Berita Manfaat Daun Kersen, Atasi Asam Urat Hingga Diabetes

Manfaat Daun Kersen, Atasi Asam Urat Hingga Diabetes

-

- Advertisment -

Ekspose.ID – Manfaat daun kersen lebih ampuh dijadikan untuk obat herbal. Disamping berkhasiat mengusir penyakit asam urat, ternyata daun kersen juga ampuh untuk obat tidur. Sudah sejak lama daun kersen dikenal mampu mengatasi bermacam-macam masalah keluhan kesehatan.

Tanaman kersen atau dalam bahasa latin disebut muntingia calabura, juga populer dengan nama kersem, talok, baleci atau keres. Tanaman kersen ini juga dikenal dengan sebutan asing, yakni Singapore Cherry.

Tanaman ini banyak tumbuh di sekitar kebun atau rumah tetangga. Bahkan sering juga ditemukan di pinggir jalan raya sebagai pohon teduh.

Anda mungkun pernah merasakan buah kersen yang rasanya manis dan berair. Namun banyak orang yang tidak mengetahui ternyata daunnya memiliki khasiat.

Tanaman herbal ini kaya dengan kandungan nutrisinya. Seperti kandungan protein, karbohidrat dan lemak. Selain itu, juga mengandung vitamin yang sangat baik untuk tubuh, seperti vitamin A dan C.

Herbal ini juga mengandung sejumlah mineral penting. Diantaranya seperti kalsium, zat besi, fosfor, niacin, betakaroten, riboflavin dan tianin. Daun kersen juga mengandung senyawa flavonioda, saponin dan tannin yang memilii sifat anti tumor, antiseptik serta anti-inflamasi.

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi pada daun kesren dikenal sebagai herbal yang mampu dan memiliki khasiat untuk mengobati. Berikut ini beberapa manfaat daun kersen bagi kesehatan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah keluhan penyakit.

Meredakan dan Mengatasi Asam Urat

Senyawa aktif dalam daun herbal ini juga efektif untuk meredakan dan mengobati asam urat. Caranya, daun kersen direbus dalam air hingga matang lalu saring. Kemudian minum airnya secara teratur.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat daun kersen untuk kanker juga ampuh. Karena kandungan flavonioda, tannin, dan saponin yang bersifat anti kanker. Rutin mengonsumsi air rebusan daun kersen dapat menghindarkan tubuh dari serangan tumor dan juga kanker.

Mengobati Luka dan Infeksi

Daun kersen juga merupakan antiseptik yang ampuh membunuh mikroba bakteri. Kandungan saponin, tannin dan flavonoid baik untuk pengobatan luka dan mengatasi infeksi pada tubuh.

Meringankan dan Mengontrol Diabetes

Kandungan flavonoid dan saponin pada daun kersen bisa menjadi antioksidan. Kandungan ini mampu mendorong sekresi hormon insulin. Manfaat daun kersen untuk penderita diabetes juga dapat menurunkan kadar gula.

Menyembuhkan Penyakit karena Bakteri

Daun kersen juga berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Anda bisa membuat rebusan daun ini dan menyaringnya sebelum diminum secara teratur.

Mengontrol Tekanan Darah Hipertensi

Manfaat daun kersen untuk darah tinggi karena mampu mengontrol dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Minum rebusan teh daun kersen untuk menjaga agar tekanan darah tidak naik.

Menyembuhkan Flu dan Batuk

Penyakit flu dan batuk umumnya disebabkan oleh bakteri. Daun kersen juga diketahui memiliki sifat antibakteri, sehingga ampuh mengusir penyakit ini. Minum saja rebusan daun talok ini untuk mengatasi flu dan batuk.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun kersen juga ampuh untuk mengontrol kadar kolesterol. Kandungan kimia dalam herbal ini selain menangkal radikal bebas juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Menangkal Stroke

Daun kersen juga diketahui mengandung zat aktif yang mampu merangsang peroksisom proliferator (PPAR) dalam tubuh yang berguna untuk melancarkan metabolisme glukosa. Hal ini berguna untuk menekan dan menangkal serangan stroke.

Mengatasi Peradangan

Manfaat daun kersen juga karena kandungan vitamin C yang berguna untuk membantu mengatasi sakit radang. Minum rebusan herbal ini sangat efektif mengatasi panas dalam, nyeri pada tubuh maupun sariawan.

Mengatasi Insomnia dan Obat Tidur Alami

Meski sedikit agak pahit, daun kersen bisa memberikan efek ketenangan pada tubuh. Minum teh daun kersen juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan tidur atau insomnia.

Untuk Diet dan Menyegarkan Tubuh

Daun kersen juga bisa anda jadikan bagian dari menu diet. Soalnya, daun kersen mampu membantu menurunkan berat badan. Minum rebusan teh daun talok ini baik untuk segera mengembalikan energi tubuh setelah berolahraga.

Demikianlah berbagai manfaat daun kersen untuk kesehatan yang bisa dambil. Dengan herbal yang murah dan berkhasiat ini ada banyak penyakit yang bisa disembuhkan. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ini Pencapaiannya

Ekspose.ID - Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ini Pencapaiannya. Badan Antarika adalah lembaga pemerintah suatu negara yang...

Bisnis Burung Lovebird di Ciamis Kena Imbas Corona

Ekspose.ID - Bisnis Jual Beli Burung Lovebird di Ciamis Kena Imbas Corona. Wabah virus corona ternyata membawa...

Sistem Belajar Online, Penting Buat Guru dan Siswa

Ekspose.ID - Wabah covid-19 di Indonesia saat ini membuat pemerintah memutuskan untuk melakukan sistem belajar online di...

Gaya Hidup Boros, Waspadai Pemicunya!

Ekspose.ID - Gaya Hidup Boros, waspadai pemicunya!. Setiap orang tentu memiliki gaya hidup yang berbeda-beda. Bergantung pada...

Warga Binaan Lapas Ciamis Dibebaskan, Ini Alasannya!

Ekspose.ID – Warga Binaan Lapas Ciamis dibebaskan. Sembilan belas orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas...

Pilih Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru?

Ekspose.ID – Pilih Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru. Berkat perusahaan leasing atau finance, memiliki mobil dengan...

Wajib Baca!

Badan Antariksa Terbaik di Dunia, Ini Pencapaiannya

Ekspose.ID - Badan Antariksa Terbaik di Dunia,...

Bisnis Burung Lovebird di Ciamis Kena Imbas Corona

Ekspose.ID - Bisnis Jual Beli Burung Lovebird...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you