Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia

0
129

Ekspose.id – Air putih sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Air putih mampu menjaga keberlangsungan hidup manusia. Air sendiri merupakan kebutuhan dasar bagi tubuh setiap orang, karena hampir 60-70 persen air merupakan unsur terbesar yang terdapat pada tubuh manusia. Jadi manfaat dan fungsi dari mengkonsumsi air bagi tubuh dalam sehari-hari adalah bersifat wajib.

Namun, sebagian orang lebih memilih minuman dengan perasa dari pada memilih minum air putih yang rasanya cenderung tawar. Meskipun pada dasarnya hampir setiap orang telah mengetahui fungsi air secara umum, namun sebagian orang masih enggan untuk rajin minum air putih.

Manfaat Air Putih Bagi Performa, Energi, dan Otak.

  • Air dapat memaksimalkan performa fisik

Menjaga performa fisik sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Lebih lagi ketika bagi seseorang dengan type hyper aktif. Bagi mereka yang kegiatan fisik sangat aktif, s, attlet dan lain sebagainya, tubuh mereka akan membutuhkan air lebih banyak dibandingkan orang-orang yang sedikit aktivitas.

Oang-orang yang beraktivitas lebih keras cenderung lebih banyak membutuhkan cairan atau air. Karena, ia akan kehilangan 6-10 persen cairan tubuh lewat keringat yang keluar melalui pori-pori kulit.  Jika orang-orang tersebut kurang dalam mengkonsumsi air, hal tersebut akan berdampak negatif bagi performa tubuh mereka. Seperti, dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh, menurunnya motivasi, merasa cepat lelah, beraktivitas semakin terasa berat, baik secara fisik maupun secara mental.

Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat terjadi kapan saja terjadi pada tubuh manusia, meskipun hanya kehilangan dua persen cairan tubuh, maka tubuh akan kehilangan kestabilan.Oleh karena itu tubuh sangat membutuhkan air baik bagi kesehatan maupun untuk memaksimalkan perfoma fisik.

  • Air berdampak positif bagi energi dan otak

Berkurangnya cairan dalam tubuh, akan berakibat pula pada kinerja otak. Otak dapat merasakan efeknya, karena sebagian besar dari otak adalah air. Maka dari itu manfaat mengkonsumsi air putih juga berhubungan dengan fungsi otak.

Sebagai bukti ilmiah, terdapat hasil dari studi yang diterbitkan oleh Britis Journal of Nutrition menyebutkan bahwa 1,59 persen hilangnya cairan pada tubuh pria muda dapat berpengaruh pada kerja memori dan meningkatnya rasa cemas dan mudah merasakan lelah.

Manfaat Air putih bagi kesehatan

  • Air dapat mencegah dan mengatasi serangan sakit kepala

Termasuk salah satu fungsi dari air untuk tubuh manusia. Yaitu, ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, hal ini dapat mengakibatkan ganguan sakit kepala.

Telah tertulis di banyak penelitian secara ilmiah, bahwa mengkonsumsi air putih dapat mengurangi gangguan sakit kepala (tipe tegang) pada orang-orang yang dehidrasi. Dan adapun yang menyebutkan bahawa air putih memang tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan atau mengobati rasa sakit kepala. Akan tetapi dapat mengurangi intensitas dan durasinya.

  • Air dapat meringankan konstipasi

Bagian ini, air dapat meringankan konstipasi. Banyak orang tidak pernah sadar hal-hal yang terjadi dalam tubuh mereka. Salah satunya adalah susahnya BAB (konstipasi). Banyak orang mengira hal itu hanyalah gejala biasa yang tidak ada hungannya dengan air.

Namun asumsi mereka salah, Sebenarnya air sangat berperan penting dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia. Hal ini terjadi hingga pada bagian BAB. Penyebab dari terjadinya tersebut, tinja yang terbentuk meiliki sedikit kandungan air, teksturnya akan cenderung keras yang dapat menyebabkan susah BAB

  • Mencegah batu ginjal

Terbentukanya batu ginjal adalah akibat dari tingginya konsentrasi zat-zat yang bersifat larut rendah, seperti kalsium dan oksalat. Dari keduanya merupakan bahan paling sering yang membentuk batu ginjal dalam urine.

Namun kehawatiran ini terjawab kembali dengan fungsi dan manfaat air untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air yang cukup dapat mencegah terbentuknya batu ginjal pada urine.

Manfaat lain Air Putih bagi kesehatan

  • Air dapat mencegah hangover

Salah satu dari manfaat air adalah mencegah terjadinya hangover. Para peminum alkohol tentunya telah mengetahui bagaimana ktidaknyamanan yang terjadi ketika bangun dari tidur akbiat dari minuman berlkohol. Atau yang bernama hangover.

Alkohol dapat mengakibatkan hilangnya cairan dalam tubuh. Hal ini terjadi karena alkohol yang mempunyai sifat diuretik dan dapat berakibat dehidrasi. Meskipun penyebab utama dari dehidrasi bukanlah hangover, namun pada kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti haus, kelelahan, sakit kepala dan gejala mulut kering.

  • Air dapat membantu menurunkan berat badan

Air putih sangat berperan dalam membantu sistem pencernaan untuk membuang limbah dari dalam tubuh. Karena itu air putih dapat terbilang sangat membantu proses penurunan berat badan. Dan pada bagian ini, air juga dapat membuat perut terasa kenyang, sehingga dapat berakibat makan lebih sedikit.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa minum setengah liter (17 0ns) air putih dapat meningkatkan metabolisme sebesar 24-30 persen selama kurang lebih 1,5 jam. Hal ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi 8 gelas atau setara dengan dua liter air putih perhari dapat meningkatkan pengeluaran energi total hingga 96-100 kalori perhari.

Manfaat Air Bagi Kecantikan dan Kesehatan Kulit

  • Air dapat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit

Sebagian besar jaringan tubuh manusia terdiri dari air, tepatnya sekita 60-70 persen. Termasuk sel-sel pada kulit manusia itu sendiri. Oleh karena itu jika tubuh mengalami kurang cairan, maka proses fisiologo tubuh akan terganggu, termasuk pada bagian sel-sel kulit.

Kulit yang mengalami dehidrasi akan mengalami gejala kering dan terlihat kusam. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sangat menjaga kecantikan pad bagian kulit. Begitupun sebaliknya, dalam proses perawatan kulit, perawatan dari luar maupun dari dalam, sangat membutuhkan air yang cukup pula. Sehingga perawatan akan berjalan seimbang.

  • Menjaga suhu tubuh

Termasuk pada bagian menfaat dari mengkonsumsi air cukup adalah dalam menjaga atau menstabilkan suhu tubuh. Ketika tubuh terdapat kehilangan banyak cairan yang disebabkan oleh aktivitas atau lingkungan yang panas. Maka pada saat itu air sangatlah penting untuk mengembalikan cairan yang hilang dari keringat yang keluari melalui pori-pori kulit.

Hal itu terjadi karena jika tubuh mengeluarkan keringat lebih banyak dari biasanya, maka pastikan untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi. Hal ini dapat menhindari terjadinya dehidrasi pada tubuh manusia.

  • Membantu penyrapan nutrisi

Terdapat pula pada bagian yang tidak banyak dapat terasa gejalanya. Yaitu manfaat dari air putih juga dapat membantu pada penyerapan nutrisi. Pada proses sistem pencernaan makan dalam tubuh, selain dapat melancarkan BAB air juga dapat membantu proses pemecahan makanan.

Dalam artian, air dapat mambantu proses pemecahan makan, air dapat membantu pada pemisahan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang terkandung dalam makanan. Yang kemudian dari prosen ini akan tersalurkan pada seluruh bagian-bagian tubuh lainnya.