapat perkebunan berisi kurma tropis yang subur. Anda bisa mendapatinya di daerah Jawa Timur tepatnya kabupaten Pasuruan.

Daerah lain sebagai tempat tumbuh kurma ibit adalah Nangroe Aceh Darussalam juga Bengkulu. Bahkan hasil panen di Bengkulu mencapai 300 juta rupiah di tahun 2020 lalu.

Memang benar sangat banyak manfaat kurma yang bisa anda rasakan secara langsung. Akan tetapi pentingnya konsisten dalam konsumsi agar hasil tersebut lebih nyata.