Rabu, September 29, 2021
BerandaBeritaMemiliki Kadar Air yang Tinggi, Berikut Segudang Manfaat Buah Naga

Memiliki Kadar Air yang Tinggi, Berikut Segudang Manfaat Buah Naga

Eksposee.id – Buah naga adalah salah satu buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah naga ini merupakana buah yang sangat mudah untuk di kenali mengingat bentuknya yang unik. Benbentuk lonjong dan memiliki tonjolan pada kulit yang berwarna hijau seperti naga menjadikan buah ini di kenal dengan sebutan buah naga.

Banyak yang mengira bahwa buah ini tanaman asli Indonesia, karena sangat banyak di jumpai di beberapa daerah di Indonesia. Fakta sebenarnya, buah naga ini berasal dari daerah Amerika Tengah yang berasal dari tanaman Kaktus yang memiliki siklus hidup berunga di sore hari dan akan layu pada pagi harinya.

Buah naga ini dapat di cirikan dengan kulit dan daging buah dengan warna merah keunguan dan juga putih dengan biji-biji kecil berwarna hitam. Di balik rasanya yang nikmat dan khas buah naga ini memiliki kandungan yang sangat beragam. Seluruh kandungan yang ada pada buah naga ini sangat bermanfaaat bagi kesehatan tubuh.

Buah dengan nama Latin Hylocereus ini memiliki kandngan Vitamin B dan Vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan lain yang terdapat pada buah ini antara lain Protein, Fosfor, Fiber, Kalsium, Antioksidan, dan Captin. Dengan banyaknya kandungan itulah membuat buah naga ini sangat bemanfaat bagi kesehatan Tubuh.

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Buah-buahan merupakan sumber nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, karena memiliki kandungan yang beragam dan tidak terdapat lemak di dalamnya. Nutrisi dari buah naga dapat bermanfaat bagi kesehatan, berikut:

  • Membantu Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Makanan yang masuk dalam tubuh tidak seluruhnya mengandung nutrisi baik yang dapat terserap oleh tubuh. Beberapa makanan justru menjadi racun bagi tubuh. Jika dalam tubuh terdapat racun yang tercerna dalam aliran darah maka kesehatan dapat terganggu. Salah satu cara pengeluaran racun tubuh adalah dengan detoksifikasi. Proses Detoksifikasi ini apat di lakukan dengan buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Tingginya Antioksidan yang terdapat pada buah naga mampu mendetoksifikasi racun-racun yang ada dalam tubuh dan menangkal radikal bebas.

  • Membantu Mencegah penyakit Kanker

Buah naga ini sama seperti buah yang ada pada umumnya. Buah naga dengan warna merah pasti mengandung Lycopene, Lcopene sendiri yakni zat yang dapat membuat warna buah menjadi merah. Kandungan Lycopene ini mampu menurunkan Kadar Risiko terhadap terserangnya penyakit Kanker Prostat.

Kandungan lain yang ada pada buah ini seperti Serat, Kalsium, Vitamin C, Vitamin B2, dan Fosfor juga membantu Mengaluarkan racun dalam tubuh, salah satunya racun yang di timbulkan oleh penyakit Kanker.

  • Membantu mencegah Penyakit Diabetes

Antioksidan pada buah umumnya dapat membantu adanya diabetes dalam tubuh. Selain aman di Konsumsi oleh penderita diabetes karena sangat rendah kadar gula, Buah naga juga ampuh dalam membunuh Sel Jahat yang di hasilkan pola makan dan pola hidup yang kurang sehat. Dengan kandungan Antioksidannya buah ini justru di sarankan di konsumsi oleh penderita diabetes untuk membantu menurunkan diabetes dalam tubuh.

Manfaat Lainnya

  • Membantu Meringkankan Batuk dan Asma

Bukan hanya bagian daging buah naga saja yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Siapa sangka Biji dari buah ini ternyata sangat tinggi akan kandungan Omega 3 dan Omega 6. Kedua Zat ini di percaya dapat meringankan gangguan Respirasi atau pernafasan. Buah naga dapat di katakan sebagai obat asma mengingat kandungannya sangat baik. Bagi anda yang sedang menderita asma atau penyakit pernafasan anda dapat mencoba menggunakan biji buah naga sebagai bahan pengobatan anda.

  • Membantu mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan lycopene yang ada pada buah ini nyatanya bukan hanya mampu membantu menurunkan kadar gula yang ada pada tubuh. Lycopene juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. Selain itu biji buah naga yang tinggi akan omega 6 dan omega 3 mampu menurunkan Kardiovaskular bagi penderita.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Buah naga juga mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kalsium adalah zat yang sangat baik bagi kesehatan Tulang dan Gigi. Selain itu tak banyak yang tahu bahwa Buah ini mengandung Fosfor dengan jumlah yang sangat tinggi, dimana Fosfor ini sangat berguna untuk melancarkan peredarahan darah. Jika peredaran darah dan jantung anda baik, maka risiko Stroke dapat diminimalisir.

Manfaat Buah Naga Untuk Diet

Kabar gembira bagi anda yang sedang menjalani proses penurunan berat badan atau diet. Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan semua orang. Dengan berat badan yang ideal selain anda dapat percaya diri dalam melakukan banyak kegiatan anda juga akan memiliki tubuh yang sehat. Setiap bentuk dan kondisi tubuh akan selalu berkaitan dengan penyakit.

Buah naga ini sangat tinggi akan serat akan tetapi cenderung rendah kalori. Karenanya jika mengkonsumsi buah naga ini anda akan terus merasa kenyang dan melancarkan percenaan anda. Memakan buah naga dalam jumlah yang banyak tidak akan membuah anda bertambah berat badan bahkan justru anda akan mengurangi porsi makan setelah memakan buah ini karena sensasi kenyang yang di timbulkan.

Dengan adanya serat inilah buah ini di percaya sebagai cemilan diet terbaik yang dapat membantu anda mencapai bentuk tubuh ideal yang telah diidamkan. Selain membantu menurunkan berat badan konsumsi buah ini juga dapat memantu anda mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, dan darah tinggi. Oleh karena itu sering-sering makan buah naga untuk kesehatan anda ya

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Buah naga juga sangat bemanfaat bagi ibu yang sedang mengandung. Buah ini mampu menjaga kestabilan gula darah dan tekanan darah yang ada pada tubuh. Dengan mengkonsumsi Buah Naga secara rutin anda dapat menghindari risiko komplikasi kehamilan. Tekanan darah yang tinggi serta gula darah yang tinggi pada ibu hamil menjadi hal yang sangat berbahaya. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan ibu hamil berisiko preeklamsia yang sangat membahayakan kesehatan dan keselamatan bagi janin maupun ibu hamil.

Alih-alih menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah, buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi darah rendah. Sifat buah ini bukanlah menurunkan tekanan darah akan tetapi menstablikan tekanan darah. Buah ini juga dapat menurunkan anemia yang sering di derita oleh ibu hamil yang cenderung sulit tidur dan sulit makan. Dengan Kandungan Zat besi yang sangat tinggi sehingga mampu memperbaiki susunan sel darah merah menjadikan anemia teratasi.

Selain kedua manfaat tersebut, buah naga dengan kandungan Vitamin C nya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas dengan adanya antioksidan yang tinggi. Kalori yang cukup tinggi juga mampu menambah sumber kekuatan bagi ibu hamil. Oleh karena itu buah naga menjadi cemilan yang sangat di anjurkan bagi para ibu hamil.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER