Selasa, September 28, 2021
BerandaBeritaManfaat Bawang merah bagi Tubuh

Manfaat Bawang merah bagi Tubuh

Ekspose.id – Bawang merah adalah tanaman rempah yang sangat populer di Indonesia. Rempah satu ini bahkan memiliki andil yang cukup besar dalam kesehatan. Rasanya yang enak menjadikan umbi lapis ini sebagai bahan pokok dalam pembuatan makanan. Tanaman ini memiliki nama latin Allium Cepa.

Ternyata khasiat dari tanaman ini bagi tubuh tidak pernah main-main, mulai dari koselterol hingga menurunkan berat badan Tak heran bawan merah menjadi sangat populer di dunia karena rasanya yang lezat dan banyaknya khasiat dari tanaman ini.

Kandungan Bawang Merah

Sebelum membahas pada manfaat yang di berikan oleh bawang merah ini. Terlebih dahulu kita bahas apa saja yang terkandung dalam tanaman dengan jenis umbi lapis ini. Allium cepa ini dalam porsi setengah cangkir persajinya berisi sebanyak 32 kalori dan 1 gram protein. Lemak yang terkandung dalam bawaag merah dengan ukuran yang sama sebesar 0% atau dapat dibilang tidak ada kandungan lemaknya, disisi lain Bawaag merah mengandung serat sebanyak 1 gram. Maka dari itu Konsumsi Allium Cepa ini sangat baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet.

Tak hanya itu dalam porsi setengah cangkir persagi bawang merah mengandung karbohidrat sebanyak 7 gram,  gula sebanyak 3 gram, mangaan, vitamin B6, Biotin, Salenium, dan tembaga.

Banyak masyarakat tradisional mempercayai tananaman berwarna ungu ini sebagai tanaman Obat yang menyembuhkan beberapa penyakit seperti sembelit dan Jantung. Jika kita melihat pada kandungan bawang merah, kepercayaan tersebut bukanlah mitos atau omong kosong lagi sepertinya.

Manfaat Bagi Kesehatan

  • 1.  Meningkatkan Kekebalan Sistem Imun

Salenium adalah salah satu zat yang sangat ampuh dalam meningkatkan sistem imun. Bawang merah ini sendiri memiliki banyak sekali kandungan selenium didalamnya. Tubuh Membutuhkan sistem imun yang berfungsi sebagai penangkal racun, virus, dan bakteri yang ada di tubuh. Dengan kandungan peningkat  sistem imunnya, Allium Cepa adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem imun anda.

  • 2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh. Kerusakan pada organ jantung dapat menyebabkan kematian bagi seseorang, oleh karena itu kesehatan jantung sangat perlu untuk di perhatikan. Menjaga kesehatan jantung bukanlah yang susah, anda dapat memanfaatkan Allium Cepa ini untuk menjaga kesehatan jantung anda. Bawang merah memiliki kandungan Sufida Methylallyl dan juga asam amino sulfur. Kandungan ini berfungsj sebagai penongtrol tekanan darah tinggi dan dapat pula menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyumbatan arteri jantung.

  • 3. Menjaga kesehatan Mata

Sedikit yang tahu bahwa Bawang merah juga tinggi akan vitamin E selain wortel. Kandungan sulfur dan vitamin E mampu merangsang produksi protein yang di olah menjadi Glutatione yang memiliki antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu tanaman yang termausk jenis umbi-umbian ini juga sangat baik untuk di konsumsi dalam rangka menjaga kesehatan mata ya.

4. Penurunan Kadar Gula

Bawang merah juga dapat membantu anda mencegah penyakit diabetes pada tubuh. Tanaman ini mengandung sulfur yang dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Jika anda memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan berpotensi diabetes anda dapat mengkonsumsi nawang merah secara rutin ya

Manfaat Bagi Pengobatan Penyakit

1. Mengobati Sembelit

Sembelit terkenal sebagai penyakit yang remeh dan umum di derita namun amat sangat menganggu. Jika anda menderita sembelit pencernaan tidak lancar dan pembuangan racun tidak fapat terlaksana dengan baik. Jika anda saat ini sedang mengalaminya. Konsumsi bawaag merah adalah solusi yang tepat untuk mengatasi permasahan ini. Kandungan serat yang tinggi membuat bawang merah ini baik di konsumsi bagi penderita sembelit.

2. Mengobati Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah penyakit yang di akibatkan oleh adanya infeksi pada tenggorokan. Penyakit ini cukup menganggu kegiatan sehari-hari karena sensasi sakit dan sulit menelan yang di rasakan penderita. Untuk mengobati penyakit ini Bawang merah dapat di jadikan sebagai salah satu solusi, dengan kandungan Quercetinnya yang mampu membantu menurunkan radang.

3. Mengobati sariawan.

Selain radang, sariawan juga merupakan penyakit yang cukup menghambat kegiatan sehari-hari. Jika Radang di akibatkan oleh adanya infeksi, sariawan timbul karena adanya infeksi jamur. Sariawan dapat disembuhkaa dengan bawang merah. Rebus bawang merah bersama dengan sayuran seperti belimbing sayur, daun adas, dan pulosari. Lalu anda dapat mengkunsi air rebusannya. Quercetin yang ada oada bawang merah menjadi antiseptik yang dapat membantu penyembuhan sariawan

4. Mengobati Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Berbagai obat kimia disarankan kepada pengidap kanker demi sembuh ataupun menghindari menyakir yang sangat berbahaya ini. Namun obat-obatan kimia biasanya juga berdampak bagi kesehatan, seperti kerontokan rambut, dan alergi pada kulit.

Jika anda pengidap gejala kanker atau bahkan kanker anda dapat mencoba pengobatan dengan menggunakan bawang merah ini. Bawang merah sendiri mengandung zat belarang yang mampu mematikan sel kanker dalam tubuh.

Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain susu dan ikan, bawang merah juga menjadi makanan yang dapat membantu anda menjaga ksehatan tulang. Allium Cepa ini juga memiliki kandungan kalsium dan juga Vitamin E yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi Allium Cepa secara rutin akan membantu kesehatan tulang anda

2.Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan banyak orang, mengingat berat badan juga mencerminkan tingkat kesehatan bagi seseorang. Selain Allium Cepa tidak memiliki kandungan lemak, Kromium yang ada pada tanaman ini menbantu anda dalam menurunkan berat badan. Cukup dengan mengkonsumsi bawanv merah 3 hingga 4 siung setiap harinya anda akan mendapatkan berat badan yang ideal.

3. Meningkatkan kualitas tidur.

Tidur adalah salah satu aktifitas yang harus dijaga. Kuliatas tidur menentukan kesehatan dan kelancaran dalam beraktifitas. Beberapa orang memiliki gangguan tidur yang membuat mereka sulit untuk beraktifitas dengan normal dan lancar. Jika anda adalah salah satu pengidap gangguan tidur anda dapat mengurangi gangguan tidur ini dengan mengkonsumsi bawang merah. Bawang ini sendiri memiliki kandungan Prebiotik dimana zat ini mampu menurunkan stress dan meningkatkan kualitas tidur anda.

Bagaimana? Sekarang anda sudah tahu kan bagaimana pentingnya bawang merah bagi tubuh. Penggunaan tumbuhan ini untuk di ambil manfaatnya seperti yang telah di sebutkan di atas hanya dengan cara konsumsi, sehingga zat-zat Allium Cepa merasuk dan di cerna oleh tubuh. Jaga kesehatan dan pola hidup anda dengan mengkonsumsi bawang merah ini secara rutin.

Konsumsi bawang bisa dengan cara menggunakan bawang merah sebagai bumbu saat pengolahan makanan dan juga sebagai bahan tambahan agar makanan lebih lezat. Manfaat yang telah di jelaskan di atas dapat di ambil dengan cara konsumsi. Jika anda ingin memanfaatkan umbi ini untuk cara lain non konsumsi anda dapat melakukannya dengan membaca informasi dan referensi dari sumber terpecaya. Untuk kesehatan, jangan sampai anda menggunakan dengan asal ya.

Berita Terkait
- Advertisment -

TERPOPULER